Apakah Kucing Kampung Boleh Makan Sosis ? Ternyata Ini Jawabannya !

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang sering kali kita temukan di lingkungan sekitar kita tinggal. Salah satu jenis yang selalu kita jumpai adalah kucing kampung. Kucing kampung merupakan kucing domestik yang ada di Indonesia.

 

Apakah Kucing Kampung Boleh Makan Sosis


Bicara soal kucing kampung, kucing jenis ini tergolong kucing yang tak suka memilih-milih makanan. Kucing kampung cenderung menyukai banyak jenis makanan. Salah satunya adalah makanan bernama sosis.

Ketika kucing di berikan makan sosis maka kucing akan langsung memakannya dan terkesan ia senang memakan makanan ini. Namun apakah sosis ini boleh di makan oleh kucing kampung ? Lihat penjelasannya dalam tulisan ini.


Apakah Kucing Kampung Boleh Makan Sosis ?

Banyak yang berpendapat bahwa sosis bukanlah makanan yang berbahaya untuk kucing kampung. Hal ini di buktikan oleh beberapa pemilik kucing kampung yang pernah memberikan makanan jenis ini pada kucing kesayangannya dan kucing tak jatuh sakit.

Namun apakah benar demikian ? Jawabannya adalah benar. Sosis boleh di berikan sebagai makanan kucing kampung hanya saja ada persyaratan tertentu agar makanan ini aman mereka konsumsi. Salah satu syaratnya adalah makanan ini tak boleh di berikan terlalu sering.

Sosis tak boleh di berikan ke kucing terlalu sering apalagi menjadikan sosis sebagai salah satu makanan utama kucing. Sosis hanya boleh di jadikan sebagai makanan tambahan atau cemilan, itupun pemberiannya tak boleh terlalu sering.

Boleh di berikan sesekali saja. Ini karena jikalau memberikan makanan ini terlalu sering pada kucing maka akan memberikan dampak kesehatan tertentu pada kucing.


Resiko Pada Kucing Kampung Yang Sering Makan Sosis

Sosis secara umum terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari daging, tumbuhan ( nabati ), garam, bumbu dan juga bahan kimia dan pengawet tambahan. Meskipun di sana ada kandungan daging di dalamnya tetap saja makanan ini tak baik untuk di makan kucing.

Ini karena bahan nabati yang berada di dalamnya yang bisa menyebabkan masalah pencernaan bila makanan ini sering di makan kucing kampung. Kandungan garam yang dapat menyebabkan masalah kerontokan bulu kucing dan belum lagi adanya kandungan zat kimia di dalamnya yang bisa berbahaya bagi kucing.

Selain karena kandungannya yang bisa mengganggu kesehatan kucing bila di konsumsi dalam jumlah besar, nutrisi yang di peroleh oleh kucing pun tak seberapa. Nutrisi ini tak akan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing.

Bila di jadikan makanan utama untuk kucing, tentu saja akan membuat kucing yang memakannya menderita kekurangan gizi. Hal ini pastinya mempengaruhi kesehatan kucing serta akan mengganggu proses pertumbuhannya.

Jadi ketika kamu ingin memberi kucing kamu sosis sebagai makanan, sebaiknya jadikan makanan ini hanya sebagai cemilan saja, berikan dalam jumlah yang sedikit serta jangan berikan ke kucing setiap harinya.

Lakukan hal ini bilamana kamu ingin menyenangkan kucing kamu sekaligus menjaga kucing agar tetap aman dan sehat di saat ia memakannya.


Masalah Kesehatan Yang Dapat Terjadi Pada Kucing Yang Mengkonsumsi Sosis Secara Berlebihan

Ketika kucing kampung di biarkan makan sosis secara berlebihan dan di berikan setiap harinya maka akan ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada kucing. Beberapa diantaranya antara lain :

  • Masalah pencernaan pada kucing seperti diare, sembelit dan sejenisnya

  • Kekurangan gizi

  • Penglihatan kucing buruk

  • Masalah ginjal akibat kandungan senyawa kimia di dalamnya

  • Lambatnya regenerasi jaringan tubuh akibat nutrisi yang tak terpenuhi

  • Dan lainnya


Beberapa masalah kesehatan di atas dapat terjadi bagi kucing kampung yang terlalu sering mengkonsumsi sosis. Untuk kucing yang jarang memakan sosis ( contohnya sekali setiap tiap dua minggu ) maka masalah di atas jarang terjadi. 

 

Kesimpulan 

Sosis boleh diberikan ke kucing kampung hanya namun makanan ini tak dianjurkan di berikan ke kucing dan pemberian tak boleh di berikan sesering mungkin pada kucing. Contohnya kucing kampung hanya boleh di berikan sosis sekali setiap dua minggu saja.

Jika di berikan terlalu sering dan dalam porsi yang besar maka ini dapat mengundang masalah kesehatan pada kucing. Oh iya jika kamu ragu memberikan kucing kampung kamu sosis maka kamu bisa menggantinya dengan makanan lain yang lebih sehat atau tidak memberikan kucing sosis sama sekali.


Kini kamu sudah tahu apa sosis boleh di berikan ke kucing kampung atau tidak. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url