Apakah Kucing Takut Gelap ? Ternyata Ini Jawabannya !

Kucing adalah hewan yang sangat terkenal dengan keimutannya. Meskipun kucing terlihat imut tetapi mereka juga termasuk hewan yang pemberani. Mereka sangat senang melakukan penjelajahan ke lingkungan sekitar tempat di mana ia berada.

 

Apakah Kucing Takut Gelap

 

Yah walaupun kucing adalah hewan yang pemberani namun tetap saja ada saat di mana kucing terlihat takut dan enggan berada di tempat yang terlihat cukup gelap. Apakah ini karena kucing benar takut akan kegelapan ?

Ataukah ini di karenakan alasan lainnya ? Nah untuk mengetahui yang mana sebenarnya alasan yang membuat kucing tak menyukai tempat gelap maka kamu wajib membaca penjelasan Anggora berikut ini sampai akhir.


Apakah Benar Kucing Takut Gelap ?

Seperti yang di jelaskan di atas bahwa kucing adalah hewan yang bisa di bilang cukup pemberani dan memiliki kecerdasannya sendiri. Namun kenapa kucing cenderung menghindari tempat yang cukup gelap ?

Apakah ini karena memang kucing sangat takut berada di tempat yang gelap ? Apakah kucing takut berjumpa hantu di tempat gelap atau kebanyakan kucing punya trauma tersendiri terhadap  tempat gelap ? Jawabannya adalah tidak.

Kucing sama sekali tidak takut terhadap tempat gelap ataupun hantu. Kucing hanya tak suka berada di tempat ini. Kucing merasa tak aman dan nyaman berada di dalamnya. Ada beberapa faktor yang membuat kucing tak suka tempat gelap. Beberapa faktor tersebut antara lain :

1. Kucing Kehilangan Penglihatannya

Serupa dengan manusia, kucing juga akan kehilangan penglihatannya di tempat yang gelap. Bukannya kucing bisa melihat di tempat yang gelap ? Kucing memang bisa melihat di tempat yang gelap selama ada cahaya remang-remang di sana.

Cahaya ini akan di pantulkan ke mata kucing yang membuat matanya bercahaya seperti memiliki lampu di sana dan membuat kucing bisa melihat dalam kegelapan. Namun ketika tak ada cahaya sama sekali di sana, entah itu cahaya lampu ataupun cahaya bulan maka kucing juga akan kesulitan melihat.

Inilah salah satu alasan yang membuat kucing lebih memilih untuk menghindari tempat yang gelap.


2. Ketidakamanan Dan Ketidaknyaman

Ketidakamanan membuat kucing merasa ia tak nyaman berada dalam kegelapan. Ini membuat kucing tak menyukai tempat gelap. Inilah salah satu alasan kenapa kucing akan menghindari tempat gelap jika itu memungkinkan.


3. Insting Alami Kucing

Alasan selanjutnya adalah dorongan insting alami kucing untuk menghindari tempat gelap. Setiap kali kucing melintasi tempat gelap maka secara alami insting kucing ini akan menuntunnya untuk menghindari tempat semacam ini.

Naluri alami ini adalah naluri bawaan sejak masa lalu. Di alam liar naluri kucing ini sangat membantu kucing dalam bertahan hidup.


Lalu Bagaimana Dengan Kucing Yang Mengeong Di Malam Hari ? Bukannya Ini Karena Mereka Takut ?

Kucing mengeong di malam hari pastinya bukan karena mereka takut. Selama masih ada cahaya remang-remang di sana maka kucing akan bersikap seperti biasa. Tingkah laku kucing yang mengeong di malam hari adalah karena alasan lainnya.

Ini bisa jadi karena alasan lainnya seperti kucing sedang birahi, kucing tengah kelaparan, kucing tak bisa menjangkau buruannya, karena kucing merasakan mual dalam masa kehamilannya dan beberapa alasan lainnya yang berkaitan dengan hal ini.

 

Catatan Penting 

Faktanya kucing tidak takut pada kegelapan, kucing hanya tak suka tempat yang gelap yang tak ada sama sekali cahaya sedikitpun di sana. Jika di sana ada cahaya remang-remang dari lampu ataupun sinar rembulan maka kucing tak akan masalah meskipun ia berada di dalam kegelapan sekalipun.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url