6 Cara Agar Kucing Mau Melahirkan Di Kardus

Ketika kucing hamil maka tentu saja kucing akan melahirkan. Biasanya kucing akan melahirkan setelah hamil selama 2 bulan atau lebih tepatnya sekitar 60-65 hari. Pada saat kucing akan melahirkan, kucing akan menunjukkan perilaku tertentu.

 

Cara Agar Kucing Mau Melahirkan Di Kardus

 

Perilaku tersebut dapat berupa kucing mulai mencari tempat tertentu untuk bersarang ( melahirkan ) terlihat gelisah, mondar-mandir kesana kemari, mengeong-ngeong sendirian ataupun mengeong-ngeong ke arah kita, menggigit lalu menyeret kucing lainnya ke tempat tertentu dan sebagainya.

Ketika melihat kucing menunjukkan perilaku di atas maka tentunya sebagai pemilik yang baik kita akan menyiapkan tempat khusus untuk si kucing melahirkan. Mulai dari tempat khusus yang terbuat dari kayu, plastik ataupun yang sederhana seperti kardus ( card box ).

Sayangnya walaupun kita telah menyediakan tempat melahirkan khusus yang nyaman bagi kucing namun terkadang beberapa kucing tidak mau melahirkan di tempat yang di sediakan, terutama di tempat seperti kardus.

Mereka malah lebih memilih melahirkan di tempat-tempat lainnya yang lebih kotor dan tak baik menurut kita. Lalu bagaimanakah cara agar kucing mau melahirkan di tempat yang kita sediakan, terutama di kardus.

Bagi kamu yang ingin tahu caranya maka kamu dapat mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca Sampai akhir ya Sobat Anggora.


6 Cara Agar Kucing Mau Melahirkan Di Kardus

Mungkin saat ini kucing kamu sedang ingin melahirkan dan kamu telah menyediakan tempat khusus yakni kardus untuk tempatnya melahirkan namun si kucing tak mau melahirkan di sana. Kucing tetap bersikukuh untuk melahirkan di tempat yang ia inginkan.

Sebenarnya membuat kucing mau melahirkan di kardus bisa dengan mudah kamu lakukan, selama kamu tahu bagaimana caranya. Lalu caranya bagaimana ? Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri ada beberapa cara agar kucing mau lahiran di kardus, caranya antara lain :

1. Gunakan Kardus Yang Cukup Besar

Kalau kamu ingin kucing kamu melahirkan di kardus yang kamu sediakan maka sebaiknya jangan gunakan kardus yang ukurannya terlalu sempit atau bahkan kardus yang ukurannya pas-pasan. Gunakanlah kardus yang cukup besar.

Sebaiknya gunakan kardus yang memiliki besar 3 kali lipat tubuhnya. Ini agar si kucing nyaman berada di dalamnya dan mencegah kucing tanpa sengaja menimpa anaknya. Dengan memakai kardus yang cukup besar maka si kucing pastinya akan mau melahirkan di dalamnya.


2. Gunakan Kardus Yang Kering

Jangan gunakan kardus basah untuk tempat kucing kamu yang akan melahirkan karena ketika kucing masuk ke dalam kardus lalu ia merasa sekujur tubuhnya basah maka kucing akan langsung pergi dari dalam kardus tersebut.

Jangankan kucing, bila manusia di beri tempat melahirkan yang basah maka tentunya mereka akan menolaknya secara tegas. Gunakanlah kardus yang kering agar si kucing mau tetap berada di sana untuk melahirkan.


3. Gunakan Kardus Yang Tidak Bau

Kalian pastinya tahu bahwa kucing punya penciuman super tajam. Penciuman kucing ini sangat amat tajam bahkan bisa di bilang 2 kali lipat lebih baik dari kita manusia. Jika kamu menyiapkan kardus yang sangat bau untuknya maka tentu si kucing tak akan mau menerimanya.

Bau busuk yang tercium akan sangat mengganggu di hidungnya. Ini adalah alasan yang membuat ia menolak untuk melahirkan di dalam kardus itu. Jadi, saat kucing hendak melahirkan sediakanlah kardus yang tidak bau.


4. Alasi Kardus Dengan Kain

Kebanyakan kucing menyukai tempat yang lembut. Mereka menyukai tempat-tempat ini di saat mereka sedang duduk, berbaring ataupun tiduran. Bahkan kucing juga menyukai tempat yang lembut untuk melahirkan.

Itulah mengapa ketika kucing akan melahirkan tak jarang kucing akan masuk ke dalam lemari pakaian dan berdiam di sana untuk melahirkan. Agar kucing mau diam dan melahirkan di kardus, sebaiknya kamu alasi bagian dalam kardus dengan kain.

Buat kardus senyaman mungkin dengan menambahkan beberapa kain di dalamnya dan pastikan kamu menggunakan kain yang bersih dan tak bau agar si kucing senang berada di dalamnya.


5. Letakkan Kardus Di Tempat Yang Kucing Inginkan

Cobalah perhatikan di mana kucing kamu akan melahirkan. Bila kucing ingin melahirkan di dekat lemari pakaian maka letakkanlah kardus di sana, bila kucing ingin melahirkan di bawah meja maka letakkanlah kardus di sana dan lakukan hal yang sama di tempat lainnya.

Jikalau kamu tak meletakkan kardus di tempat yang ia inginkan maka kamu melakukan hal yang sia-sia karena kucing tak akan mau melahirkan di sana. Ia tak akan mau melahirkan di sana meskipun kamu memaksanya.


6. Temani Kucing Saat Kucing Hendak Melahirkan

Sewaktu kucing akan melahirkan umumnya kucing akan menyeret kucing lainnya dengan cara menggigit lehernya untuk menemaninya ke tempat di mana ia akan melahirkan. Bila tak ada kucing lain di sekelilingnya maka si kucing akan mengeong minta kita temani.

Cobalah untuk menemani kucing beberapa saat di dekat kardus yang telah kamu siap sediakan. Kamu akan melihat kucing akan diam di dalam kardus dan bersiap-siap untuk melahirkan anak-anaknya.

Bila kucing tak kunjung melahirkan juga di saat kamu telah menemaninya dan kamu lelah menemaninya, maka kamu dapat menempatkan kardus di dekat kamu agar kamu tak repot menemaninya dan agar si kucing dapat melahirkan.


Itulah dia pembahasan mengenai cara agar kucing mau melahirkan di dalam kardus. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url