7 Penyebab Kenapa Kucing Liar Terus Mengikuti Kita

Kucing merupakan salah satu dari banyak hewan yang di jadikan hewan peliharaan di Indonesia. Karena itulah kita sering menemukan kucing di beberapa rumah tetangga atau kerabat kita dan orang orang-orang sekitar kita.

 

Penyebab Kenapa Kucing Liar Terus Mengikuti Kita


Bukan cuma itu saja di lingkungan sekitar kita tinggal pun tak jarang kita juga akan menemukan hewan yang satu ini sebagai hewan liar. Ketika kucing menjadi hewan liar, kucing umumnya tak akan suka berada di dekat manusia.

Kucing akan cenderung menjauh dari manusia. Meskipun kucing liar mendekati manusia, mereka hanya mendekatinya saat melihat makanan dan mereka tak berani berada di dekatnya. Mereka akan menunggu kita memberi makanan sisa atau menunggu kita membuang makanan padanya.

Namun terkadang ada beberapa kucing liar yang berani mendekati manusia. Mereka tampak tak ketakutan pada manusia dan bahkan mereka akan mengikuti kita ke mana pun kita pergi. Ketika kita di ikuti pastinya kita akan merasakan keheranan.

Kita akan bertanya-tanya kenapa kucing liar mengikuti kita. Apalagi bagi mereka yang tak suka dengan kucing maka hal ini tentu saja membuat mereka bingung. Lalu mengapa kucing liar mengikuti kita, apa alasannya ? Bagi sobat Anggora yang ingin tahu, sobat bisa mengetahuinya di tulisan Anggora ini.

 

7 Penyebab Kenapa Kucing Liar Mengikuti Kita

Seperti yang kita tahu bahwa kucing liar sangat cukup sulit untuk di dekati. Sebelum kita sampai di dekat mereka, biasanya kucing liar sudah berlari duluan kabur menjauhi kita. Namun ada saat di mana kita akan di ikuti oleh kucing liar.

Ketika ini terjadi tentulah akan terbesit tanda tanya di pikiran kita, seperti kenapa kucing liar malah mengikuti saya padahal biasanya mereka takut manusia atau kenapa kucing liar mengikuti saya padahal saya kan tidak suka kucing.

Ada beberapa penyebab kenapa kucing liar mendekati kita. Berdasarkan sepengetahuan Anggora beberapa penyebab tersebut antara lain :

1. Kamu Sedang Membawa Makanan

Penyebab pertama kenapa kucing liar mengikuti kita terus adalah karena pada saat itu kita sedang membawa makanan. Meskipun kucing liar terkesan tak suka dekat dengan manusia namun itu pengecualian kalau di sana ada makanan.

Kucing liar yang tertarik dengan bau makanan tentunya akan berusaha mencari sumber bau tersebut dengan harapan bahwa ia akan menemukan sesuatu yang ia bisa makan. Karena kebetulan bau makanan itu berasal dari kamu yang membawa makanan maka kucing liar pun mengikuti kamu.

Karena itulah ketika kucing liar mengikuti kamu dan kamu sedang membawa makanan maka bisa di pastikan bahwa kucing mengikuti kamu karena tertarik dengan makanan yang kamu bawa. Bila ini adalah alasan kucing liar mengikuti kamu maka sebaiknya sisihkan sedikit makanan untuk ia makan.

 

2. Kamu Bau Makanan

Mungkin kamu baru saja makan sesuatu dan tanpa kamu sadari ada sedikit makanan yang menempel di pakaian kamu yang membuat bau tubuh kamu ada bau makanannya. Karena penciuman kucing cukup tajam dan bau itu menarik perhatiannya maka ia pun mengikuti kamu.

Kamu bisa mengetahui apakah benar ini penyebabnya dengan cara berdiam diri sebentar lalu biarkan kucing liar ini mendekati kamu. Bila ia mendekati kamu kemudian mengendus-endus pakaian kamu lalu menjilatinya, itu berarti memang bau makanan ini adalah penyebabnya.

 

3. Kucing Kelaparan

Ketika kucing liar sangat kelaparan, kucing liar yang tadinya tak mau mendekati manusia kini terpaksa harus mendekati mereka karena mereka sangat merasa kelaparan. Dengan melakukan ini mereka berharap dapat makanan dari orang yang mereka minta.

Di saat kamu melihat kucing liar mendekati kami terlihat lapar dan kurus sebaiknya berilah sedikit makanan padanya. Walaupun mereka hanya dapat sedikit makanan setidaknya bagi mereka makanan ini bisa menghilangkan rasa lapar mereka meskipun itu hanyalah bersifat sementara.

 

4. Kucing Kehausan

Penyebab selanjutnya mengapa kucing liar berjalan ikut dengan kita adalah karena si kucing kehausan. Bila kamu melihat ada kucing liar yang mengikuti kamu maka cobalah memberikan ia sedikit air minum. Letakkan air minum di mangkuk kecil kemudian berikan padanya.

Bila kucing meminum air tersebut, kucing pasti sangat kehausan. Oh iya saat memberi kucing air minum beri juga makanan pada kucing. Supaya si kucing tak cuma menghilangkan rasa dahaganya tetapi juga bisa menghilangkan rasa laparnya dan melanjutkan hidupnya.

 

5. Kucing Mengira Kamu Induknya

Apakah kucing liar yang mengikuti kamu adalah anak kucing atau kucing yang belum dewasa ? Bila iya maka kucing mengikuti kamu itu karena ia mengira bahwa kamu adalah induknya. Ini biasa sering terjadi pada anak kucing yang ada di jalanan.

Apalagi jika sewaktu kamu bertemu dengan anak-anak kucing lucu ini kamu berinteraksi dengan mereka seperti mengelus-elus kepala mereka atau bermain bersama dengan mereka maka ini bisa membuat kucing mengira bahwa kamu adalah induknya.

Sesaat setelah kamu ber-interaksi dengan anak kucing mereka akan mengikuti kamu kemanapun kamu pergi.

 

6. Kamu Orang Baik

Kucing bisa membedakan mana orang yang baik atau bukan dengan sekali interaksi. Bila mereka melihat kamu sangat ramah dan baik kepada mereka serta sering memberi mereka makan dengan melakukan street feeding maka ini akan membuat kucing liar senang mengikuti kamu.

Mereka juga sering melakukan hal ini untuk menyampaikan salam perpisahan atau mereka mengikuti kamu karena mereka sebenarnya tak mau berpisah dengan orang baik seperti kamu.

 

7. Kucing Ingin Kamu Adopsi

Ketika kucing menyukai kamu dan menganggap bahwa kamu adalah orang yang baik dan bertanggung jawab maka kucing melakukan hal ini supaya kamu mau mengadopsi ia dan menjadikan ia hewan peliharaan kamu.

Namun sebaliknya bila kucing liar tak ingin kamu adopsi maka sesaat setelah kamu ber-interaksi dengannya maka si kucing akan cuek saja dan berdiam di tempat. Kucing tak akan mempedulikan kamu sama sekali atau mengikuti kamu ketika kamu meninggalkannya.

 

Apa Yang Mesti Kita Lakukan Ketika Kucing Liar Mengikuti Kita Terus ?

Ketika kucing liar mengikuti kamu ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan. Berikut ini beberapa di antaranya :

  • Sekedar memberi makan kucing agar ia tak kelaparan

  • Sekedar memberi kucing minum agar ia tak kehausan

  • Menjadikannya hewan peliharaan kamu


Apapun itu yang kamu lakukan itu tergantung kehendak kamu sendiri bahkan jikalau kamu ingin meninggalkan kucing begitu saja tanpa memberinya makan atau minum itu terserah pada kamu. Tapi ingatlah bahwa setiap kebaikan akan ada balasnya dan bila kamu melewatkan kesempatan ini untuk berbuat baik, besar kemungkinan di kemudian hari kamu akan menyesalinya.


Itulah dia beberapa penyebab atau alasan kenapa kucing liar mengikuti kita terus. Dengan ini kamu jadi tahu apa saja penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url