6 Cara Mengatasi Kucing Kesepian

Kucing bisa merasakan yang namanya rasa kesepian seperti yang di rasakan oleh manusia. Ini terjadi karena kucing juga merupakan hewan yang memiliki keinginan bersosial. Loh bukannya kucing adalah hewan yang individual ?

 

Cara Mengatasi Kucing Kesepian


Benar kucing memiliki sifat individu yakni mandiri dan tak butuh bantuan dari kelompok lainnya tetapi meskipun begitu kucing menyukai hubungan sosial. Terutama jika hubungan ini adalah hubungan antara kucing dan pemiliknya.

Ini membuat kucing membutuhkan perhatian dan interaksi dengan pemiliknya. Jika kucing tak mendapatkan kedua hal ini maka sangat mungkin bagi kucing untuk merasakan kesepian. Lalu saat kucing kesepian, kucing dapat dapat menderita stress atau mengalami masalah perilaku tertentu.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi kucing yang kesepian ? Baca tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir untuk mengetahui caranya.


6 Cara Mengatasi Kucing Kesepian

Masalah kesepian pada kucing tak boleh di sepelekan. Bila hal ini tak di tanggapi dengan serius maka nantinya ini akan memberikan kita masalah tersendiri serta membuat kita kerepotan dalam menanganinya.

Masalah seperti kucing berontak, penyimpangan perilaku, stress, kucing melarikan diri dari rumah dan sejenisnya bisa menjadi akibat bila kita menganggap remeh dan tak segera menangani masalah ini dengan serius.

Nah untuk mengatasi kesepian pada kucing, Anggora bisa menyarankan kamu berberapa cara yakni :

1. Pastikan Ada Ciri Kucing Kesepian

Pastikan bahwa kucing kamu benar-benar mengalami masalah kesepian karena percuma saja kamu menerapkan cara ini kalau ternyata kucing kamu bukan menderita kesepian. Ada beberapa ciri atau tanda kucing kesepian, yaitu antara lain :

  • Kucing tampak lesu

  • Kucing lebih sering tidur

  • Kucing senang mencari perhatian secara berlebih dengan orang yang berada di sekitarnya

  • Kucing lebih senang menyendiri

  • Kucing mengalami penyimpangan perilaku

 

Bila kucing kamu dalam kondisi sehat, nafsu makan normal lalu ia memiliki beberapa ciri di atas maka dapat di pastikan kucing hanya sedang merasa kesepian saja.

 

2. Luangkan Waktu Untuk Kucing

Cara selanjutnya untuk mengatasi hal ini adalah dengan meluangkan waktu untuk kucing kamu. Rasa kesepian hanya dapat di hilangkan oleh makhluk lain karena itulah luangkan waktu kamu untuk berinteraksi dan memberi perhatian pada kucing kamu.

Luangkan waktu kamu minimal setengah atau satu jam dalam sehari untuk bermain bersama kucing kamu. Bila kamu memang cukup sibuk maka kamu bisa memecah waktu sejam ini menjadi beberapa bagian dalam sehari.

Contohnya 15 menit di pagi hari, 15 menit di siang hari dan yang terakhir 30 menit di malam hari saat kamu telah menyelesaikan aktivitas harian kamu. Dengan cara ini kamu dapat mengatasi masalah kesepian pada kucing kamu tanpa harus mengganggu rutinitas harian kamu sekaligus memperkuat ikatanmu dengannya.


3. Pertimbangkan Untuk Merawat Kucing Tambahan

Mungkin kamu tak sempat meluangkan waktu kamu untuk bersama dengan kucing karena sibuk bekerja dari pagi sampai sore dan hanya bisa bersamanya saat malam hari. Kalau memang ini masalahnya maka solusinya cuma dengan merawat kucing tambahan.

Dengan merawat kucing tambahan, ini bisa mengatasi masalah kesepian pada kucing. Kucing lainnya ini bisa menjadi teman untuk kucing kamu saat dirimu sedang tak ada di rumah. Kucing bisa berteman dan bermain bersama.

Bukan cuma bisa menghilangkan rasa kesepian kucing, cara ini pun efektif untuk menghilangkan rasa bosan pada kucing kamu dan mencegah kucing mengalami stress. Oh iya saat kamu hendak memelihara kucing lainnya, pastikan 2 hal.

Hal yang pertama adalah pastikan jenis kelamin kucing lainnya berbeda dengan kucing yang ada di rumah dan yang kedua adalah pastikan mengawasi kedua kucing saat pertama kali mereka bertemu untuk menghindari konflik dan untuk membuat mereka terbiasa dengan satu sama lain.

 

4. Buat Ruang Khusus Kucing

Buatkan ruang tertentu yang khusus untuk kucing dan pastikan ruangan ini memiliki sesuatu yang menarik bagi kucing. Seperti tempat tidur yang nyaman, ruangan bermain, pohon kecil. tempat untuk mencakar kukunya, tempat untuk memanjat ke dinding dan ke atas ruangan, mainan interaktif khusus kucing dan sejenisnya.

Dan jangan lupa juga buatlah ruangan ini seaman dan senyaman mungkin bagi kucing. Dengan adanya ruangan ini maka ini dapat membuat kucing tak merasa sendirian lagi di saat tak ada orang lain di sekitarnya

 

5. Biarkan Kucing Bermain Di Luar  

Kucing sangat menyukai penjelajahan dan pengamatan. Membiarkan kucing bermain di luar rumah dapat membuat kucing berolahraga ringan dan merangsang stimulasi visualnya. Ini juga bisa membuat kucing tak merasa kesepian lagi.

Saat kucing bermain di luar, pastikan tempat ia bermain adalah tempat yang aman. Pastikan juga untuk terus mengawasi kucing agar ia terhindar dari cedera, kecelakaan dan agar kucing tak kabur dari kamu.

 

6. Titipkan Kucing Ke Tempat Penitipan Hewan

Kalau kamu sedang sangat sibuk atau hendak pergi keluar kota dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya titipkan kucing ke tempat penitipan hewan. Memang sih cara ini butuh dana untuk di keluarkan namun ini lebih baik untuk kucing kamu.

Ketika kamu tak ada di dekatnya maka kamu tak perlu khawatir si kucing kesepian. Dirimu pun tak perlu khawatir dengan kebutuhan kucing dan tak takut kucing akan jatuh sakit.

 

Itulah dia beberapa cara yang mungkin dapat kamu lakukan untuk membuat kucing tak merasa kesepian lagi. Semoga apa yang Anggora tuliskan ini bisa mengatasi masalah yang kamu saat ini dan bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url