5 Alasan Kenapa Kucing Suka Tidur Telentang

Kita semua tahu bahwa salah satu aktivitas yang biasa kucing liar ataupun kucing peliharaan kesayangan kita lakukan adalah tidur. Kucing bisa menghabiskan setengah dari kesehariannya untuk tidur. Setahu Anggora sendiri kucing bisa menghabiskan waktunya untuk tidur di atas 20 jam sehari.

 

Alasan Kenapa Kucing Suka Tidur Telentang


Bicara soal kucing yang suka menghabiskan waktunya untuk tidur, pastinya kita semua sering melihat kucing tidur melingkar ataupun tidur dengan meluruskan badannya. Tidur dengan cara ini adalah hal umum bagi kucing dan merupakan hal normal dalam pandangan kita.

Namun lain halnya dengan kucing tidur dalam posisi telentang, ini sangat tak biasa bagi kita. Melihat hal ini tentunya kita akan bertanya-tanya mengapa kucing tidurnya dalam posisi ini, tidurnya mirip dengan cara tidur manusia yang suka tidur telentang.

Lalu kenapa sih kucing terkadang suka tidur telentang ? Bagi sobat Anggora yang penasaran ingin tahu alasannya maka sobat wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir.


5 Alasan Kenapa Kucing Suka Tidur Telentang

Bagi mereka yang yang baru saja memelihara kucing atau jarang melihat kucing tidur dalam posisi telentang, memang sangat mengherankan dan membuat mereka akan penasaran atas hal ini. Sebenarnya kucing tidur telentang cuma di sebabkan beberapa alasan sederhana saja.

Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri ada 5 alasan kucing suka tidur telentang, alasannya yakni :

1. Karena Terbiasa

Beberapa kucing akan senang tidur dengan kondisi telentang hanya karena mereka terbiasa akan hal ini. Umumnya ini sering kali terjadi pada kucing yang dari sejak ia kecil hingga dewasa, ia sudah terbiasa tidur dalam posisi ini.

Karena sudah terbiasa tidur dengan posisi ini maka jikalau mereka tak tidur dengan telentang maka mereka malah merasa aneh dan akan kesulitan untuk tidur. Kebiasaan kucing ini bisa terjadi karena faktor alami ataupun dari faktor majikannya yang mempengaruhi cara tidurnya ( melatihnya tidur dengan posisi aneh ).


2. Merasa Nyaman Dan Juga Aman

Kenyamanan juga merupakan salah satu alasan kucing suka tidur telentang. Itulah mengapa beberapa kucing tak jarang akan tidur dalam posisi telentang. Oh iya faktor keamanan juga turut mempengaruhi hal ini.

Kita tahu bahwa kucing adalah hewan yang sangat waspada ketika akan sekelilingnya. Kucing cenderung akan tidur dalam posisi melingkar atau lurus dengan bagian bawah perut terlindungi namun ini berbeda ketika kucing merasa aman.

Ketika kucing merasa aman maka kucing akan memutar balikkan tubuhnya dan tidur dalam posisi terlentang. Kucing hanya melakukan ini ketika ia merasa aman dan acuh tak acuh dengan kondisi sekitarnya.


3. Kucing Meregangkan Tubuhnya

Sewaktu kucing tidur terkadang kucing akan berputar dan meregangkan tubuhnya. Ini akan membuat kucing berada dalam posisi terlentang sehingga kucing seolah senang tidur dalam posisi ini. Padahal sebenarnya kucing cuma meregangkan tubuhnya dan lupa untuk kembali tidur dalam posisinya yang semula.


4. Kucing Sedang Hamil

Posisi tidur ini juga seringkali di lakukan oleh kucing betina yang sedang hamil. Umumnya tidur dengan terlentang sering kali di lakukan oleh kucing yang sedang hamil besar. Sementara untuk kucing yang sedang hamil kecil, Setahu Anggora sendiri, kucing hamil kecil jarang melakukannya.

Alasan kucing hamil besar sering tidur dengan posisi ini mungkin karena kucing tak nyaman tidur dengan menindih perutnya dan induk kucing merasa bahwa bayinya tak aman. Karena itulah kucing hamil besar terkadang akan memilih tidur dalam posisi ini.


5. Karena Ada Sandaran

Coba perhatikan deh di mana kucing kamu sedang tidur. Jika kucing tidur dekat benda seperti dinding, lemari ataupun benda lainnya di saat ia tidur telentang maka inilah alasan mengapa kucing tidurnya telentang.

Sebagian kucing sangat senang tidur sambil telentang ketika di sekitarnya ada benda yang bisa menahan tubuhnya dalam posisi telentang. Mereka mungkin nyaman ketika tidur dalam posisi ini.


Jadi ketika kucing kamu tidur telentang maka alasannya mungkin adalah salah satu dari alasan yang Anggora tuliskan diatas. Kini kamu sudah tahu kan apa alasan kucing suka tidur telentang. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url