Bolehkah Kucing Makan Roti Tawar ? Ini Penjelasannya !

Tentunya kita semua tak asing lagi dengan yang namanya roti. Makanan yang satu ini bukanlah hal yang asing lagi bagi kita masyarakat Indonesia. Bahkan beberapa di antara kita mungkin ada yang sering mengkonsumsi makanan ini sebagai cemilan atau bahkan sebagai makanan utama.


Bolehkah Kucing Makan Roti Tawar. Ini Penjelasannya.

 

Sewaktu sedang mengkonsumsi roti, beberapa dari kita, Cat Lovers pastinya pernah atau sering memberi kucing roti sebagai cemilan untuknya. Alasan kita memberi kucing roti karena alasan yang sederhana yakni kucing meminta roti dan kita pun memberikannya.

Lalu ketika kita memberi kucing roti maka kucing dengan lahapnya memakan roti yang baru saja kita berikan padany. Melihat kucing yang bahagia mekan roti tentu saja hal ini membuat kita semakin senang memberikan kucing makan roti.

 

Bolehkah Kucing Makan Roti Tawar ?

Saat kamu memberikan kucing roti sebagai makanan kucing, pernahkah terlintas di dalam pikiran kamu pertanyaan seperti bolehkah kucing makan roti ?

Pastinya kamu pernah memikirkannya bukan dan saat ini kamu di sini juga mungkin karena ingin mencari tahu jawaban mengenai hal ini. Untuk mengetahui apakah kucing boleh makan roti atau tidak, kamu bisa membaca tulisan di bawah ini hingga akhir.

 

Sedikit Informasi Mengenai Roti

Sebelum masuk ke pembahasan utama maka tak ada salahnya Anggora membahas sedikit mengenai roti. Roti adalah sejenis makanan yang biasanya dibuat dari adonan tepung terigu dan air yang dimasak.

Istilah "roti" juga digunakan untuk menggambarkan makanan serupa yang terbuat dari berbagai bahan seperti tepung, gandum kasar, biji-bijian dan dedak. Beberapa jenis roti di luar negeri menggunakan leavening agent seperti ragi atau baking powder untuk memberikan tekstur yang lebih lembut.

Roti dapat dimakan segera atau dipanggang lagi, dan kadang-kadang digoreng. Roti dapat memiliki berbagai bentuk dan warna, dengan variasi di berbagai daerah di seluruh dunia. Di daerah tertentu, roti juga berfungsi sebagai simbol kultural, dan kebiasaan membeli dan menyajikan roti bisa didasarkan pada tradisi tertentu.

 

Mengapa Pemilik Kucing Suka Memberi Kucing Roti Sebagai Makanan ?

Mungkin ada beberapa alasan mengapa orang lain atau pemilik kucing akan memberikan kucing roti sebagai makanan. Beberapa alasannya yakni :

  • Orang lain / Pemilik kucing mungkin percaya bahwa roti sangat bergizi untuk hewan peliharaannya

  • Anggapan bahwa roti lebih baik dari pada makanan lain seperti daging  yang cenderung memiliki kandungan lemak tinggi, yang tidak dianjurkan untuk hampir semua jenis kucing.

  • Roti adalah makanan murah dan praktis untuk kucing

  • Kebanyakan orang tak mengerti cara merawat kucing dengan tepat

  • Kebanyakan orang tak mengenal betul makanan apa saja yang seharusnya boleh dan tak boleh dimakan oleh kucing

  • Dalam pikiran mereka yang tak paham merawat kucing roti adalah makanan alternatif murah yang bisa menghemat pengeluaran

 

Apakah Kucing Suka Makan Roti ?

Kucing suka roti karena tekstur halusnya yang lembut dan menurut kucing roti adalah makanan yang dapat di makan ( tidak berbahaya untuk di makan ). Alasan lainnya kucing menyukai roti mungkin karena isian yang ada di atas ataupun di dalamnya.

Contohnya roti dengan isian kelapa, kebanyakan kucing sangat menyukai roti jenis ini. Mereka akan sangat senang memakan roti jenis ini dan akan melahapnya sampai mereka merasa cukup memakannya.

Ketiga alasan ini merupakan alasan utama yang membuat kucing suka makan roti berdasarkan pengalaman Anggora.

 

Lalu Apakah Kucing Boleh Makan Roti Termasuk Roti Tawar ?

Tidak, kucing tidak boleh makan roti kecuali kalau roti tersebut adalah roti tawar. Ini karena roti yang ada topping atau isiannya seperti coklat, selai, stroberry, kopi dan sejenisnya mengandung zat yang bisa membahayakan kesehatan kucing.

Jadi kalau kamu hendak memberi kucing roti sebaiknya beri roti tawar saja dan berikan roti sedikit saja untuk kucing. Lebih baik lagi lagi kalau kamu tidak memberi kucing makan roti dan mengganti roti dengan makanan sehat yang khusus untuk kucing, seperti fish meal, daging hewan, dan sayuran tertentu.

 

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Ketika Memberi Kucing Makan Roti

Pemberian roti pada kucing tak boleh di berikan sembarangan. Ada beberapa hal tertentu yang perlu kamu perhatikan saat hendak memberi kucing makan roti. Beberapa di antaranya, antara lain :

  1. Pastikan roti yang diberikan ke kucing adalah roti tawar

  2. Pastikan roti yang diberikan ke kucing telah dingin atau tidak panas

  3. Hindari memberikan roti yang terlalu banyak garam atau mengandung bumbu kepada kucing karena dapat menyebabkan kerontokan bulu kucing ataupun keracunan pada kucing

  4. Pastikan bahwa roti tak berbintik coklat atau berjamur

  5. Gunakan jenis roti yang disukai oleh hewan, seperti roti dengan rasa jeruk atau roti yang di campur makanan sehat yang di sukai kucing

  6. Pastikan roti hanya di jadikan cemilan bukanlah makanan pokok untuk kucing peliharaan

  7. Atur porsi roti untuk kucing. Beri secukupnya saja jangan kebanyakan

  8. Jangan paksa kucing anda makan rotinya jika ia tidak ingin, biarkan ia makan sendiri dengan sukarela.


Dengan memperhatikan hal di atas maka kamu bisa memberikan roti ke kucing kamu tanpa khawatir kucing kamu akan jatuh sakit.


Jika Kucing Jatuh Sakit Karena Baru Saja Memakan Roti Apa Tindakan Kita ?

Kucing bisa saja jatuh sakit karena baru saja memakan roti. Umumnya hal ini terjadi karena pemberian roti yang telah kadaluarsa atau telah rusak, pemberian roti berjamur, roti sebelumnya telah di hinggapi oleh hewan pembawa penyakit seperti tikus dan sejenisnya dan roti terkena cairan berbahaya dan termakan oleh kucing.

Jika kucing kamu jatuh sakit karena baru saja memakan roti maka sebaiknya segera membawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Selain itu, makanan kucing juga harus beralih ke sebuah diet yang sehat dan jangan memberikan kucing roti atau makanan manusia.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah kucing boleh makan roti. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat bagi sobat Anggora yang membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url