Kucing Makan Donat Apakah Boleh ? Ternyata Ini Jawabannya !

Donat merupakan salah satu jenis makanan yang di sukai banyak orang. Ini karena makanan yang satu ini punya bentuk yang yang unik, tekstur yang lembut, memiliki rasa yang enak, punya pilihan topping sesuai selera dan cocok di makan dengan beberapa jenis minuman tertentu

 

Kucing Makan Donat Apakah Boleh
source image : shutterstock.com

 

Umumnya donat yang di jual di pasaran adalah donat manis, donat bertopping gula dan juga coklat. Selain itu ada juga donat dengan topping strawberry, vanilla dan sejenisnya. Sebagian dari kita mungkin sesekali akan memakan donat.

Di saat kita memakan donat tak jarang kita akan melihat kucing datang menghampiri kita. Kucing datang dan ingin makan donat bersama kita. Sebagai pemilik, melihat kucing berprilaku seperti ini tentunya membuat kita ingin membagi donat kita padanya agar kita dapat makan donat bersama sobat bulu kesayangan kita.

Namun sebelum memberikan donat ke kucing mungkin kita akan berpikir apakah kucing boleh makan donat. Kita memikirkan ini karena kita tak tahu apakah donat aman untuk di berikan ke kucing. Lalu bolehkah kucing makan donat ?

Bagi kamu yang penasaran akan hal ini, kamu dapat mengetahui jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

Beberapa Bahan Dasar Pembuatan Donat

Sama seperti makanan lainnya, donat terbuat dari beberapa campuran bahan. Umumnya donat terbuat dari :

  • Tepung terigu

  • Susu atau tepung susu

  • Telur

  • Gula

  • Ragi

  • Margarin

  • Kuning telur

 

Beberapa bahan di atas merupakan bahan dasar yang umum di gunakan untuk membuat donat. Selain bahan di atas terkadang beberapa dari kita mungkin akan menambahkan coklat, strawberry, vanilla di atas donat sebagai topping untuk menambah rasanya dan membuat donat semakin nikmat.

 

Lalu Kucing Makan Donat Apakah Boleh ?

Coba perhatikan beberapa bahan dasar yang Anggora baru saja sebutkan di atas. Menurut kamu adakah di sana bahan makanan yang berbahaya bagi kucing ? Jelas ada. Bahan tersebut antara lain adalah ragi dan susu.

Pemberian ragi dan susu ke kucing bisa menimbulkan bahaya kesehatan bagi kucing. Contohnya produk susu yang mana dapat membuat kucing yang meminumnya atau memakan-makanan yang mengandung bahan ini mengalami masalah pencernaan dan keracunan.

Masalah pencernaan dan keracunan pada kucing timbul karena adanya kandungan laktosa pada kebanyakan produk susu manusia. Rata-rata kucing intoleran akan zat ini sehingga tubuh kucing tak bisa memprosesnya dengan baik dan menimbulkan masalah bagi tubuhnya.

Hal serupa juga berlaku untuk ragi. Ragi juga tergolong berbahaya bagi kucing terutama kucing yang sedang hamil. Pemberian ragi pada kucing yang sedang hamil dapat membuat kucing mengalami keguguran dan kerusakan pada perut kucing.

Selain karena 2 bahan di atas bahan pelengkap yang di letakkan di atas donat sebagai topping seperti coklat, vanila, stroberi dan sejenisnya juga berbahaya bagi kucing. Coklat berbahaya karena mengandung theobromine.

Topping lainnya mengandung pemanis buatan ataupun ekstra buah yang tak alami. Dari beberapa hal yang Anggora ungkapkan di atas bisa kita simpulkan bahwa Donat bukanlah makanan yang baik untuk di berikan ke kucing.

Di sarankan pemilik kucing tak memberikan makanan ini pada kucing kesayang masing-masing untuk menjaga kesehatannya.

 

Lalu Bagaimana Kalau Telah Terlanjur Memberikan Makanan Kucing Sebuah Donat ?

Kalau kamu sudah terlanjur memberi kucing sedikit donat untuk di makan maka kamu jangan terlalu khawatir akan hal ini. Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah tidak memberikan donat pada kucing untuk menjaga kesehatannya.

Pemberian donat sesekali tak begitu berbahaya pada kucing dan tak akan mengancam kesehatannya. Contohnya memberi kucing makan donat tiap seminggu sekali atau sebulan sekali, ini tak akan berdampak pada kesehatannya.

Meskipun begitu sangat di sarankan untuk tak memberi kucing makan donat sama sekali demi menjaga kesehatan tubuh kucing.

 

Bisakah Kucing Sakit Karena Donat ?

Kucing bisa sakit karena di beri donat dengan catatan kita memberikan kucing makan donat setiap harinya atau dalam jarak waktu yang cukup berdekatan dan kita juga memberikan kucing makan coklat ataupun topping lainnya yang ada di atas donat.

Bila kita memberi kucing donat hanya sesekali saja dan dalam rentang waktu yang cukup berjarak serta tak memberi topping donat maka kucing tak akan sakit. Ini berdasarkan pengalaman pribadi Anggora sendiri dan juga dari pengalaman dari beberapa pemilik kucing lainnya.

Kucing yang di berikan makan donat sesekali tampak tak mengalami gangguan kesehatan tertentu dan tampak sehat-sehat saja. Walaupun kucing tak akan sakit karena di beri donat sesekali saja namun saat memberikan cemilan ke kucing sebaiknya jangan memberi donat.

Lebih baik memberikan cemilan khusus kucing atau makanan kucing saja di bandingkan memberikan kucing donat.


Kalau Kucing Sakit Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Kalau kucing sakit maka hal yang seharusnya kita lakukan adalah mengobatinya. Bawalah kucing berobat ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Obati kucing sampai ia benar-benar sembuh dan kembali aktif serta riang seperti biasanya.


Itulah dia pembahasan mengenai apakah boleh memberikan kucing makan donat. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url