Apakah Kucing Kedinginan Saat Hujan ? Ini Jawabnya !

Hujan merupakan sebuah fenomena alam yang umum terjadi di berbagai belahan dunia. Salah satu negara yang sering kali mengalami fenomena alam ini adalah negeri tercinta kita yakni negara Indonesia.

 

Apakah Kucing Kedinginan Saat Hujan


Indonesia sering kali mengalami turun hujan terutama di saat wilayah ini memasuki musim penghujan. Ketika musim hujan terjadi, hampir setiap hari hujan akan turun sehingga suhu udara menjadi sangat dingin bahkan di siang hari.

Untuk menghadapi rasa dingin akibat  efek dari hujan yang setiap hari turun maka pakaian tebal seperti jaket dan sejenisnya menjadi pilihan utama untuk menghangatkan tubuh serta menjaga suhu tubuh stabil.

Oh iya saat hujan pun kita akan mempersiapkan payung untuk menghadapi hujan yang tiba-tiba turun. Bicara soal dinginnya udara akibat turunnya hujan, tentunya hal ini akan berpengaruh pada makhluk hidup yang tinggal di sekitar tempat turunnya hujan tersebut.

Contohnya adalah burung, tupai, anjing dan sejenisnya yang akan merasakan dinginnya suhu udara akibat hujan. Lalu apakah hal ini juga berlaku pada kucing ? Apakah kucing akan kedinginan di saat hujan turun ? Cari tahu jawabnya di sini.

 

Apakah Kucing Kedinginan Saat Hujan ?

Ketika hujan turun, perubahan suhu udara umum terjadi. Dari yang tadinya bersuhu normal kini menjadi dingin. Nah ketika suhu udara dingin, kita akan terkena pengaruhnya dan merasakan kedinginan.

Lalu apa kucing juga seperti kita, apakah mereka juga kedinginan. Jawabnya adalah kucing juga akan merasakan kedinginan. Loh bukannya kucing memiliki bulu lebat jadi mustahil bagi mereka untuk merasakan kedinginan saat hujan.

Meskipun kucing memiliki bulu yang lebat tetap saja jika suhu udara di sekitar mereka menjadi dingin, bulu-bulu lebat mereka tak mampu membantu menghangatkan tubuh untuk melawan rasa dingin maka kucing tetap saja akan kedinginan.

Rasa dingin tak hanya berdampak bagi para kucing yang memiliki bulu yang lebat tetapi juga berdampak bagi jenis kucing lainnya. Terutama bagi kucing yang memiliki bulu pendek, kucing berbulu tipis atau kucing yang tak memiliki bulu sama sekali seperti kucing jenis sphinx.

Oh iya ada beberapa faaktor yang mana akan mempengaruhi seberapa kedinginannya kucing ketika turun hujan. Faktor-faktor tersebut antara lain :

  • Suhu lingkungan

  • Kelembapan udara

  • Jenis kucing ( Contohnya kucing berbulu lebat atau tidak )

  • Paparan hujan

  • Dan tempat di mana kucing berada saat hujan turun ( di dalam rumah atau di luar rumah )


Beberapa hal di atas akan mempengaruhi seberapa kedinginannya kucing saat terkena hujan. Misalnya kucing berada di luar rumah ketika turun hujan akan merasa lebih kedinginan di bandingkan kucing yang berada di dalam rumah.

Rasa dingin yang di rasakan kucing yang berada di luar rumah mungkin lebih besar di bandingkan kucing yang berada dalam rumah meskipun keduanya sama-sama tak terkena hujan. Keduanya merasakan kedinginan yang berbeda karena kondisi tempat mereka berada.


Beberapa Tanda Kucing Kedinginan Saat Hujan

Ketika kucing kedinginan kucing akan menunjukkan beberapa tanda bahwa mereka sedang kedinginan. Beberapa tanda kedinginan kucing ada yang mirip dengan tanda kedinginan pada manusia. Beberapa tanda tersebut antara lain :
  • Kucing akan tampak mengigil. Ini adalah respon alami kucing ketika ia merasa bahwa tubuhnya merasakan kedinginan

  • Kucing akan berusaha menghindari hujan. Kucing melakukan hal ini untuk mencegah ia semakin kedinginan akibat paparan hujan. Kucing merasa bahwa jika ia terkena hujan, ia akan semakin kedinginan

  • Kucing akan mengkerutkan tubuhnya. Ketika kucing merasa bahwa ia sedang kedinginan maka kucing akan mengerutkan tubuh mereka sebagai upaya menjaga tubuh mereka agar tetap hangat

  • Kucing akan mencari tempat yng hangat. Sewaktu kucing kedinginan, kucing akan mencari tempat-tempat yang mereka rasa bisa membantu mereka menghangatkan tubuhnya seperti di atas kasur, di atas sarung tebal, dekat pakaian dan sejenisnya

  • Kucing akan berkumpul dengan makhluk lain untuk saling menghangatkan tubuh. Contohnya kucing akan berkumpul dengan sesama kucing dan tidur saling berdekatan atau kucing akan berkumpul dengan manusia dan duduk di dekatnya

 

Beberapa tanda di atas adalah pertanda bahwa kucing kamu sedang kedinginan. Ketika kamu melihat kucing kamu kedinginan sebaiknya jangan di biarkan dan bantulah kucing agar tetap merasa hangat.


Yang Perlu Kamu Lakukan Pada Kucing Saat Hujan Turun

Ketika hujan turun, lakukanlah beberapa hal berikut ini pada kucing kamu :

  • Masukkan kucing ke dalam rumah atau ke dalam kandang

  • Jangan mengeluarkan kucing ke luar rumah kecuali di luar rumah ada kandang khusus untuk kucing yang aman dari percikan hujan dan hangat saat turun hujan

  • Jika saat hujan turun kucing kamu tak sengaja basah akibat air hujan maka segeralah keringkan tubuhnya dan buatlah tubuhnya hangat dengan menggunakan hair dryer untuk sementara sampai suhu tuhunya stabil sebelum memindahkannya ke tempat lain yang cukup hangat

  • Cek suhu ruangan. Jika kamu merasa bahwa suhu ruangan dalam rumah kamu cukup dingin maka naikkan suhunya. Naikkan suhu hingga kamu dan kucing merasa nyaman di dalamnya meskipun suhu udara dingin akibat hujan

  • Jika kucing sakit akibat hujan seperti flu, demam dan sejenisnya, di sarankan untuk membawa kucing berobat ke dokter hewan


Dengan melakukan beberapa cara di atas maka kamu dapat menjaga kucing agar tetap hangat dan aman saat turun hujan. Di samping itu, kamu juga bisa menjaga kucing kamu tetap sehat dan menghindarkannya dari hal yang tak di inginkan.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah kucing kedinginan saat hujan. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat Anggora.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url