Bisakah Kucing Melihat Dalam Gelap ? Ternyata Ini Jawabannya !

Apakah kamu saat ini sedang memelihara kucing ataukah kamu cuma sekedar tertarik dengan hewan yang satu ini ? Jika iya maka kamu mungkin pernah mendengar mengenai rumor tentang kucing yang bisa melihat dalam kegelapan.

 

Bisakah Kucing Melihat Dalam Gelap


Rumor ini mengatakan bahwa kucing bisa melihat dalam malam dengan membuat matanya bersinar seperti layaknya bola lampu. Beberapa dari kita yang mendengar rumor ini mungkin mengakui bahwa ini adalah kebenaran karena telah pernah melihat sendiri mata kucing bersinar saaat di kegelapan.

Mata kucing bersinar layaknya lampu dan terkadang sedikit menyilaukan mata kita yang melihatnya. Lalu apakah kucing benar-benar bisa melihat dalam kegelapan ? Yuk cari tahu kebenarannya dengan membaca tulisan Anggora ini.

 

Bisakah Kucing Melihat Dalam Gelap ?

Kucing yang melihat dalam malam merupakan pemikiran yang dari dulu sampai sekarang tetap keberadaanya di masyarakat. Namun apakah ini memang kebenaran yang sebenarnya. Apakah kucing bisa melihat dalam gelap ?

Karakteristik Mata Kucing

Sebelum masuk ke pembahasan utama mari kita membahas sedikit mengenai mata kucing. Sama seperti hewan lainnya, mata kucing memiliki karakteristiknya sendiri. Karakteristik mata kucing antara lain :

1. Pupil Kucing Bisa Melebar Dan Mengecil

Ada salah satu yang membedakan mata kucing dengan mata manusia yakni mata kucing dapat melebar dan mengecil sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Ketika kucing berada di tempat yang cukup terang maka pupil mata kucing akan mengecil.

Begitu pula sebaliknya, bila kucing berada di tempat yang kekurangan cahaya maka pupil mata kucing akan melebar. Pengaturan pupil mata kucing berguna bagi kucing untuk memaksimalkan kemampuan penglihatannya di mana pun ia berada.

 

2. Mata Kucing Dapat Memaksimalkan Cahaya Rendah

Mata kucing memiliki kemampuan dalam memaksimalkan cahaya rendah. Kucing memiliki lebih banyak sel di mata mereka di bandingkan dengan manusia. Karena adanya hal ini kucing dapat memanfaatkan cahaya rendah di sekitarnya.

Ini membuat kucing memiliki penglihatan yang lebih baik meskipun kucing berada dalam tempat yang bisa di bilang lumayan gelap.


3. Adanya Lapisan Pemantul Di Mata Kucing

Pernah tidak kamu melihat mata kucing seperti bercahaya. Terkadang matanya ini dapat menyilaukan mata kita. Mengapa mata kucing dapat seperti ini ? Ini karena kucing memiliki lapisan pemantul ( reflektif ) di bola matanya.

Lapisan ini akan memantulkan lebih banyak cahaya ke retina, membuat lebih banyak cahaya yang bisa memasuki mata dan membuat kucing mampu mengoptimalkan kemampuan penglihatannya di tempat yang memiliki sedikit pencahayaan.


4. Kemampuan Sudut Pandang Mata Yang Luar Biasa

Selain memiliki mata yang luar biasa yang mana bisa membuat kucing melihat dengan baik dalam tempat dengan intensitas cahaya yang cukup rendah, kucing juga punya kemampuan sudut pandang yang luar biasa.

Mata kucing memiliki kemampuan sudut pandang 200 derajat. 20 derajat lebih bila mana dibandingkan dengan mata manusia yang memiliki kemampuan mata 180 derajat. Dengan matanya ini kucing bisa mendeteksi gerakan dengan baik dan membuat kucing menjadi predator yang cukup mengerikan bagi para mangsanya.


Lalu Apakah Kucing Bisa Melihat Dalam Gelap ?

Bisa iya bisa juga tidak. Ini tergantung bagaimana kondisi tempat kucing berada. Bila saat ini kucing berada di tempat yang gelap namun masih ada sedikit cahaya di sana contohnya adanya sedikit cahaya rembulan yang masuk ke tempat tersebut maka kucing akan bisa melihat dalam kegelapan tersebut.

Namun kalau tak ada cahaya di sana bahkan sedikit cahaya pun tak menjangkau tempat tersebut maka kucing tetap saja sama dengan manusia. Mereka juga akan kesulitan dalam melihat di dalam kegelapan ini.

Jadi bisa di simpulkan bahwa bisa tidaknya kucing melihat dalam kegelapan tergantung intensitas cahaya di mana ia sedang berada. Oh iya untuk saat ini mungkin jarang sekali ada tempat tanpa cahaya.

Karena itulah kucing yang sekarang ini cenderung lebih bisa melihat dalam kegelapan terutama kucing-kucing yang tinggal di area perkotaan, yang mana daerah perkotaan tak bisa lepas dari cahaya lampu di malam hari.


Kesimpulan

Kucing memang hewan yang bisa melihat dalam kegelapan selama di sana ada sedikit cahaya. Penglihatan kucing secara alami jauh lebih baik dari manusia karena kemampuan adaptasinya dan kelebihan yang di miliki oleh mata kucing.

Meskipun kucing memiliki kemampuan mata yang luar biasa dalam kegelapan namun tetap saja kucing membutuhkan sedikit cahaya untuk bisa menggunakan kemampuannya ini. Jika mata kucing tak mendapatkan cahaya sedikitpun, kucing akan kesulitan melihat seperti yang di alami manusia.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah kucing dapat melihat dalam tempat gelap. Semoga artikel ini memberi banyak manfaat buat sobat Anggora yang  membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url