5 Penyebab Kenapa Kucing Menggeram Saat Ada Kucing Lain

Kucing adalah hewan yang unik dan penuh dengan perilaku menarik. Salah satu perilaku yang mungkin menarik perhatian kita adalah kucing akan mengeram ke kucing lainnya yang berada di sekitarnya.

 

Penyebab Kenapa Kucing Menggeram Saat Ada Kucing Lain

 

Menggeram merupakan satu dari banyak cara komunikasi yang umum di pakai oleh kucing, tetapi mengapa kucing menggeram kepada sesama kucing lainnya ? Tentunya hal ini membuat banyak dari kita penasaran untuk mengetahui apa alasan yang membuat kucing melakukan ini.

Nah bagi sobat Anggora yang penasaran akan hal ini maka sobat wajib membaca tulisan di bawah ini. Baca hingga akhir ya sobat

 

5 Penyebab Kenapa Kucing Menggeram Saat Ada Kucing Lain

Menggeram umum di lakukan oleh kucing dan biasanya hal ini erat kaitannya dengan ketidaknyamanan kucing ataupun sebagai peringatan agresi ( penyerangan ) yang akan kucing lakukan.

Menggeram pada kucing pastinya tak akan terjadi tanpa sebab penyebab yang tak pasti. Biasanya hal ini di sebabkan oleh penyebab tertentu. Nah setahu Anggora ada beberapa macam  penyebab yang mungkin menjadi penyebab utama kenapa kucing menggeram saat ada kucing lain.

Penyebab utamanya kemungkinan antara lain sebagai berikut ini :

1. Sifat Dominasi Dan Penentuan Hierarki

Salah satu alasan utama mengapa kucing menggeram kepada kucing lain adalah karena sifat dominasi ini sendiri. Kucing sering kali berusaha mendominasi kucing lainnnya untuk menentukan tingkatan ataupun hierarkinya dengan kucing lainnya yang ada di sekitarnya maupun dalam satu lingkungan yang sama.

Pendominasian ini terjadi karena secara alami kucing adalah makhluk yang memiliki struktur sosial yang kuat. Di mana dalam stuktur ini hanya terdiri dari 2 jenis kucing, yakni : kucing kuat dan kucing yang lemah.

Kucing kuat sering kali mendominasi kucing lainnya. Ketika ini terjadi umumnya kucing yang di dominasi akan menggeram untuk memperingatkan musuhnya akan posisinya dan demi untuk mempertahankan pribadinya sendiri.

 

2. Sifat Territorial

Perlu kamu ketahui bahwa kucing juga termasuk hewan yang memiliki sifat territorial, dan karena sifatnya ini maka para kucing ini cenderung akan mempertahankan wilayah yang merupakan kekuasaan mereka secara ketat.

Nah di saat para kucing merasa wilayahnya terancam oleh adanya kehadiran kucing lainnya, maka kucing yang merupakan pemilik wilayah dapat merespons dengan menggeram sebagai tanda peringatan agar kucing lain pergi dari teritorialnnya.

Kucing akan menggeram sampai kucing lain pergi dari teritorialnnya dan jika kucing lain menolak untuk pergi menjauh maka kucing pemilik wilayah tak akan segan berkelahi untuk menghajar kucing lain yang tak tahu diri di hadapannya.


3. Rasa Asing Atau Pengalaman Negatif

Kucing yang tidak terbiasa dengan interaksi sosial atau yang memiliki pengalaman negatif dengan kucing lain di masa lalu mungkin lebih cenderung menggeram saat bertemu kucing lain terutama kucing yang tak ia kenal sama sekali.

Kurangnya sosialisasi yang memadai atau paparan terhadap situasi yang menegangkan dapat menyebabkan kucing merasa tidak aman dan responsif lalu secara defensif kucing akan melakukan menggeram.


4. Kucing Merasa Tak Nyaman Atau Kucing Sedang Sakit

Sewaktu kucing sedang sakit ataupun kucing sedang merasa tak nyamanan, atau sedang mengalami kondisi tertentu maka kucing mungkin juga akan menggeram ketika melihat kucing lainnya berusaha mendekatinya.

Perilaku ini bisa jadi adalah respom alami yang kucing lakukan demi melindungi diri mereka sendiri dan menunjukkan bahwa ia sedang tak ingin diganggu. Dalam situasi seperti ini, penting bagi pemilik untuk memperhatikan tanda-tanda lain pada kucing.

Seperti tanda yang menunjukkan ketidaknyamanan pada kucing, seperti perubahan perilaku, kurangnya nafsu makan, atau gerakan yang kaku. Ini kita lakukan untuk mengetahui apakah kucing sedang sakit atau cuma sedang badmood saja.


5. Kucing Sedang Stres atau  Merasa Tegang

Sewaktu Kucing sedang dalam keadaan stres atau sedang merasakan ketegangan emosional, kucing juga dapat cenderung menggeram kepada kucing lain. Banyak hal yang mempengaruhi stress pada kucing.

Faktor-faktor seperti perubahan lingkungan, kehadiran orang baru, atau perubahan dalam rutinitas sehari-hari dapat menjadi penyebab stres pada kucing. Menggeram menjadi cara bagi mereka untuk mengekspresikan ketidaknyamanan mereka dan merasa lebih aman.

 

Kesimpulan

Kebiasaan menggeram pada kucing adalah perilaku yang bisa di bilang relatif umum di antara para kucing dan beberapa hal yang baru saja Anggora tuliskan di atas adalah beberapa hal yang mendasarinya.

Sifat dominasi dan penentuan hierarki, sifat teritorial, rasa asing atau pengalaman negatif, rasa tak nyaman, rasa sakit, perasaan stress dan tegang dapat menyebabkan kucing menggeram kepada kucing lain.

Karena itulah penting bagi kita sang pemilik kucing untuk memahami sifat alami yang dimiliki kucing dan memberikan lingkungan yang aman,nyaman dan mendukung bagi kucing peliharaan kesayangan kita.

Jika kucing terus menggeram atau menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan yang lain, ada baiknya pemilik segera berkonsultasi dengan dokter hewan. Mungkin itu saja mengenai apa penyebab kucing menggeram ke kucing lain. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url