7 Alasan Kenapa Kucing Suka Mencuri Makanan

Kucing memanglah makhluk lucu nan menggemaskan namun kucing juga sangat terkenal dengan kebiasaannya yang suka mencuri makanan. Banyak pemilik kucing yang merasa kesal dengan sifat kucing yang satu ini.

 

Alasan Kenapa Kucing Suka Mencuri Makanan
    Foto Source: Detik.com


Mereka kesal karena kucing mencuri makanan miliknya. Meskipun kesal tapi kebanyakan pemilik tak bisa mendisiplinkan kucingnya secara kasar di karenakan saat kucing mencuri makanan mereka, kucing menunjukkan wajah tak bersalah dan berwajah lucu.

Karena itulah beberapa pemilik kucing mengabaikan hal ini dan beberapa lainnya penasaran apa sebab kucingnya sangat suka mencuri makanan dan berusaha sedemikian rupa untuk mengatasi hal ini. Lalu kenapa kucing suka sekali mencuri makanan ?

Cari tahu apa sebabnya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini secara perlahan-lahan.


7 Alasan Kenapa Kucing Suka Mencuri Makanan

Serupa dengan manusia yang bisa mencuri sesuatu hal dari orang lain, kucing pun bisa mencuri makanan dari orang lain bahkan pemilik mereka sendiri. Ketika ini terjadi ada beberapa hal yang mungkin menjadi alasan utamanya.

Beberapa hal tersebut berdasarkan informasi yang selama ini Anggora kumpulkan adalah sebagai berikut :

1. Naluri Alamiah Kucing

Alasan pertama yang membuat kucing suka mencuri makanan adalah karena naluri alami miliknya. Insting alami kucing ini begitu kuat dan insting alami ini tetap akan ada meskipun si kucing bukan lagi kucing liar dan telah bertahun-tahun lamanya menjadi kucing rumahan.

Di alam liar, makanan sering kali sulit di dapatkan sebab kucing mesti bersaing dengan sesama kucing ataupun dengan hewan lainnya untuk mendapakan makanan. Karena itulah kebiasaan mencuri makanan tetap ada dan mengakar dalam diri kucing sebagai naluri alami mereka untuk bertahan hidup.  

 

2. Kucing Sedang Cari Perhatian

Kucing kamu mungkin sedang mencuri-curi perhatian kamu. Mungkin kamu merasa ini tak mungkin tapi ingatlah bahwa inilah yang kucing lakukan karena kucing memang hewan yang memiliki kecerdasannya sendiri.

Umumnya ini terjadi sewaktu kurangnya interaksi antara sang pemilik dan kucing peliharaannya. Kucing pun mencuri makanan pemiliknya karena merasa bahwa dengan melakukan hal ini maka perhatian pemilik akan tertuju padanya dan pemilik akan mau berbicara dengannya.


3. Rasa Penasaran Kucing Yang Cukup Tinggi

Kucing adalah hewan yang punya rasa penasaran yang tinggi. Ini membuat kucing senang memeriksa dan menjelajah tempat baru, kucing juga suka penasaran dengan hal baru ataupun sesuatu hal yang berada di sekitarnya.

Karena itulah di saat kamu meninggalkan makanan diatas meja, karena rasa penasarannya akan bau yang menarik yang keluar dari makanan ini dan menganggap benda di hadapannya adalah makanan maka kucing akan mengambilnya untuk ia makan.

 

4. Kucing Merasa Belum Kenyang

Coba perhatikan porsi makanan yang kamu berikan ke kucing kamu, apakah sudah cukup untuk membuat kucing merasa kenyang. Jika tidak maka inilah yang membuat kucing kamu suka mencuri makanan milikmu atau orang lain.

Oh iya selain karena faktor porsi makanan yang kurang, penyakit seperti cacingan juga dapat membuat kucing tak merasa kenyang dan merasa selalu kelaparan meskipun ia mendapatkan porsi makan yang cukup. 


5. Kucing Merasa Bosan

Kucing juga terkadang melakukan pencurian karena ia sedang merasa bosan. Ia mencari cara untuk menghibur diri dengan melakukan banyak kegiatan dan salah satu kegiatan tersebut adalah pencurian makanan.

Dengan mencuri makanan, kucing merasa terhibur dan memberikan ia sebuah tantangan yang baru. Jadi kucing mencuri makanan mungkin saja karena ia sedang mencari hiburan baru agar ia tak merasa bosan.


6. Sifat Keibuan Kucing

Pernah tidak kamu melihat kucing kamu mencuri makanan di rumah kemudian membawa makanan tersebut ke anak-anaknya. Iya benar, tindakan kucing ini murni kucing lakukan karena sifat keibuan miliknya.

Padahal sebenarnya kita telah menyediakan cukup makanan untuk kucing dan anak-anaknya namun karena sifat ini maka tetap saja kucing berusaha memberikan makanan lezat lainnya untuk anak-anak kesayangan.

Untuk mendapatkan makanan ini terkadang si induk kucing akan mengobrak-abrik tempat sampah milik kita dan mencuri makanan kita.


7. Adanya Kesempatan

Alasan yang terakhir adalah karena adanya kesempatan yang tersedia yang mana membuat kucing akan mencuri makanan yang ada di di depannya. Kalau pemilik tak mengawasi makanan dengan baik dan meninggalkannya begitu saja dalam kondisi bisa di curi maka kucing melihat ini adalah peluang.

Tindakan ini adalah murni karena adanya kesempatan karena kelalaian pemilik, bukan karena kucing tidak puas dengan makanannya atau karena kucing kekurangan makanan. Kucing melihat hal ini sebagai kesempatan yang tak boleh di sia-siakan.

 

Cara Mencegah Agar Kucing Tak Mencuri Makanan

Untuk mencegah kucing supaya tak mencuri makanan maka kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Menempatkan makanan di tempat yang aman dan sulit di jangkau kucing

  • Sering berinteraksi dengan kucing

  • Memberikan kucing porsi makan yang cukup sehingga kucing kenyang

  • Memberikan kucing mainan agar ia tak bosan

  • Mengobati penyakit cacingan kucing


Kesimpulan

Meskipun terkadang menyebalkan, kebiasaan kucing yang terkadang suka mencuri makanan dapat di maklumi karena ini merupakan bagian dari naluri alami kucing. Naluri alami kucing ini akan tetap ada meskipun kucing adalah kucing rumahan.

Inilah mengapa sebagai pemilik kucing kita mesti paham akan hal ini dan melakukan beberapa tindakan pencegahan agar kucing tak mencuri makanan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url