Kucing Kedinginan Setelah Di Mandikan, Normalkah ? Ternyata Ini Jawabannya !

Memandikan kucing adalah salah satu kegiatan wajib yang mesti di lakukan oleh pemilik kucing. Tak seperti manusia kucing tak boleh mandi setiap harinya. Ada waktu tertentu kucing boleh di mandikan yakni setiap 2 minggu sekali.

 

Kucing Kedinginan Setelah Di Mandikan


Oh iya memandikan kucing harus di lakukan minimal 2 kali dalam sebulan atau maksimal 3 kali dalam sebulan. Tidak boleh dari itu karena akan ada dampak negatif tersendiri yang berlaku pada kucing bila kita memandikannya terlalu berlebihan.

Dampaknya dapat berupa :

  • Bulu kucing mudah rontok

  • Bulu kucing tidak lembut

  • Warna bulu kucing tampak kusam atau tak indah

  • Bulu kucing menipis

  • Kucing mengalami iritasi kulit

  • Kucing mengalami kebotakan

  • Dan sejenisnya

 

Itulah mengapa kita tak boleh memandikan kucing kita secara berlebihan cukup 2-3 dalam sebulan saja memandikannya. Bicara soal memandikan kucing, pastinya kita tahu bahwa setelah kucing di mandikan pastinya kucing akan kedinginan.

Bagi mereka yang sudah berpengalaman dalam memandikan kucing tentunya mereka akan tahu mengenai hal ini dan apa yang mesti di lakukan di saat kucing sedang kedinginan sesaat setelah di mandikan. Namun bagi mereka yang masih pemula tentu tak tahu apa yang mesti di lakukan.

Bagi kamu yang ingin tahu seputar hal ini dan ingin tahu bagaimana sikap kita ketika kucing kedinginan maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca sampai akhir ya sobat Anggora.

 

Kucing Kedinginan Setelah Di Mandikan, Normalkah ?

Kedinginan setelah mandi adalah hal yang normal bagi setiap hewan peliharaan, termasuk kucing. Ini wajar terjadi pada kucing mengingat tubuhnya mengalami perubahan dari suhu normal menjadi turun beberapa derajat.

Jadi kamu tak perlu khawatir akan hal ini karena ini adalah suatu yang wajar dan normal bagi kucing.

 

Apakah Ini Berbahaya Bagi Kucing ?

Ini bisa berbahaya ataupun tak berbahaya bagi kucing, hal ini tergantung kondisi tempat kucing tersebut berada. Contohnya bila kucing yang kedinginan sesudah di mandikan berada pada lingkungan dengan suhu udara yang cukup hangat maka hal ini tidaklah berbahaya.

Tetapi sebaliknya kalau kucing yang kedinginan sesudah di mandikan berada pada lingkungan dengan suhu udara yang cukup dingin maka ini bisa berbahaya bagi si kucing. Kucing yang kedinginan bisa mengalami Hipotermia. Jangan anggap remeh Hipotermia.

Bila kucing mengalami Hipotermia dan di biarkan begitu saja tanpa di tangani maka bukanlah tak mungkin kucing kamu akan mengalami kematian. Banyak kasus di mana pemilik yang membiarkan kucing mereka kedinginan sesudah di mandikan, mereka kehilangan kucing mereka akibat Hipotermia.

Bukannya mereka tak punya perasaan dan membiarkan kucing menderita karena kedinginan. Tetapi ini lebih mengarah kepada ketidaktahuan mereka akan hal ini. Mereka mengira bahwa jikalau kucing kedinginan bukanlah hal yang berbahaya dan tak akan membuat kucing mati.

Mereka mengira bahwa kalau kucing kedinginan setelah di mandikan maka mereka hanya akan kedinginan saja dan kedinginan ini hanya akan berlangsung sementara saja pada kucing. Namun mereka tak tahu bahwa pada kondisi tertentu ini dapat membuat kucing mengalami Hipotermia.

Ketika kucing mereka mengalami Hipotermia lalu mati. Barulah di saat itu mereka sadar bahwa tindakan mereka salah lalu menyesalinya dengan air mata kesedihan karena mereka telah kehilangan kucing mereka akibat kelalaian mereka sendiri.

Itulah mengapa ketika kamu memandikan kucing, mandikanlah dengan cara yang benar dan jangan lakukan secara sembarangan.

 

Ketika Kucing Kedinginan Setelah Di Mandikan Apa Yang Mesti Di Lakukan ?

Sewaktu kucing kedinginan sesudah di mandikan maka yang mesti kita lakukan adalah :

  • Apabila tubuh kucing masih basah maka kita wajib mengeringkan tubuh kucing terlebih dahulu

  • Lalu setelahnya barulah kita menghangatkan tubuh kucing

  • Kamu bisa mengeringkan tubuh kucing sekaligus menghangatkannya dengan menggunakan Hair Dryer, Blower, Meja Penghangat dan benda-benda sejenisnya

  • Selain menggunakan alat-alat di atas, kamu pun dapat memanfaatkan alat penghangat ruangan seperti Air Conditioner untuk membantu menghangatkan tubuh kucing kamu. Atur alat penghangat ruangan ke suhu yang hangat lalu setelahnya tempatkan kucing kamu di sana beberapa saat sampai kucing tak lagi kedinginan. Oh iya awasi kucing kamu saat kamu meletakkan ia di ruangan berpenghangat, saat ia sudah tak lagi kedinginan maka sebaiknya segera turunkan suhu ruangan untuk menghindari kucing kepanasan dan membuatnya mengalami dehidrasi

  • Bila kamu tak memiliki alat pengering, alat penghangat ruangan dan sejenisnya maka kamu bisa mencoba cara alternatif lainnya untuk menghangatkan tubuh kucing kamu. Kamu bisa memanfaatkan kardus bekas kemudian meletakkan beberapa kain tebal di dalamnya lalu masukkan kucing kedalam kardus tersebut. Setelah kucing kamu masukkan ke dalam kardus tadi lalu selimuti kucing dengan beberapa kain tebal lainnya. Konsepnya mirip dengan membuat tempat tidur kucing sekaligus memberinya selimut hangat. Dengan cara ini kamu dapat membuat kucing kamu merasa hangat. Oh iya saat kamu menggunakan cara ini pastikan tubuh kucing benar benar kering ya, soalnya kalau tubuhnya basah maka kain yang ada dalam kardus dan kain yang di akan di gunakan sebagai selimut akan ikutan basah tentunya ini akan mempersulit proses penghangatan tubuh kucing dan bukannya menghangatkan tetapi ini malah membuat kucing tetap kedingan

  • Ada satu lagi cara yang bisa kamu lakukan untuk menghangatkan tubuh kucing kamu yakni menggunakan perapian. Kalau di dalam rumah kamu ada perapian maka kamu dapat memanfaatkan perapian ini untuk mengeringkan tubuh kucing sekaligus menjaga tubuhnya tetap hangat sesaat ia telah di mandikan. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mendekatkan tubuh kucing ke dekat perapian sembari mengeringkan tubuhnya dengan kain kering. Hati-hati saat mendekatkan tubuh kucing ke perapian, jangan terlalu dakat karena takutnya bulu kucing kamu bisa terbakar oleh bara api. Setelah tubuh kucing kering total dan kucing tak lagi kedinginan maka kamu bisa melepaskan kucing kamu.

 

Itulah dia pembahasan mengenai normalkah kucing kedinginan setelah di mandikan dan apa yang mesti kita lakukan di saat kucing kedinginan sesudah di mandikan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url