9 Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Tidur ?

Kucing memiliki pesona yang mana sering kali membuat kita tertarik dalam memperhatikannya. Pesona tersebut seperti kucing sangat menyukai kotak kardus dan sejenisnya, jago berburu dan beberapa perilaku lainnya.

 

Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Tidur


Selain itu kucing juga terkenal dengan hobinya yang sering tertidur. Karena hobinya yang satu ini maka ketika kucing berperilaku sebaliknya seperti kucing jarang tidur, ini akan membuat pemiliknya menjadi keheranan.

Pemilik kucing yang mengalami situasi ini tentunya akan bertanya-tanya apa yang membuat kucing tidak mau tidur. Lalu kenapa kucing gak mau tidur meskipun kita telah melakukan berbagai cara untuk menidurkannya ?

Nah bagi sobat Anggora yang ingin tahu jawabnya maka sobat dapat membaca tulisan Anggora ini.

 

6 Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Tidur

Apakah kucing kamu sulit tidur atau sama sekali gak mau tidur ? Jika iya, jangan berprasangka buruk dulu terhadap kondisi kucing. Mungkin saja hal ini di karenakan beberapa alasan tertentu. Sebelum mengambil kesimpulan, ada baiknya kamu tahu dulu apa penyebab kucing tak mau tidur.

Lalu apa alasan yang membuat kucing tak mau tidur. Setahu Anggora beberapa alasannya adalah sebagai berikut :

1. Kebutuhan Tidur Si Kucing Sudah Terpenuhi

Sebelum kita melangkah ke hal yang jauh, lebih baik kita paham dulu kebutuhan tidur si kucing. Sama dengan manusia, kucing pun punya waktu tidurnya tersendiri dan ketika waktu tidur ini terpenuhi maka kucing tak akan butuh tidur lagi.

Umumnya kucing dalam sehari akan tidur sekitar 12 hingga 16 jam setiap hari, sementara kucing yang masih anak-anak ( kitten ) tidur hingga 20 jam dalam sehari hari. Jumlah tidur yang lebih tinggi pada anak kucing berkaitan dengan fase pertumbuhan mereka yang pesat.

Jadi , ketika kucing kamu susah tidur atau gak mau tidur meskipun sudah dipaksa, bisa jadi kucing kamu sudah cukup tidur sehingga ia enggan untuk tidur lagi.


2. Masalah Lingkungan

Lingkungan juga dapat menjadi faktor penentu yang membuat kucing tidak mau tidur. Contohnya adalah sewaktu kucing berada dalam lingkungan yang bising, tak nyaman dan tak aman maka ini akan membuat kucing enggan untuk tidur.

Ini di karenakan suasana lingkungan ini membuat kucing menjadi cukup waspada sehingga ia memilih untuk tetap terjaga.

 

3. Suhu Udara

Selain masalah lingkungan, masalah suhu udara pun dapat menjadi alasan kucing gak mau tidur. Pada suhu yang panas kucing akan cenderung terjaga dan sebaliknya, pada suhu udara yang dingin kucing malah cenderung menghabiskan waktunya untuk beristirahat dengan tidur.

 

4. Kurang Kelelahan

Seperti yang kita telah tahu bahwa kucing adalah hewan yang aktif secara alami. Ini membuat kucing aktif bergerak kesana kemari untuk bermain, berburu ataupun menjelajahi lingkungan sekitar tempat ia tinggal.

Namun bagaimana kalau aktivitas kucing ini masih belum cukup dan tak membuat kucing cukup kelelahan ? Tentu saja ini akan membuat kucing bermasalah dan kucing akan menjadi kesulitan untuk sekedar tidur.


5. Masalah Kesehatan

Kucing kamu mungkin punya masalah kesehatan yang mana membuat ia sulit tidur. Contohnya masalah kesehatan seperti insomnia atau sleep apnea juga dapat mempengaruhi kucing. Penyakit atau kondisi medis lainnya seperti sakit gigi, penyakit jantung, atau gangguan hormonal juga dapat mengganggu tidur kucing.

 

6. Faktor Umur

Faktor umur juga dapat mempengaruhi masalah tidur kucing. Ketika kucing sudah berumur lanjut usia maka pola tidur mereka akan berubah. Kucing mungkin akan sedikit tidur atau tidurnya menjadi terpecah-pecah.

 

7. Kondisi Emosional Kucing

Kucing juga punya kondisi emosional yang mana ini dapat mempengaruhi tidur kucing. Beberapa kondisi emosional yang dapat mempengaruhi tidur kucing adalaah stress, kecemasan ataupun ketidaknyamanan.

 

8. Pola Tidur Alami Kucing

Kucing memiliki pola tidur alaminya sendiri dan pola tidur kucing ini sendiri sangat berbeda dengan pola tidur manusia. Kucing merupakan hewan polifasi yang mana itu berarti kucing akan tidur dalam beberapa episode tidur singkat selama 24 jam.

Sehingga ini membuat terlihat seperti kucing tidak tidur sepanjang hari, padahal mereka tidur dalam episode tidur singkat yang berulang-ulang.


9. Pergeseran Pola Waktu Tidur Kucing

Seperti yang Anggora baru saja sebutkan di atas bahwa kucing memiliki pola tidur alaminya sendiri. Ada saatnya di mana tidur kucing mengalami pergeseran pola waktu tidur. Ketika pola tidur alami kucing ini bergeser maka ini membuat kucing tampak tak pernah tidur.

Padahal sebenarnya saat kita sedang tidur atau sedang tak ada disisinya, kucing sedang asyik tidur dengan sangat nyenyak.


Itulah dia beberapa alasan yang membuat kucing tak mau tidur atau susah tidur. Kalau kucing kamu saat ini sedang tak mau tidur maka bisa jadi penyebabnya adalah beberapa hal di atas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url