Kenapa Kucing Hamil Suka Tidur Di Lantai ? Ternyata Ini Sebabnya !

Selain anjing, kucing merupakan salah satu hewan yang cukup setia. Mereka senang berada di dekat manusia yang merupakan pemiliknya dan bisa menjadi seorang teman untuk kita dalam berbagi kisah suka dan duka.

 

Kenapa Kucing Hamil Suka Tidur Di Lantai

 

Tak hanya itu saja, keberadaan kucing di sekitar kita pun dapat memberikan sebuah pengalaman yang menarik untuk kita amati. Salah satu perilaku unik kucing yang dapat memberikan kita sebuah pengalaman yang menarik yakni kucing hamil yang cenderung suka tidur di lantai.

Hal ini tentunya akan memberikan kita perasaan heran, penasaran juga terkadang sedikit kesal. Sebenarnya mengapa sih kucing hamil ini sangat senang tiduran di lantai ? Nah agar tahu jawabannya maka sobat Anggora silahkan membaca tulisan ini hingga akhir. 


Kenapa Kucing Hamil Suka Tidur Di Lantai ?

Banyak dari kita yang mungkin bertanya-tanya kenapa kucing yang hamil sangat suka tidur di lantai. Bukannya tiduran di tempat yang lebih lembut dan nyaman seperti sofa, kasur dan lainnya, kucing hamil malah lebih memilih tiduran di lantai.

Berdasarkan apa yang Anggora ketahui, ada beberapa alasan yang membuat kucing senang tidur di lantai. Lalu apa saja alasannya ? Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Faktor Fisiologis

Sewaktu kucing dalam masa kehamilan, tubuhnya akan mengalami beberapa perubahan fisiologis. Beberapa perubahan ini akan mempengaruhi pemilihan tempat mereka tidur. Beberapa faktor yang mungkin menjadi pertimbangan kucing saat pemilihan tempat tidur ketika hamil, yakni :

  • Kenaikan suhu tubuh kucing di saat kucing tengah hamil. Ini mempengaruhi kucing yang hamil untuk mencari tempat dengan permukaan yang dingin serta keras seperti lantai. Ini kucing lakukan untuk menurunkan suhu tubuhnya sekaligus mempertahankannya agar tetap stabil.

  • Masalah hormonal juga turut mempengaruhi hal ini. Perubahan hormon seperti naiknya kadar progesteron dapat berpengaruh pada gaya tidur kucing. Hormon ini bisa membuat kucing cenderung tenang dan senang untuk tidur di lantai.

 

2. Pengaruh Lingkungan

Bukan cuma faktor fisiologis saja yang dapat mempengaruhi pemilihan tempat tidur kucing hamil tapi juga pengaruh lingkungan. Beberapa pengaruh dari lingkungan yang bisa mempengaruhi hal ini ada beberapa hal setahu Anggora. Beberapa hal tersebut seperti :

  • Sirkulasi udara : Permukaan lantai rumah cenderung lebih dingin bila mana dibandingkan dengan permukaan lainnya. Oleh karena itulah di saat suhu udara cukup panas maka kucing mungkin akan lebih sering tidur di lantai dari pada tidur di tempat lainnya.

  • Kemudahan jangkauan : Kemudahan dalam menjangkau tempat untuk tidur juga membuat kucing hamil lebih senang untuk tidur di lantai. Alasannya sederhana, kucing cuma tak ingin membuat terlalu banyak gerakan yang bisa mempengaruhi kandungannya.

    Di samping itu, karena bobot tubuhnya bertambah maka kucing akan kesulitan bergerak dan kucing menjadi lebih mudah lelah, ini membuat kucing akan tidur di lantai yang bisa dengan mudah ia jangkau.

  • Rasa aman dan nyaman : Rasa aman dan nyaman juga merupakan hal yang penting bagi kucing hamil. Alasan inilah yang membuat kucing hamil suka tidur di lantai. Lingkungan permukaan lantai yang keras, licin dan dingin membuat kucing merasa aman sekaligus nyaman.


Hal Yang Perlu Di Perhatikan Ketika Kucing Tidur Di Lantai

Ketika kucing tidur di lantai ada beberapa hal yang mungkin perlu kamu perhatikan agar tidur di lantai tak akan menyebabkan masalah pada kucing. Beberapa hal ini adalah :

  • Pastikan lantai yang kucing tiduri bukanlah lantai kotor ataupun lantai yang basah

  • Pastikan lantai tempat kucing berbahaya tidak terdapat benda tajam ataupun senyawa kimia yang berbahaya.

  • Coba berilah alas berupa kain pada lantai yang biasa kucing tiduri. Bila kucing tak mau tidur di atasnya maka biarkan saja

  • Coba letakkan tempat tidur kucing di atas lantai, jika kucing tetap saja menolaknya maka biarkan saja kucing tidur di lantai

  • Bila ada keanehan tampak pada kondisi kucing yang hamil, sebaiknya segera periksakan kucing ke dokter hewan terdekat

 

Beberapa hal di atas perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kucing. Ini juga perlu kamu lakukan untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi kucingmu yang sedang hamil.

 

Apakah Tidur Di lantai Dapat Mempengaruhi Kesehatan Kucing Hamil ?

Tidur di lantai bagi kucing merupakan hal umum yang cenderung normal. Tidur di lantai tak akan mempengaruhi kesehatan induk kucing maupun bayi yang ia kandung dengan catatan tempat kucing tidur adalah tempat yang bersih dan jauh dari benda berbahaya seperti zat kimia beracun.

Meskipun ini merukan perilaku normal yang tak berbahaya tetapi tetap saja penting untuk kita pemilik agar selalu memperhatikan kondisi kucing kita. Bila ada yang aneh dengan kondisi kucing kita, di anjurkan untuk segera membawa kucing berobat ke dokter hewan.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apa yang membuat kucing hamil suka tidur di lantai. semoga artikel ini bermanfaat buat sobat Anggora.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url