Kenapa Kucing Suka Tempat Sempit ? Ternyata Ini Sebabnya !

Kucing adalah hewan peliharaan kecil yang menggemaskan juga misterius dan kucing adalah teman manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Pada mulanya kucing di gunakan sebagai hewan penjaga hasil panen di gudang makanan.

 

Kenapa Kucing Suka Tempat Sempit


Seiring berjalannya waktu, kucing sekarang di jadikan hewn peliharaan kesayangan. Banyak dari kita yang memelihara mereka karena keimutannya serta perilakumya yang sulit di tebak. Nah salah satu perilaku ini adalah kucing sangat menyukai tempat-tempat yang sempit.

Kotak kecil, kardus makanan, kotak kayu, di bawah meja makan, meja belajar dan tempat-tempat sempit lainnya merupakan tempat yang sering kali di jadikan kucing sebagai tempatnya untuk berdiam diri, bermain serta beristirahat.

Mengapa sih kucing sangat suka berada di tempat-tempat seperti ini ? Pastinya kamu penasaran akan hal ini juga bukan ? Supaya kamu tak penasaran lagi atas hal ini maka baca penjelasannya di bawah ini.


Kenapa Kucing Suka Tempat Sempit ?

Bukan hal yang aneh lagi ketika kucing suka dengan tempat-tempat yang sempit. Mereka senang berada di sana untuk melakukan berbagai hal. Mulai dari berdiam diri, beristirahat, tiduran ataupun sekedar bermain.

Perilaku kucing ini tak terbatas pada jenis kucing domestik saja tetapi kucing ras yang terkenal anggun dan mahal sekalipun memiliki kebiasaan yang serupa. Lantas apa yang membuat kebanyakan kucing suka tempat sempit ?

Ada beberapa hal yang membuat kucing menyukait tempat ini. Beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut ini :

1. Insting Alami Kucing

Alasan pertama yang membuat kucing suka akan tempat yang sempit adalah karena insting alami mereka yang berada dalam darah mereka, ini terus di turunkan dari generasi lama ke generasi selanjutnya.

Insting alami ini mengajarkan kucing untuk bertahan hidup di alam liar. Bagi kucing tempat-tempat yang cukup sempit adalah ruang yang terbilang cukup aman bagi mereka untuk bersembunyi sekaligus beristirahat.

Dengan memasuki ruang yang kecil, kucing merasa aman dari serangan musuh alami mereka sekaligus memberikan rasa tenang tersendiri.


2. Pengaruh Suhu

Pengaruh suhu juga merupakan salah satu pertimbangan yang membuat kucing menyukai tempat yang sempit. Dalam tempat yang sempit suhu udara cenderung cukup hangat, ini membuat kucing merasa nyaman di dalamnya.

Tak hanya itu saja, di dalam tempat sempit, suhu tubuh kucing lebih mudah untuk di jaga panasnya sehingga kucing akan merasa nyaman terutama di saat suhu udara sedang dingin.


3. Pola Tidur Kucing

Seperti yang kita ketahui bahwa kucing sering kali menghabiskan waktunya untuk tidur tetapi kucing akan tidur denga pola tertentu. Kucing akan tidur dengan pola tidur pendek selama beberapa jam yang di pecahkan dalam beberapa bagian.

Karena pola tidur kucing ini, kucing membutuhkan tempat tertentu yang dapat melindungi selama beberapa jam dalam sehari. Tempat yang sesuai untuk mereka adalah tempat sempit yaang mana tempat ini dapat membuat kucing merasa terlindungi dan membuat mereka dapat mengawasi daerah sekitarnya.

 

4. Sifat Keingintahuan Dan Adaptasi Kucing

Selain 3 alasan di atas, sifat keingintahuan dan adaptasi kucing merupakan salah satu hal yang menjadi sebab utama kucing suka akan tempat sempit. Kecenderungan kucing melakukan hal ini adalah buah dari evolusi adaptasi dan murni dari keingintahuan mereka sendiri.

Ini mungkin di akibatkan leluhur mereka yang berada di alam liar yang mesti berburu mangsanya ke dalam lubang maupun celah sempit. Kemampuan adaptasi ini membuat leluhur kucing menjadi pemburu yang efektif.

Seiring berjalannya waktu, generasi kucing selanjutnya mempertahankan naluri alam liarnya untuk beradaptasi dan sering melakukan penjelajahan karena rasa ingin tahunya.


5. Rasa Kebersamaan Dan Sensasi Unik Ruang Yang Terbatas

Meskipun kucing terlihat seperti hewan individu namun kucing juga merupakan hewan yang bersosial dengan pemiliknya. Ada saat di mana kucing akan melakukan hal unik untuk menarik perhatian pemiliknya.

Contohnya adalah di saat kita meleteakkan kotak kardus, sering kali kucing yang melihat hal ini akan langsung berlari masuk kedalamnya. Secara otomatis pemilik akan terhibur dengan tingkah menggemaskan kucingnya dan kucing pun mendapat perhatian dari sang pemiliknya.

Di samping untuk menarik perhatian pemiliknya serta menciptakan rasa kebersamaan antara pemilik dan kucing, kucing juga melakukan hal ini karena ia memang menyukainya. Kucing menyukainya karena adanya sensasi pembatas ruang yang memberikan perasan unik sekaligus menyenangkan.

 

Kesimpulan

Kucing menyukai tempat sempit adalah hal normal bagi kucing. Ada banyak hal yang membuat kucing menyukai hal ini, di antaranya : insting alami, suhu udara, pola tidur, keingintahuan dan sifat adaptasi, rasa kebersamaan dan sensasi unik yang menyenangkan.

Sebagai pemilik kucing penting bagi kita untuk menyediakan tempat terbaik bagi kucing dan memberikan keamanan sekaligus kenyamanan bagi mereka. Untuk memenuhi hal ini kamu dapat menyediakan kotak kardus untuk tempat tidur mereka.

Kotak kardus akan memberikan mereka rasa aman dan nyaman seperti yang mereka cari selama ini. Bila tak menemukan kotak kardus, tak masalah untuk menggantikannya dengan material lainnya seperti kayu yang aman bagi kucing.

Mungkin itu saja yang bisa Anggora bagikan dalam artikel ini. semoga artikel ini memberi banyak manfaat bagi kamu yang membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url