Bolehkah Kucing Tidur Di Lantai ? Ternyata Ini Jawabannya !

Banyak dari kita yang telah tahu bahwa kucing merupakan hewan yang senang menghabiskan sebagian dari hidupnya dengan tidur. Kucing bisa tidur di mana saja yang inginkan, selama itu nyaman bagi mereka maka kucing akan tetap tidur di tempat yang ia mau.

 

Bolehkah Kucing Tidur Di Lantai


Biasanya kucing suka tidur di kasur, sofa, di atas perangkat elektronik, di tempat tinggi dan yang paling sering adalah kucing senang tidur di lantai. Baik itu lantai yang bersih ataupun lantai yang kotor serta berpasir, kucing senang tidur di sana.

Melihat kucing yang senang tidur di lantai tentunya banyak dari kita yang pernah bertanya-tanya dalam hati akan hal ini. Pertanyaan tersebut bisa seperti apakah kucing boleh tidur lantai atau apakah bahaya kucing tidur di lantai ?

Untuk menjawab pertanyaan ini, pada kesempatan kali ini Anggora akan membahas hal ini. Semua yang di tuliskan di bawah ini adalah berdasarkan pengalaman Anggora sendiri dan ilmu yang Anggora dapatkan dari berbagai informasi yang terpercaya.

Baca tulisan Anggora sampai akhir ya sobat supaya kamu dapat memahaminya sepenuhnya.

 

5 Alasan Kucing Tidur Di Lantai

Kucing sebenarnya punya alasan tersendiri mengapa ia tidur di lantai. Karena tanpa ada alasannya, mustahil kucing mau tidur di sana, Setahu Anggora sendiri ada beberapa alasan yang membuat kucing senang tidur di lantai, alasannya adalah sebagai berikut :

1. Cuaca Sedang Panas

Sewaktu suhu udara sedang panas, kamu akan lebih sering melihat kucing kesayangan kamu tidur di lantai. Kucing melakukan hal ini karena kucing merasa kepanasan dan dengan tidur di lantai kucing merasa bahwa tubuhnya jauh lebih baik serta rasa panas yang ia rasakan berkurang atau menghilang.


2. Kucing Baru Kembali Dari Luar Rumah

Coba perhatikan deh kucing kamu yang baru saja kembali dari luar rumah. Kucing pastinya akan lebih sering tidur di lantai. Alasannya mungkin sederhana yakni kucing lelah berjalan seharian di luar rumah dan ketika ia sampai ke rumah kucing akan memutuskan untuk tidur.

Karena terlalu lelah, kucing tak akan memikirkan di mana ia akan tidur. Selama tempat itu aman dan nyaman dan bisa menghilangkan rasa lelahnya dengan segera maka kucing akan tidur di lantai meskipun lantainya mungkin agak kotor.

 

3. Mendinginkan Tubuhnya

Selain karena merasa lelah, kucing juga melakukan hal ini untuk mendinginkan tubuhnya. Umumnya ini di lakukan kucing karena ia kepanasan setelah ia kembali dari luar rumah atau pada saat cuaca di hari itu sedang sangat panas.

 

4. Kucing Terbiasa Tidur Di Lantai

Kebiasaan juga merupakan salah satu faktor yang membuat kucing suka tidur di lantai. Kalau kucing sedari kecil memang sudah biasa tidur di lantai maka kebiasaan ini akan terus ada sampai kucing dewasa.

Jadi, kalau kucing kamu senang tidur di lantai maka kebiasaan adalah faktor penyebabnya atau alasan utama kucing melakukannya.


5. Kucing Sedang Sakit

Alasan yang terakhir adalah kucing kamu sedang sakit. Kalau kucing kamu tampak lemas, tak mau makan atau tak mau minum dan sering kali tidur di lantai yang basah atau kotor maka besar kemungkinan kucing kamu sedang sakit.

Di saat kucing kesayangan kamu sedang sakit maka sebaiknya segera bawa kucing berobat ke dokter hewan agar segera sembuh.

 

Lalu Bolehkah Kucing Tidur Di Lantai ?

Kebanyakan kucing memang senang tidur di lantai. Tak peduli apapun jenis kucingnya, mau itu kucing Anggora, Persia, Munchkin, Mainecoon, Bengal atau bahkan kucing lokal ( kucing kampung ) sekalipun, kucing-kucing ini akan senang tidur di lantai.

Melihat kucing yang tidur di lantai, banyak dari kita yang masih baru dalam memelihara kucing akan melihat ini sebagai hal yang tak baik bagi kucing dan bertanya-tanya dalam hati apakah kucing boleh tidur di lantai.

Lalu apakah kucing boleh tidur di lantai ? Setahu Anggora tak ada larangan mengenai kucing tidur di lantai selama kucing tidur di lantai yang aman, yakni kucing tidak tidur di dekat lantai yang ada kabel listriknya yang mana bisa berpotensi membuat kucing tersetrum.

Kucing juga tak tidur di lantai yang sering kita lewati karena takutnya kucing tak sengaja terinjak, kucing tak tidur di dekat benda tajam di lantai, kucing tak tidur tepat di bawah benda yang mudah jatuh yang mana jika benda ini jatuh dapat melukai kucing dan lainnya.

Jikalau lantai tempat si kucing tergolong aman untuk tidur maka kamu boleh membiarkan kucing tetap tidur di sana tetapi jika tempatnya menurut kamu tak aman maka sebaiknya pindahkan saja kucing ke tempat lainnya.

Selain memperhatikan keamanan kucing, kebersihan juga merupakan hal yang penting. Perhatikan apakah lantai tempat si kucing tiduran bersih atau tidak. Kalau lantainya basah atau tak bersih sebaiknya pindahkan kucing ke tempat lainnya.


Adakah Bahaya Kucing Tidur Di Lantai ?

Tidur di lantai tidak memiliki bahaya tertentu selama kucing tidur di lantai yang bersih dan jauh dari benda-benda berbahaya seperti kabel listrik, pisau atau benda tajam lainnnya, kucing tak tidur di lantai yang mana sering kita lewati dan sebagainya.

Satu hal lagi yang mesti kita perhatikan adalah kucing yang tidur di lantai adalah kucing yang sehat. Kalau kucingnya sakit maka tidur di lantai bisa saja memperburuk kondisi kesehatan kucing. Contohnya kucing pada kucimng yang sedang mengalami flu, demam dan penyakit sejenisnya.

Selama kucing sehat dan lantai di mana kucing berada aman maka tidak akan ada bahaya yang di timbulkan oleh kucing tidur di lantai. Kamu bisa membiarkan kucing tidur dengan tenang dan senang di lantai.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai alasan kucing tidur di lantai, apakah kucing boleh tidur di lantai dan bahayakah kucing tidur di lantai. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url