Apakah Boleh Memandikan Kucing Setiap Hari ? Ini Penjelasannya !

Sebagai pemilik kucing tentunya kita ingin memberikan perawatan yang terbaik untuk kucing peliharaan kesayangan kita. Hal ini kita lakukan agar kucing peliharaan kita tetap ceria dan sehat yang mana ini juga akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi kita.


Apakah Boleh Memandikan Kucing Setiap Hari


Salah satu perawatan yang umumnya kita lakukan pada kucing untuk menjamin kesehatan tubuhnya adalah memandikannya. Dengan rutin memandikan kucing, tubuh kucing akan tetap terjaga bersih dan juga kesehatan kulit serta tubuhnya juga ikut terjaga.

Terkait dengan memandikan kucing, pastinya pernah terpikirkan oleh kita untuk memandikan kucing kesayangan setiap harinya. Secara logika mungkin ini terlihat sangat baik dalam pikiran kita, kita berpikir bahwa dengan melakukan ini tubuh kucing akan semakin terjaga dari virus, bakteri ataupun parasit.

Lalu apakah yang kita pikirkan ini benar dan bolehkah kucing di mandikan setiap harinya ? Nah untuk mengetahui jawaban ini, sobat Anggora wajib membaca tulisan ini sampai akhir.

 

Apakah Boleh Memandikan Kucing Setiap Hari ?

Semakin sering kucing mandi maka kebersihan tubuh kucing akan semakin terjaga begitu pula dengan kesehatannya. Mungkin itulah yang pikiran sederhana kita pikirkan sebagai pemilik kucing yang baik.

Namun faktanya tidak demikian, kenyataannya malah berbanding terbalik 180 derajat dari apa yang kita pikirkan. Kucing sebenarnya tak boleh di mandikan setiap hari. Memandikan kucing setiap hari malah akan memberi pengaruh buruk terhadap tubuh serta kesehatannya.

Apalagi untuk kucing yang memiliki penyakit medis tertentu, ini bukan cuma akan memperburuk kondisi sakitnya tetapi juga bisa membuat kucing kehilangan nyawanya. Berdasarkan sepengetahuan Anggora ada beberapa efek samping yang mungkin timbul dari memandikan kucing setiap hari.

Beberapa efek samping tersebut antara lain :

  • Memandikan kucing setiap hari bisa membuat minyak alami yang melapisi bulu kucing menghilang yang mana ini dapat membuat kulit kucing kering dan kulit iritasi.

  • Bulu kucing menjadi semakin tipis akibat zat kimia yang ada pada shampo

  • Kucing mengalami kerontokan bulu

  • Imun tubuh kucing menurun yang membuat kucing mudah sakit

  • Dan lainnya


Setelah membaca mengenai efek samping memandikan kucing setiap hari di atas maka kita dapat menyimpulkan bahwa kucing tak boleh di mandikan setiap hari. Menurut dokter hewan, memandikan kucing yang paling di rekomendasikan adalah sekitar 2-3 dalam satu bulan.

Meskipun kucing tak boleh di mandikan setiap harinya namun ada kondisi di mana kamu dapat sering memandikan kucing yakni ketika tubuh kucing benar-benar sangat kotor dan kotoran pada tubuhnya tak bisa kita toleransi lagi.

Contohnya adalah ketika kucing menderita penyakit tertentu seperti, alergi, dermatitis, atau infestasi parasit, tubuh kucing penuh lumpur kotor atau ketika tubuh kucing berbau busuk ( bau busuk yang bukan di hasilkan oleh tubuh kucing yang sakit ).

Ketika tubuh kucing mengalami 3 hal di atas maka kamu bisa memandikan kucing lebih dari 3 kali dalam sebulan. Kondisi di atas membuat kamu boleh memandikan kucing lebih dari 3 kali dalam sebulan namun tetap saja kucing tak boleh di mandikan setiap hari.

 

Alternatif Lain Untuk Membersihkan Tubuh Kucing

Bagi kamu yang tetap bersikeras ingin membersihkan tubuh kucing namun tak bisa memandikan kucing setiap harinya maka kamu kamu dapat mencoba alternatif lainnya untuk membersihkan tubuh kucing kamu.

Beberapa alternatif untuk membersihkan tubuh kucing selain memandikannya sebagai berikut :

1. Sisir Bulu kucing Secara Teratur

Menyisir bulu kucing juga merupakan salah satu perawatan yang bisa kamu coba untuk membersihkan tubuh kucing. Untuk membersihkan tubuh kucing kamu dapat menyisir tubuhnya dengan rutin setiap harinya.

Banyak manfaat yang kucing kamu dapatkan bila rutin menyisir bulunya. Beberapa manfaatnya yakni : 

  • Menyingkirkan bulu rontok penyebab Hairball

  • Menghilangkan kotoran di bulu serta tubuh kucing

  • Mencegah masalah akibat Hairball

  • Merangsang produksi minyak alami

  • Menjaga kulit dan bulu tetap sehat


2. Membersihkan Area Yang Di Rasa Kotor Saja

Terkadang tubuh kucing hanya kotor sedikit di area tertentu saja. Untuk membersihkannya kamu tak perlu capek-capek memandikannya. Kamu cukup membersihkan bagian yang sedikit kotor tadi saja menggunakan kain basah atau tisu basah.

Pastikan tak mencampurkan bahan lainnya yang berbahaya ke tisu atau kain yang di gunakan untuk membersihkan kucing. Oh iya untuk tisu pembersih yang di gunakan kamu bisa membeli tisu khusus kucing yang banyak di jual di pasaran atau kamu dapat menggunakan tisu biasa.

Sebelum menggunakan tisu biasa, pastikan bahwa tisu di buat dengan bahan alami sehingga tak akan membahayakan kulit kucing ketika kita gunakan.

 

3. Menjaga Kebersihan Lingkungan Tempat Kucing Tinggal

Untuk membuat kucing tetap bersih maka kamu tak perlu harus sering-sering membersihkan tubuhnya. Kamu pun dapat melakukannya dengan memastikan bahwa tempat tinggal kamu bersih dari kotoran.

Selain itu pastikan juga bahwa kandang kucing, peralatan kucing dan tempat di mana kucing sering berada juga bersih serta higienis.

 

4. Berkonsultasi Dengan Dokter Hewan

Bila setelah melakukan beberapa hal di atas kamu masih memiliki keraguan tentang kebersihan serta kondisi kulit kucing kamu, tak ada salahnya kamu mengkonsultasikan hal ini dengan dokter hewan. Dokter akan memberitahukan kondisi kucing kamu dan memberikan nasehat terbaik akan hal ini.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat Anggora yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url