6 Penyebab Yang Membuat Kucing Kebingungan

Serupa dengan manusia, kucing pun bisa merasakan yang namanya kebingungan. Kebingungan pada kucing bisa di sebabkan oleh berbagai hal dan biasanya ini di sebabkan oleh hal yang berada di sekitar lingkungan tempat kucing berada. 

 

Penyebab Yang Membuat Kucing Kebingungan

 

Lalu apa sajakah penyebab yang selalu membuat kucing kebingungan? Bagi Sobat yang penasaran ingin tahu, sobat Anggora bisa mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini. Baca sampai akhir ya sobat Anggora.

 

6 Ciri-Ciri Kucing Kebingungan

Pernahkah kamu melihat kucing kamu kebingungan ? Pastinya kamu pernah melihat kucing kesayangan kamu kebingungan. Saat kucing kebingungan biasanya kucing akan melakukan beberapa perilaku tertentu, seperti :

  • Kucing akan mondar-mandir kesana-kemari

  • Kucing terlihat mengintip-ngintip sesuatu

  • Kucing menunjukkan wajah keheranan atau wajah kucing tampak bingung

  • Kucing seperti agak ketakutan

  • Kucing mendekati sesuatu hal yang membuat ia bingung secara perlahan-lahan

  • Kucing terlihat gelisah


Bila kamu melihat kucing menunjukkan minimal 3 atau 4 ciri di atas maka bisa di pastikan kucing kamu sedang kebingungan atas sesuatu hal.


6 Penyebab Yang Membuat Kucing Kebingungan

Seperti yang telah Anggora jelaskan di atas bahwa ketika kucing sedang kebingungan pastinya ini di karenakan suatu penyebab tertentu. Mustahil kucing kesayangan kita merasa bingung tanpa ada penyebabnya.

Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri ada beberapa penyebab yang dapat membuat kucing merasa bingung. Beberapa penyebab tersebut umumnya berasal dari sekitar tempat kucing berada. Beberapa penyebab tersebut antara lain :

1. Ada Orang Asing Yang Tak Di Kenal

Ketika ada tamu yang berkunjung ke rumah kita, biasanya kucing akan terlihat kebingungan menatap tamu tersebut dan saat tamu mendekati kucing karena hendak mengelus tubuhnya maka si kucing akan berlari ketakutan.

Kucing sebenarnya bingung serta takut melihat tamu yang berkunjung adalah karena ia tak mengenali orang tersebut. Baik itu bau dan juga suara, tak ada satupun dari kedua hal tersebut yang kucing kenali. Ini membuat kucing menganggap tamu itu adalah orang asing.

Ini membuat kucing menjadi waspada dengan keberadaan tamu tersebut. Bukan cuma pada tamu saja, pada anggota keluarga yang jarang pulang ke rumah pun kucing akan menunjukkan sikap serupa. Namun kamu tak perlu khawatir akan hal ini.

Karena ketika kucing sudah terbiasa dengan keberadaan anggora keluarga yang tak ia kenal maka kucing tak akan lagi bingung ataupun takut dengan mereka.


2. Kucing Melihat Hewan Yang Asing Baginya 

Kucing bukan cuma bingung melihat orang asing namun kucing pun juga akan kebingungan ketika melihat ada hewan asing yang baginya. Ketika kucing melihat ada hewan yang jarang ia lihat maka kucing akan bingung melihatnya dan cenderung akan waspada sekaligus mengawasi hewan tersebut.

Seperti kucing milik Anggora, saat ia melihat ada monyet bergelantungan di kebun sawit yang berada di depan rumah maka si kucing tampak kebingungan namun si kucing terus mengawasi hewan tersebut dari kejauhan secara waspada.

Kucing milik Anggora cuma berani mengawasinya dari kejauhan tak berani mendekati monyet tersebut. Oh iya ini cuma berlaku untuk hewan asing yang lebih besar dari kucing, Karena kalau hewannya lebih kecil dari si kucing maka si kucing bukannya bingung dan waspada tetapi si kucing malah akan mengejar dan memburu hewan tersebut.


3. Kucing Mendengar Suara Yang Belum Pernah Ia Dengar

Kebingungan kucing juga bisa timbul karena suara. Suara tersebut adalah suara-suara yang jarang kucing dengar atau tak pernah kucing dengar sama sekali. Salah satu contohnya adalah suara gergaji mesin.

Kalau ada suara mesin gergaji yang terdengar cukup keras dan berada di sekitar rumah kita, biasanya kucing yang belum pernah sama sekali mendengar suara ini akan kebingungan serta tampak sedikit takut.

Beberapa kucing yang mendengar suara ini akan mondar-mandir untuk mencari sumber suara tersebut. Ada juga beberapa kucing lainnya yang malah sembunyi ketika kucing-kucing tersebut mendengar suara mesin gergaji tersebut.


4. Kucing Melihat Kucing Lain Di Dalam Rumah

Kucing juga akan kebingungan di saat melihat ada kucing lain di dalam rumah. Ini biasanya terjadi bagi mereka yang hanya memelihara satu kucing di rumah. Di saat ada kucing lainnya dalam rumah, baik itu kucing liar yang masuk tanpa izin ataupun kucing yang baru kita adopsi maka ini akan membuat kucing merasa kebingungan.

Kucing mungkin kebingungan karena selama ini ia belum pernah melihat ada kucing lain selain dirinya di dalam rumah. Biasanya seiring berjalannya waktu dengan sendirinya kucing akan mampu mengatasi kebingungannya.


5. Kucing Belum Terbiasa Dengan Peralatan Elektronik

Ketika kucing belum terbiasa dengan adanya barang elektronik di rumah maka kucing akan merasa bingung melihat atau mendengar benda tersebut. Beberapa benda elektronik yang bisa membuat kucing kebingungan umumnya adalah:

  • Mixer

  • Mesin penyedot Debu

  • Blender

  • Mainan remot contrrol

  • Drone

  • Mainan anak-anak

  • dan lainnya


6. Kucing Melihat Musuhnya

Kucing juga dapat kebingungan di saat ia melihat ada musuhnya yang mendekat. Kebingungan ini cenderung di picu oleh rasa takut kucing. Ini membuat kucing akan bingung hendak bersembunyi di mana saat musuhnya datang atau hendak lari kemana saat musuhnya mendekat.

Kebingungan ini hanya terjadi pada kucing yang penakut dan lebih lemah terhadap musuhnya. Untuk kucing yang pemberani dan lebih kuat dari kucing yang menjadi musuhnya, kucing tak akan kebingungan. Kucing malah akan mendekati musuhnya lalu menghajarnya habis-habisan.


Kini kamu sudah tahu apa saja yang membuat kucing kebingungan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url