Apakah Kucing Boleh Makan Daging Ayam Mentah Dan Daging Ikan Mentah ? Ternyata Ini Jawabannya !

Banyak dari kita yang mungkin menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan di rumah. Alasan kenapa kita memelihara kucing bisa bervariasi dan tergolong sederhana seperti kita menyukai kucing, memelihara kucing karena kasihan, untuk penghilang stress, agar rumah tak sepi, untuk teman di rumah dan sebagainya.


Apakah Kucing Boleh Makan Daging Ayam Mentah Dan Daging Ikan Mentah

 

Apapun alasannya selama kita memelihara kucing dengan sangat baik maka itu tak masalah. Bicara soal memelihara kucing, pastinya ada beberapa poin penting yang mesti kita perhatikan. Salah satu contoh poin penting tersebut adalah kita tak boleh asal memberi kucing makanan.

Kenapa ? Karena takutnya bila memberi kucing makan sembarangan maka si kucing bisa jatuh sakit nantinya. Tentu saja kita tak ingin kucing kita sakit karena kelalaian kita. Ada beberapa jenis makanan yang umumnya sering di berikan pada kucing.

Seperti daging ayam, daging sapi, ikan dan sejenisnya. Di antara makanan tersebut makanan yang paling sering di berikan ke kucing adalah daging ayam dan ikan. Keduanya sering di berikan ke kucing sebagai makanan kucing.

Di berikan dalam keadaan mentah ataupun dalam keadaan matang. Kalau dalam keadaan matang mungkin kita tahu bahwa ini boleh di berikan ke kucing tapi bagaimana dengan daging ayam yang mentah atau daging ikan yang mentah.

Apakah kucing boleh makan daging ayam mentah dan daging ikan mentah ? Bagi sobat Anggora yang ingin tahu jawabnya bisa membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Daging Ayam Mentah ?

Banyak dari kita yang mungkin asal memberikan daging ayam pada kucing. Kita memberikannya dalam keadaan mentah pada kucing. Karena kucing menyukainya dan mau memakannya jadi tak masalah menurut kita memberikannya pada kucing.

Selain itu kita berpikir bahwa kucing adalah hewan karnivora dan daging ayam mengandung protein hewani yang baik bagi kucing sehingga tak masalah memberikan daging ayam dalam kondisi mentah padanya. Padahal sebenarnya tak seperti itu.

Daging ayam dalam keadaan mentah tak boleh di berikan kepada kucing. Ini berbahaya bagi kesehatan kucing. Kucing yang memakannya dapat menderita gangguan kesehatan. Umumnya gangguan kesehatan yang terjadi pada kucing akibat memakan daging ayam mentah erat kaitannya dengan pencernaan.

Gangguan tersebut dapat berupa :

  • Diare

  • Mual

  • Cacingan

  • Pup bercacing

  • Pup berdarah

  • Dan lainnya

 

Pada awalnya kucing yang di beri makan daging ayam mentah akan tampak tak terpengaruh. Kucing akan terlihat tetap riang dan sehat. Namun seiring berjalannya waktu dan kita sering kali memberikan kucing daging ayam mentah maka perubahan akan terjadi pada kucing.

Nafsu makan kucing akan meningkat namun bukannya semakin gemuk, tubuh kucing lamban laun akan semakin kurus. Bukan cuma itu saja kucing pun akan mengalami diare atau kotoran-nya menjadi sangat cair atau lembek. Perubahan perilaku pada kucing juga terjadi.

Kucing menjadi pemalas dan kucing akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tiduran. Bila kucing di biarkan terus menerus seperti ini maka akan tak mungkin bagi kucing untuk kehilangan nyawanya. Memang sih butuh waktu lama kucing akan kehilangan nyawa nya.

Namun dalam fase ini, kucing yang di biarkan dan tak segera di obati akan cukup menderita atas gangguan kesehatan yang ia derita. Karena itulah sangat tak di sarankan memberikan daging ayam mentah pada kucing.

Bila kamu hendak memberikan kucing kamu makan daging ayam sebaiknya berikan kucing kamu daging ayam yang telah di masak matang dan di berikan dalam keadaan tanpa bumbu makanan. Ini agar kucing bisa makan dengan lahap dan sehat dan menghindari resiko keracunan yang di sebabkan oleh bumbu tertentu.

Contohnya seperti bawang merah yang dapat merusak sel darah merah kucing karena mengandung zat sulfoksida dan disulfida.

 

Lalu Bagaimana Dengan Daging Ikan Mentah Bolehkah Di Berikan Kepada Kucing ?

Hal serupa juga berlaku pada daging ikan mentah. Daging ikan mentah tak boleh di berikan pada kucing. Ini bisa mengganggu kesehatan kucing dan gangguan tersebut serupa dengan gangguan kesehatan yang di derita oleh kucing yang selalu di beri makan daging ayam mentah.

Kucing yang di beri makan daging ikan mentah akan mengalami mencret, cacingan dan pup berdarah serta gangguan lainnya yang erat kaitannya dengan pencernaan kucing. Jadi sebelum kamu ingin beri kucing makan ikan sebaiknya masak matang ikan dahulu dan masak tanpa bumbu.

Lalu setelahnya kamu dapat memberikan kucing kamu makan ikan dengan perasaan tenang dan tanpa khawatir kucing akan mengalami gangguan kesehatan tertentu.

 

Bila Kita Terlanjur Memberi Kucing Daging Atau Ikan Mentah, Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Jika telah terlanjur memberikan kucing makan daging mentah maka kamu hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Awasi kucing dan lihat apakah ada perubahan tertentu padanya seperti nafsu makan kucing meningkat atau kucing lebih sering tidur maka kucing di pastikan memiliki masalah gangguan kesehatan tertentu yang terkait dengan pencernaannya

  • Cara terbaik ketika kita yakin kucing mengalami masalah pencernaan adalah dengan membawanya langsung ke dokter hewan untuk di obati

  • Bila kamu ingin mengobati kucing secara mandiri di rumah kamu dapat memberi kucing obat cacing khusus kucing

  • Berikan kucing obat cacing lalu dalam seminggu lihatlah apa ada perubahan yang terjadi pada kucing

  • Lihatlah perubahan tertentu seperti kotoran kucing yang tadinya cair kini kembali keras atau ada banyak cacing tampak di kotoran kucing maka ini berarti kondisi kucing membaik

  • Lanjutkan pemberian obat cacing sampai kucing sembuh

 

Oh iya bila setelah kamu mengobati kucing di rumah secara mandiri dengan obat cacing lalu kondisi kucing tak membaik atau semakin parah maka sebaiknya bawa kucing berobat ke dokter hewan terdekat

 

Itulah dia pembahasan mengenai apakah boleh memberikan kucing daging ayam mentah dan daging ikan mentah. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat pembaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url