Kenapa Kucing Muter Muter Sendiri ? Ternyata Ini Alasannya !

Kucing dijuluki hewan yang random. Karena apa ? Karena kucing senang melakukan hal yang di luar ekspektasi dan di luar kebiasaannya pada umumnya. Kucing senang melakukan hal yang tak terduga bahkan terkadang mereka suka melakukan hal-hal yang terbilang cukup gila dan berbahaya.

 

Kenapa Kucing Muter Muter Sendiri


Karena perilakunya ini maka tak jarang kucing bisa membuat kita merasakan berbagai perasaan mulai dari marah, tertawa senang, jengkel atapun khawatir akan tingkah lakunya. Selain itu tingkah random kucing ini juga dapat membuat kita menjadi keheranan dan bertanya-tanya akan perilakunya.

Salah satu perilaku random kucing yang dapat membuat kita sebagai pemilik keheranan sekaligus bertanya-tanya adalah kucing terkadang suka muter muter sendiri. Bagi sobat Anggora yang penasaran mengapa kucing melakukan hal ini maka sobat wajib membaca tulisan di bawah sampai akhir.


Kenapa Kucing Muter Muter Sendiri ?

Ada kalanya kucing peliharaan kesayangan kita akan melakukan suatu hal yang menurutku kita tak biasa, sehingga ini membuat kita merasa heran. Contohnya adalah kucing kadang kadang suka mutar-mutar sendiri.

Kenapa sih kucing terkadang melakukan hal ini ? Berdasarkan pengalaman Anggora ada alasan kucing melakukan hal ini. Alasannya antara lain :

1. Kucing Sedang Bermain Dengan Ekornya

Jika kucing kamu muter-muter sendiri sembari memegang atau menangkapi ekornya maka kucing kamu saat itu mungkin tengah bermain dengan ekornya. Ketika kucing bermain dengan ekornya sendiri, tak jarang kucing akan melakukan gerakan berputar-putar di tempat ia sedang berada.

Umumnya perilaku ini sering di lakukan oleh kucing yang masih berusia muda yakni kucing remaja dan anak kucing. Kucing remaja mungkin sesekali melakukan hal ini di bandingkan anak kucing yang sering bermain dengan ekornya.


2. Kucing Sedang Menghilangkan Rasa Gatal Di Ekornya

Alasan kedua kenapa kucing muter-muter sendiri adalah karena ia sedang menghilangkan rasa gatal pada ekornya. Ketika ekor kucing gatal, umumnya kucing akan menggigiti ekor tersebut sampai rasa gatalnya hilang.

Kalau kucing kesulitan menjangkau ekor yang hendak ia gigit, kucing akan berputar-putar terus-menerus sampai ia menjangkau ekor tersebut. Jadi, kalau kucing kamu menggigit ekornya lalu berputar-putar maka alasannya kucing berputar adalah karena ia sulit menggapai ekornya dengan mulutnya.


3. Makhluk Kecil Yang Hinggap Di Ekornya

Seperti yang kita tahu bahwa kucing termasuk hewan karnivora karena itulah kucing memiliki jiwa berburu atau memangsa di dalam dirinya sewaktu ia melihat mangsanya ada di dekatnya. Sifat alami kucing ini bisa memicu perilaku kucing muter-muter sendiri.

Untuk memastikan apakah benar bahwa ini adalah pemicunya maka coba perhatikan dengan seksama kucing, bila kamuj melihat di sekitar kucing atau tangan kucing ada makhluk kecil maka memang inilah alasan kucing kamu mutar-mutar sendirian.

Kucing kamu berputar-putar mungkin karena ia sedang berusaha menangkap makhluk kecil yang hinggap di ekornya. Makhluk kecil tersebut bisa berupa kutu, lalat, kecoa, semut dan beberapa makhluk kecil lainnya.

 

4. Ekor Kucing Basah

Alasan terakhir mengapa kucing suka muter-muter sendirian adalah karena ekornya basah. Kucing menjilati ekornya yang basah untuk mengeringkannya namun karena ada bagian yang sulit di jangkau maka terkadang kucing akan mutar-muter sendiri sampai ia berhasil menjangkaunya.

Kejadian yang membuat kucing muter-muter ini sangat mirip dengan alasan nomor dua di atas yang membedakan cuma tujuan kucing saja.

 

Apakah Hal Ini Bisa Berkaitan Dengan Penyakit ?

Sejauh yang Anggora ketahui perilaku kucing yang satu ini tak ada kaitannya sama sekali dengan jenis penyakit tertentu, dengan catatan bahwa si kucing sedang dalam keadaan sehat dan beraktivitas seperti biasanya.

Bila ada yang mengatakan bahwa kucing mungkin menderirta distemper, cedera kepala, ataksia, virus, dehidrasi dan sejenisnya maka hal ini salah. Umumnya ketika kucing mengalami beberapa penyakit di atas ada beberapa tanda umum seperti :

  • Kucing tak nafsu makan

  • Kucing tampak sakit

  • Kucing lemas dan lebih sering tidur 

  • Kucing jalan sempoyongan

  • Kucing sulit bergerak

  • Dan lainnya


Beberapa penyakit di atas tak ada yang menunjukkan ciri bahwa kucing suka mutar-muter sendiri adalah pertanda bahwa kucing sedang sakit. Oleh karena itu kamu bisa tenang dan tak perlu khawatir akan masalah ini.


Apa Yang Mesti Kita Lakukan Jika Kucing Melakukan Hal Ini ?

Melihat dari beberapa alasan di atas, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat kita lakukan :

  • Kita bisa mengabaikan kucing dan membiarkan kucing tetap melakukannya selama kita merasa bahwa hal tersebut tak akan membahayakan kesehatan atau nyawa si kucing

  • Kita bisa menghentikan kucing melakukan hal ini dan menjauhkan kucing dari penyebab ia melakukannya dengan alasan kesehatan kucing dan keselamatan dirinya sendiri. Contohnya membuang kecoa yang menjadi penyebab utamanya karena bila kucing berhasil menangkapnya maka kucing dapat mengalami masalah kesehatan seperti kucing sulit mengeong, masalah pencernaan seperti diare bahkan kucing dapat mengalami keracunan.


Mungkin itu saja pembahasan kali ini. Kini kamu sudah tahu kan apa saja yang membuat kucing terkadang suka muter-muter sendirian. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url