Ternyata Ini Perasaan Kucing Saat Dimarahi !

Kucing merupakan hewan yang memiliki kepribadian yang cukup unik dan hewan yang satu ini sering kali menjadi salah satu bagian yang penting bagi kehidupan manusia. Ini karena mereka sering di jadikan hewan peliharaan rumahan.


Perasaan Kucing Saat Dimarahi

 

kucing dapat merasakan senang, riang, bosan, ingin di perhatikan. Emosi lainnya yang cukup tampak jelas pada kucing adalah kucing merasa ketakutan.

Lalu bagaimana jikalau kucing kita marahi ? Apa yang kucing rasakan ketika kita marah padanya ? Pastinya kebanyakan dari kita penasaran akan hal ini bukan ? Yuk cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora ini.


Bagaimana Perasaan Kucing Saat Dimarahi ?

Seperti yang baru saja Anggora sebutkan di atas bahwa kucing juga sama dengan manusia, sama-sama punya perasan dan emosi tersendiri. Saat kucing di hadapkan dengan situasi tertentu maka kucing akan menunjukkan perasaanya.

Contohnya kalau kucing melihat ada sesuatu benda atau hewan lain yang ia anggap mengerikan atau dapat mengancam nyawanya maka akan tampak sangat jelas bagi kita untuk melihat rasa takut yang kucing tampilkan.

Lalu bagaimana dengan perasaan kucing yang di marahi oleh pemiliknya atau di marahi oleh orang lain ? Umumnya hanya ada beberapa perasaan yang akan kucing tampilkan ketika ia sedang di marahi oleh pemiliknya atau orang lain, yaitu :

1. Perasaan Bingung

Perasan pertama yang mungkin kucing rasakan adalah bingung. Kucing akan merasa bingung kenapa tiba-tiba nada suara kita meninggi. Saat ini terjadi umumnya kucing akan menatap kita dengan tatapan keheranan.

Kucing mungkin akan menatap kita untuk beberapa saat sampai akhirnya ketika kita kembali meninggikan suara kita maka kucing akan terkejut kemudian kabur menjauh dari tempat kita sedang berada.


2. Kucing Akan Terkejut

Terkadang kucing tak akan menunjukkan perasan bingung terlebih dahulu di saat kita memarahinya, reaksi awal kucing mungkin adalah dengan keterkejutan. Kucing yang terkejut bisa saja melompat, langsung melarikan diri, langsung bersembunyi dan lainnya.

Selain itu kucing yang terkejut juga kadang kala juga akan mengepalkan cakarnya dan menunjukkan rasa waspada sembari mengembangkan bulunya seperti saat bulu kucing berdiri ketika kucing sedang merasakan kedinginan.

 

3. Kucing Akan Merasa Takut

Kebanyakan kucing mungkin akan merasa takut di saat sang pemilik atau ada orang lain yang sedang memarahinya. Sewaktu kucing merasa takut, kucing akan menunjukkan pertanda tertentu seperti ekor kucing tegak, telinga kucing menekuk ke belakang, atau kucing menundukkan kepalanya.

Sewaktu kucing merasa takut kucing juga akan sesegera mungkin menjauhi kita dan untuk beberapa saat kucing mungkin akan merasa takut berada dekat dengan kita. Rasa takut ini bisa berlangsung sesaat atau dalam jangka panjang tergantung bagaimana sikap selanjutnya dari mereka yang baru saja memarahi kucing.


4. Perasaan Bersalah

Selain merasa takut, salah satu reaksi yang menarik ketika memarahi kucing kesayangan kita adalah kucing menunjukkan seolah dia merasa bersalah. Kucing merasa bersalah seolah dia telah menyesali perbuatannya.

Kamu bisa melihat kucing merasa bersalah dengan menundukkan kepalanya, memandang kita dengan lembut ataupun tubuhnya merunduk. Namun perlu di perhatikan bahwa reaksi kucing merasa bersalah bisa jadi hanyalah reaksi spontan terhadap bahasa tubuh juga nada suara kita dan bukan karena kucing merasa bersalah.


5. Kucing Tak Peduli

Perasaan kucing selanjutnya ketika kita marahi adalah kucing terkesan tak peduli sama sekali. Kucing malah terkesan santai dan tak mempedulikan kita. Ada juga kucing yang cuma melihati kita terus menerus dengan mata bulat atau setengah lingkarannya.

Melihat kucing yang berprilaku seperti ini, beberapa pemilik kucing ada yang semakin kesal namun ada juga yang malah tertawa melihat kucing kesayangannya terus-terusan memandanginya dengan wajah menggemaskan.

 

Cara Bijak Menghadapi Kucing Saat Marah

Di saat kita marah pada kucing ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar nantinya kita tak menyesal sesaat setelah memarahi kucing kita atau menyesal karena kucing kita kabur karena tindakan kita.

Beberapa hal ini antara lain : 

  • Hindari melakukan kekerasan terhadap kucing

  • Hindari kekerasan verbal pada kucing

  • Gunakan suara lembut saat menegur kucing

  • Berikan pujian saat kucing berlaku baik dan tegur kucing dengan lembut saat ia salah

  • Cari tahu apa penyebab kucing melakukan tindakan yang membuat kita marah karena bisa jadi hal ini karena kucing menderita penyakit medis tertentu.


Kesimpulan

Sewaktu kucing di marahi, kucing juga akan memiliki beberapa perasaan tertentu seperti : bingung, terkejut, merasa ketakutan, merasa bersalah ataupun kucing sama sekali tak peduli atau cuek ketika kita marah padanya.

Karena itulah saat kita memarahi kucing kita mesti paham akan perasaan kucing dan mengambil tindakan yang bijak sesuai kondisi saat itu. Ini penting bagi kita agar tercipta hubungan yang kuat antara pemilik dan kucing kesayangan peliharaan kita.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai perasaan kucing saat kita marahi. Semoga saja apa yang Anggora tuliskan ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url