Kenapa Kucing Persia Suka Tidur Di Lantai ? Ternyata Ini Alasannya !

Siapa sih yang gak kenal dengan kucing Persia. Ya benar, kucing ras yang satu ini adalah jenis kucing ras cukup populer di Indonesia dengan ciri khas wajah bulat, hidung pesek, bulu panjang dan memiliki ekor yang terbilang lebat.

 

Kenapa Kucing Persia Suka Tidur Di Lantai ?


Selain itu kucing ini pun terkenal dengan wibawa dan keanggunannya. Meskipun kucing ini cukup berwibawa serta anggun namun tetap saja terkadang kucing suka tidur di lantai. Kucing terlihat cukup nyaman tidur di lantai.

Melihat kebiasaan kucing Persia yang suka tidur di lantai, beberapa pemilik mungkin heran akan hal ini dan bertanya-tanya dalam hati mengapa kucing Persia kesayangan mereka sangat suka tidur di lantai di bandingkan tidur di karpet, sofa, kasur pemiliknya ataupun kasur miliknya sendiri.

Untuk menghilangkan rasa heran ini sekaligus menjawab pertanyaan pemilik tentang kucingnya yang suka tidur di lantai maka sobat Anggora wajib membaca tulisan ini.

 

Kenapa Sih Kucing Persia Suka Tiduran Di Lantai ?

Kucing ras terkenal dengan beberapa kelebihannya dan juga harganya yang mahal, terutama kucing Persia yang mana harga anaknya saja bisa mencapai di atas satu jutaan untuk anak kucing Persia dengan ras murni.

Karena alasan inilah beberapa pemilik menganggap bahwa kucing Persia harus berbeda dengan kucing biasa dan heran ketika kucing kesayangan mereka tidur di lantai. Bukan cuma bagi beberapa pemilik saja, bagi mereka yang baru saja memelihara kucing hal ini juga tergolong mengherankan.

Sebenarnya hal ini bukanlah hal yang aneh bagi kucing dan ini cukup normal. Sama dengan kucing lainnya, kucing Persia juga tidur di lantai karena beberapa alasan tertentu. Adapun alasannya antara lain sebagai berikut :

1. Kebiasaan Kucing

Alasan pertama mengapa kucing Persia sangat suka tiduran di lantai adalah karena faktor kebiasaan. Bila semenjak kecil kucing sudah di biasakan tidur di lantai maka perilaku ini akan terbawa hingga kucing tumbuh dewasa.

Bila kamu tak merawat kucing sedari kecil dan mengadopsinya saat ia remaja, untuk memastikan bahwa penyebab utama perilaku ini adalah karena kebiasaan kucing maka kamu bisa mencoba menanyakan hal ini pada pemilik sebelumnya.

Jika pemilik sebeumnya berkata iya maka ini penyebab kucing Persia kamu suka tidur di lantai. Jika pemilik sebelumnya berkata tidak, mungkin saja penyebabnya adalah penyebab selanjutnya yang ada di bawah ini.


2. Suhu Yang Lebih Dingin

Kucing Persia sangat mudah merasakan kepanasan terutama di saat suhu udara cukup panas. Ini karena kucing jenis ini memiliki bulu yang lebih panjang dengan komposisi bulu yang lebih lebat di bandingkan dengan beberapa jenis kucing lainnya.

Karena itulah ketika kucing jenis ini merasakan kepanasan maka kucing akan cenderung memilih tidur di tempat-tempat yang mereka anggap mampu menstabilkan suhu tubuh mereka. Tempat seperti lantai rumah dan lantai kamar mandi yang basah seringkali menjadi tempat tidur favorit mereka di kala suhu udara di sekitar mereka cukup panas.


3. Insting Alami Kucing

Apakah kamu tahu bahwa bukan cuma kucing Persia saja yang senang tiduran di lantai tetapi jenis kucing lainnya bahkan kucing kampung sekalipun menyukai hal ini. Mengapa keseluruhan kucing suka hal ini ?

Jawabnya adalah karena insting alami kucing yang mana insting alami ini ada dan tetap ada dalam diri mereka yang akan terus di wariskan dari generasi lama ke generasi terbaru.

 

4. Tidur Di Lantai Cukup Menyegarkan

Kebanyakan kucing Persia yang tidur di lantai biasanya akan tidur di dekat pintu ataupun di bawah jendela. Bagi kucing tidur di kedua tempat ini bisa mendinginkan tubuh mereka sekaligus memberikan mereka sensasi menyegarkan.

Sensasi menyegarkan ini berasal dari hembusan angin yang melintas melalui bawah pintu ataupun hembusan angin yang masuk melalui jendela yang kita biarkan terbuka.


5. Permukaan Lantai

Selain karena beberapa alasan di atas, kucing Persia juga suka berbaring di lantai karena permukaannya yang bisa di bilang keras yang mana hal ini bagi beberapa kucing merupakan hal yang nyaman di bandingkan tidur di tempat yang empuk.


6. Kepribadian Kucing

Kepribadian kucing pun turut serta dalam mempengaruhi hal ini. Beberapa kucing memiliki kriteria mereka sendiri mengenai tempat mereka tidur. Jadi ketika kucing persia kamu merasa bahwa tidur di lantai adalah tempat yang paling aman dan nyaman baginya maka ia akan tidur di sana.

Meskipun kamu melarang ataupun memarahi kucing agar tak tidur di lantai, tetap saja karena hal ini kucing akan lebih memilih tidur di sana.


7. Kewaspadaan

Kewaspadaan kucing juga mempengaruhi hal ini. Meskipun kucing persia saat ini hanyalah kucing rumahan namun karena garis keturunan predatornya maka kucing akan selalu waspada akan lingkungan sekitar mereka saat ini berada.

Dengan tidur di lantai, kucing bisa memantau seluruh area di sekitarnya sehingga jikalau kucing merasa bahwa ada hal yang aneh serta berbahaya maka kucing bisa langsung lari untuk menyelamatkan dirinya.

 

Walaupun kucing Persia di kenal dengan kucing yang cantik dan mahal namun tetap saja terkadang kucing akan tidur di lantai. Kucing tidur di lantai seperti saudara-saudari kucing lainnya yang berbeda ras dengannya.

Oh ya perlu kamu ingat perilaku kucing ini adalah perilaku yang normal untuk kucing Persia lakukan terutama di lakukan oleh kucing Persia yang sehat. Mungkin itu saja pembahasan mengenai kucing Persia yang senang tidur di lantai.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat Anggora yang membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url