Kenapa Kucing Gelisah Di Malam Hari ? Ternyata Ini Jawabnya !

Kucing adalah makhluk dengan perilaku yang unik dan random yang mana dengan kelakukannya ini membuat kita para pemilik kucing kesulitan dalam memahami perilaku mereka. Salah satu perilaku kucing yang membuat kita keheranan adalah kucing terkadang suka gelisah di malam hari.

 

Kenapa Kucing Gelisah Di Malam Hari


Sebenarnya kita tak masalah jika kucing gelisah di malam hari asalkan kegelisahannya ini tak membuat kita terganggu. Namun ini tak sesuai harapan kita, ketika kucing gelisah sering kali kucing membuat masalah dan mengganggu kita.

Sebenarnya kenapa sih kucing menjadi gelisah di malam hari dan bagaimana cara kita mengatasi hal ini ? Penasaran ? Cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini.


Kenapa Kucing Gelisah Di Malam Hari ?

Kegelisahan kucing di malam hari adalah hal yang umum bagi kucing dan hal ini normal bagi kucing. Sewaktu kucing gelisah hal ini bukan hanya membuat kucing dalam kondisi yang tak menyenangkan, pemilik pun akan merasakan hal serupa.

Kegelisahan kucing pada malam hari akan menimbulkan masalah tertentu bagi kita serta akan mengganggu tidur kita. Contohnya di saat kucing gelisah, kucing akan mondar mandir kesana kemari menjatuhkan barang-barang di dalam rumah dan menimbulkan kebisingan.

Bukan cuma itu saja, kucing juga sering kali mengeong-ngeong terus-terusan di malam hari yang mana meongan kucing ini sering kali membangunkan kita dari tidur nyenyak. Saat kucing gelisah pun kadang-kadang kucing akan mencakar-cakar pintu, jendela dan benda di sekitarnya.

Melihat kucing berperilaku seperti ini, pastinya akan timbul pertanyaan seperti "kenapa kucing gelisah di malam hari ?".  Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat kucing berperilaku seperti ini. Setahu Anggora ada beberapa penyebab utamanya, yakni :

1. Sifat Alami Hewan Krepuskular

Hewan krepuskular ? Artinya apa ? Hewan krepuskular adalah jenis hewan yang aktif saat cahaya lingkungan di sekitarnya remang-remang yakni saat peralihan antara gelap dan terang ataupun sebaliknya.

Waktu peralihan ini biasanya antara waktu fajar dan senja. Di masa ini kucing cenderung aktif. Itulah mengapa antara pukul 3 pagi sampai 5 pagi kucing akan cenderung tampak seperti gelisah padahal sebenarnya kucing tak gelisah, kucing hanya sedang aktif karena sifat alami bawaannya.

 

2. Kucing Terlalu Banyak Tidur Di Siang Atau Sore Hari

Pernahkah kamu tidur di siang atau sore hari dan malam harinya kamu gelisah karena kesulitan untuk tidur ? Pastinya pernah bukan. Hal serupa juga dapat terjadi pada kucing, Ketika kucing terlalu banyak tidur saat matahari belum terbenam maka kucing akan mengalami kegelisahan di malam hari.

Kegelisahan ini terjadi karena karena kucing tak dapat tidur, akibatnya kucing akan menjadi super aktif di tengah malam. Kucing akan berburu hewan kecil, bermain-main di dalam rumah atau bermain di dekat kita dan melakukan beberapa aktivitas lainnya.

Kucing akan terus melakukan berbagai aktivitas di atas hingga kucing merasa kelelahan. Kucing yang kelelahan biasanya akan pergi tidur.


3. Pengaruh Lingkungan

Pengaruh lingkungan juga dapat berpengaruh pada perilaku kucing. Adanya suara seperti suara kendaraan motor, hewan liar, suara burung, suara keramaian dari orang-orang yang lewat di depan rumah bisa membuat kucing menjadi gelisah.

Selain itu cahaya kendaraan yang masuk ke dalam rumah dan cahaya yang berubah-ubah akan membuat kucing kesulitan untuk tidur. Inilah mengapa penting bagi kita untuk menyediakan tempat tidur yang aman dan nyaman bagi kucing serta menjaga kondisi lingkungan rumah agar tenang di malam hari.

 

4. Penyakit

Penyakit tertentu pun dapat menjadi sebab utama kegelisahan kucing di malam hari. Beberapa penyakit dapat memicu hal ini. Misalnya ketika kucing menderita gangguan saluran kemih ataupun sakit perut maka kucing cenderung akan gelisah di malam hari.


5. Kucing Ingin Keluar Rumah

Apakah kamu seorang pemilik yang membebaskan kucing kamu keluar masuk rumah ? Jika iya maka penyebab kucing kamu gelisah pada malam maupun dini hari hanya karena kucing kamu ingin pergi keluar rumah.

Kucing merasa ia tak bebas di dalam rumah dan ingin segera keluar rumah. Perilaku kucing yang gelisah karena ingin keluar rumah biasanya di tandai dengan kucing yang sering mencakar-cakar ataupun berusaha mendobrak pintu ataupun jendela rumah.

Oh iya, kucing yang terus diam sembari mengeong di depan pintu rumah juga merupakan salah satu pertanda bahwa kucing meminta pintu di bukakan agar si kucing peliharaan bisa menjelajah ataupun bermain di luar rumah.


6. Kucing Sedang Birahi

Penyebab yang keenam adalah kucing kamu sedang birahi ( sedang dalam masa kawin ). Kucing yang sedang birahi umumnya akan sering terbangun di malam hari. Umumnya kucing yang birahi tak akan sekedar bangun, kucing juga akan sering mengeong saat ia terbangun.

Hal ini akan terus berlangsung sampai masa birahi kucing berakhir atau kucing telah menemukan pasangannya untuk melakukan hubungan pernikahan.


Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Yang Gelisah Di Malam Hari ?

Untuk mengatasi masalah kegelisahan kucing di malam hari, kamu mesti mencari tahu dahulu apa penyebab pasti yang membuat kucing berperilaku seperti ini. Misalkan jika penyebabnya adalah penyakit maka untuk mengatasinya kamu cuma perlu mengobati kucing saja.

Bila penyebabnya karena kucing sedang birahi maka solusinya adalah mengkawinkan kucing atau melakukan tindakan sterilisasi pada kucing yang birahi. Dengan mengetahui apa sebabnya akan mudah bagi kamu untuk mengatasinya.

Oh iya apabila kamu telah melakukan berbagai hal untuk mengatasi hal ini dan kucing masih terus saja gelisah di malam hari, sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan untuk di lakukan pemeriksaan menyeluruh mengenai kondisinya saat ini.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apa yang membuat kucing gelisah di malam hari, semoga artikel ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url