Apakah Kucing Boleh Makan Sosis Ayam ? Ini Jawabannya !

Sosis Ayam ? Siapa sih yang tak kenal dengan makanan yang satu ini. Makanan ini cukup sering kita jumpai di sekitar kita, terutama di warung-warung ataupun minimarket yang berada di dekat lingkungan kita tinggal.


Apakah Kucing Boleh Makan Sosis Ayam

 

Sosis ayam merupakan makanan yang cukup nikmat. Karena kenikmatannya ini, kucing turut tergoda untuk merasakannya. Itulah mengapa setiap kali kita memakan sosis ini, kucing akan datang pada kita dan minta di beri sedikit sosis untuk di makan.

Melihat perilaku kucing kita, beberapa dari kita sang pemilik kucing mungkin akan langsung memberikan sosis ayam pada kucing namun beberapa lainnya akan berpikir apakah sosis ayam boleh di makan oleh kucing ?

Lalu apakah kucing boleh memakannya ? Untuk mengetahuinya maka kamu wajib membaca tulisan Anggora berikut ini.


Apakah Kucing Boleh Makan Sosis Ayam ?

Sosis ayam merupakan produk makanan yang di buat dari campuran daging ayam, bahan nabati, senyawa kimia dan lainnya. Makanan ini sendiri merupakan makanan yang di produksi khusus sebagai cemilan untuk manusia.

Lalu apakah makanan jenis ini boleh di berikan ke kucing ? Sebelum menjawab pertanyaan ini ada baiknya kita terlebih dahulu sedikit mengenal mengenai sosis ayam.

1. Bahan Pembuatan Sosis Ayam

Sosis ayam secara umum terbuat dari 60% kandungan daging ayam sementara sisanya dapat berupa bumbu-bumbu yang berasal dari bahan nabati, senyawa kimia dan lainnya. Karena kandungannya ini maka sosis ayam di nilai kurang baik untuk di berikan kucing.

Ini karena sosis ayam tak sepenuhnya terbuat dari makanan yang berasal dari hewan. Beberapa komposisi lainnya justru berasal dari tumbuhan dan juga dari senyawa kimia seperti pengawet makanan yang umum ada dalam makanan instan.


2. Bahan Tambahan Yang Kurang Baik

Ada bahan tambahan lainnya yang tak baik bila di makan kucing dan bahkan bisa beracun baginya. Contohnya adalah bahan tambahan seperti bumbu makanan yang terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih merica dan sejenisnya.

Untuk manusia, bawang merah dan bawang putih mungkin aman di konsumsi namun untuk kucing tidaklah demikian. Bawang merah dan bawang putih bila di konsumsi oleh kucing maka ini dapat merusak sel darah merah dalam tubuh kucing karena kandungan senyawa di dalamnya dan membuat kucing menderita Anemia.


3. Adanya Kandungan Garam

Kelezatan sosis ayam bukan cuma karena adanya bumbu tetapi karena makanan ini juga mengandung garam. Umumnya kandungan garam di dalam sosis ayam cukup tinggi, ini membuat kucing tak boleh memakannya terlalu sering atau banyak.

Karena jika kucing memakannya dalam porsi banyak dan terlalu sering, ini bisa maka akan membuat kucing beresiko menderita penyakit seperti dehidrasi ( kekurangan cairan ), darah tinggi dan juga penyakit ginjal.


4. Kandungan Lemak Dan Kalori

Selain beberapa kandungan di atas, sosis ayam juga mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Jika memberikan makanan ini terlalu sering bagi kucing maka kucing bisa mengalami obesita ( kegemukan ) yang mana ini merupakan salah satu masalah kesehatan bagi kucing.

 

Lalu Apakah Kucing Boleh Di Beri Makan Sosis Ayam ?

Beberapa dari ahli mengatakan bahwa makanan ini tak di anjurkan untuk di berikan ke kucing tetapi boleh di berikan ke kucing untuk di makan. Makanan ini boleh di berikan sesekali dengan catatan makanan minimal di berikan sekali tiap 2 minggu.

Jika terlalu sering barulah ini berbahaya bagi kucing. Pemberian yang terlalu sering bisa membuat kucing mengalami obesitas, penyakit ginjal, darah tinggi dan gangguan masalah pencernaan seperti diare pada kucing.

Semua penyakit ini bisa kucing alami bila mana pemberian di lakukan secara bebas tanpa memperhatikan porsi dan frekuensi pemberian sosis ayam. Perlu di ingat bahwa meskipun sosis ayam aman di makan selama jarang di berikan namun ini bisa tetap menjadi berbahaya jika kamu sering memberikan makanan lain dengan kandungan serupa pada kucing sebagai cemilan sebelum kamu memberikan sosis ini pada kucing.

 

Pertimbangan Bagi Pemilik Kucing

Jika kamu masih merasa ragu memberikan kucing kamu sosis ayam yang untuk manusia maka sebaiknya jang di berikan ke kucing saja. Kamu bisa mempertimbangkan makanan alternatif lainnya yang lebih aman untuk kamu berikan ke kucing sebagai cemilan.

Namun jika kamu masih bersikeras untuk memberikan kucing sosis ayam maka kamu bisa membeli sosis ayam khusus kucing yang banyak di jual di petshop ataupun di toko online. Memberikan ini lebih baik dan lebih menyehatkan bagi kucing di bandingkan memberi sosis ayam yang khusus manusia.

 

Kini kamu tahukan apakah sosis boleh di berikan ke pada kucing sebagai makanan. Sampai sini saja pembahasan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url