Apakah Kucing Boleh Makan Sosis Mentah ? Ternyata Ini Jawabannya !

Kucing merupakan hewan yang sering kali di jadikan hewan peliharaan dalam rumah tangga. Memelihara hewan peliharaan kucing tak terlepas dari yang namanya pemberian makanan dan minuman secara teratur.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Sosis Mentah


Di samping pemberian makan dan minuman, pemberian cemilan di luar jam makan utama seringkali kita lakukan. Ini sering kali kita lakukan terutama di saat kita tengah menikmati makanan tertentu yang mana makanan ini turut menarik perhatian si kucing kesayangan.

Salah satu contoh makanan yang kita makan dan menarik perhatian kucing adalah sosis. Terkadang kita mungkin sering memberikan kucing sosis sebagai makanan baik itu dalam keadaan mentah ataupun dalam keadaan telah di masak matang.

Yang jadi pertanyaan adalah apakah sosis boleh di berikan dalam keadaan mentah pada kucing ? Untuk menjawab pertanyaan ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora berikut ini.


Apakah Kucing Boleh Makan Sosis Mentah ?

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama maka perlu bagi kita tahu mengenai sosis. Sosis adalah makanan yang terbuat dari campuran beberapa bahan nabati dan zat kimia. Ada juga sosis yang terbuat dari campuran bahan nabati, zat kimia dan juga daging hewan seperti daging ayam dan sapi.

Makanan ini umumnya di produksi secara khusus sebagai makanan untuk manusia. Oh iya berdasarkan jenisnya ada dua jenis sosis, yaitu :

  • Sosis yang di jual dalam keadaan matang

  • Sosis yang di jual dalam keadaan mentah

 

Lalu apakah sosis jenis mentah boleh di makan oleh kucing peliharaan ataupun kucing liar ? Jawabannya adalah tidak di sarankan di berikan ke kucing. Jauh berbeda dengan sosis matang yang mana boleh di berikan namun tetap tak di sarankan juga di berikan ke kucing.

Ada beberapa alasan yang membuat mengapa kucing tak boleh memakan sosis mentah ini. Alasannya yakni : 

1. Adanya Mikroorganisme Berbahaya

Alasan yang pertama adalah di dalam sosis mentah ada mikroorganisme berbahaya seperti Salmonella dan E. coli. Kedua jenis ini merupakan bakteri yang cukup berbahaya yang terdapat dalam sosis yang masih mentah.

Ketika bakteri ini masuk ke dalam tubuh kucing maka bakteri akan berkembang dan menginfeksi pencernaan kucing. Ini akan membuat kucing mengalami masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan beberapa masalah pencernaan lainnya.


2. Sosis Tak Baik Untuk Kucing

Sosis bukanlah makanan yang baik untuk kucing, itulah mengapa banyak para ahli tak menyarankan kucing di beri makan sosis. Ini karena di dalam bahan pembuatan sosis terdapat bahan makanan yang berasal dari nabati, kandungan garam, zat kimia dan lainnya.

Beberapa kandungan ini tentu saja dapat membuat kucing mengalami masalah kesehatan seperti :

  • Kekurangan nutrisi

  • Masalah pencernaan

  • Kerontokan bulu

  • Penyakit ginjal

  • Kucing mengalami gatal

  • Dan lainnya


Beberapa masalah di atas sangat mungkin terjadi terutama pada kucing yang sering di berikan sosis, baik di berikan dalam keadaan mentah maupun dalam keadaan sudah di masak hingga matang.

 

3. Kucing Bisa Tersedak

Potongan sosis mentah yang cukup keras ataupun berukuran besar dapat menyebabkan kucing yang memakannya beresiko tersedak. Bukan cuma itu saja, ini juga dapat menutup saluran pencernaan dan membuat pergerakan makanan menjadi terhalang.

Jika ini terjadi pada kucing tentu saja ini bisa membahayakan kesehatannya dan di butuhkan tindakan medis yang tepat untuk mengatasinya.


Jadi Sosis Mentah Tak Boleh Di Berikan Ke Kucing ?

Seperti yang Anggora telah jelaskan di atas bahwa sosis mentah tak boleh di berikan ke kucing peliharaan mengingat banyaknya resiko kesehatan yang mungkin kucing terima di bandingkan dengan manfaat yang ia terima.

Lalu jika sosis mentah ini di masak, apakah boleh di makan oleh kucing ? Jawabannya sama saja, tidak di anjurkan di berikan ke kucing. Kenapa ? Ini karena kandungan bahannya yang ada di dalamnya yang di nilai kurang baik di cerna oleh kucing.

Meskipun sosis mentah atau sosis matang tak boleh di beri ke kucing untuk di makan namun kamu tetap masih bisa kok memberi kucing kamu sosis. Kamu bisa memberikan sosis yang di produksi khusus untuk kucing.

Sosis jenis ini dapat kamu temukan dengan mudah di pet shop ataupun bisa kamu beli melalui toko online. Sosis jenis ini sangat aman di berikan untuk kucing kesayangan tanpa takut adanya resiko yang terjadi pada kucing.

Tak hanya itu saja, sosis ini juga memiliki nutrisi yang cukup baik dan bisa memenuhi nutrisi harian yang di butuhkan oleh kucing.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah sosis mentah boleh di kasih ke kucing untuk di makan. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat Anggora.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url