Kenapa Kucing Kejang-Kejang Saat Tidur ? Ternyata Ini Jawabannya !

Sama dengan manusia, kucing pun butuh tidur untuk mengistirahatkan tubuhnya. Namun berbeda dengan manusia, kucing memiliki waktu tidur yang jauh lebih banyak. Bila kita menjumlahkan rata-rata seluruh waktu tidurnya maka ini hampir sebanding dengan setengah masa hidupnya.

 

Kenapa Kucing Kejang-Kejang Saat Tidur


Bicara soal tidur kucing, saat kucing tidur terkadang kucing akan melakukan gerakan tertentu. Gerakan ini umumnya kucing lakukan dalam keadaan tak sadar. Bisa di bilang kucing seolah sedang bermimpi ketika kucing melakukan gerakan ini.

Beberapa gerakan yang biasa kucing lakukan ketika ia sedang tidur seperti mulutnya bergerak seolah mengunyah sesuatu, salah satu atau kedua kaki dan tangannya bergerak-gerak sendiri, kelopak mata kucing berkedip-kedip dan sebagainya.

Bagi mereka yang baru saja memelihara kucing maka hal ini memang aneh namun ini bukanlah suatu hal yang mengkhawatirkan. Namun bila gerakan kucing saat tidur mengkhawatirkan seperti kucing kejang-kejang maka tentunya sang pemilik kucing akan panik.

Mereka akan panik atas hal ini kemudian akan mengartikan kondisi ini sebagai sesuatu yang merupakan pertanda bahaya pada kucing. Lalu apakah benar ini berbahaya bagi kucing dan kenapa kucing kejang-kejang saat tidur ?

Bagi kamu yang ingin tahu jawabnya, kamu bisa mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini hingga akhir.

 

Apakah Kucing Kejang-kejang Saat Tidur Berbahaya Bagi Kucing ?

Kejang-kejang saat tidur berbahaya atau tidak mesti di lihat dari kondisi kucing itu sendiri. Bila kucing yang mengalami hal ini adalah kucing yang kondisinya sehat dan tak mengalami gangguan kesehatan tertentu maka hal ini tidak berbahaya.

Namun bila kucing memiliki masalah gangguan kesehatan tertentu maka mungkin hal ini berkaitan dengan gangguan kesehatan tersebut. Bila kucing kamu yang sakit mengalami kejang-kejang saat tidur maka di sarankan mengkonsultan hal ini dengan dokter hewan yang kamu kenal dan minta bantuannya untuk menangani hal ini.

 

Penyebab Kenapa Kucing Kejang-Kejang Saat Tidur

Banyak dari kita yang melihat hal ini mungkin takut kalau kejang-kejangnya kucing saat tidur merupakan pertanda bahaya tertentu yang di alami kucing. Bila kucing kamu yang sehat mengalami hal ini maka kamu tak perlu mengkhawatirkan hal ini.

Kucing kamu kemungkinan sedang mengalami yang biasa kita sebut bermimpi. Memang sih sampai saat ini para peneliti belum menemukan bukti valid bahwa kucing bisa bermimpi seperti apa yang kita ( manusia ) alami.

Namun bagi Anggora sendiri gerakan ini hanyalah gerakan kucing yang sedang bermimpi biasa. Karena Anggora sendiri sering melihat kucing peliharaan milik sendiri kejang-kejang saat tidur namun setelahnya tak ada hal buruk yang terjadi padanya.

Kucing malah sampai saat ini tetap sehat-sehat saja. Untuk memastikan kucing kamu yang kejang-kejang sedang bermimpi atau tidak kamu bisa mengganggu tidurnya dan melihat kondisinya setelah terbangun. Kalau ia bangun dan ia kelihatan sehat-sehat saja maka kucing sedang bermimpi.

Bila kucing setelah di bangunkan tampak tak merespon, tampak tubuhnya sangat lemas, tatapan mata kelihatan kosong, jalannya sempoyongan maka kemungkinan besar kucing kamu sedang sakit atau bisa juga kucing mengalami keracunan.

Jika ini terjadi pada kucing kamu sebaiknya ambil tindakan cepat untuk membawa kucing berobat ke dokter hewan.

 

Apa Yang Kita Lakukan Ketika Kita Melihat Kucing Mengalami Kejang-kejang Saat Tidur ?

Kamu dapat melakukan beberapa hal ini pada kucing kamu yang tidurnya tiba-tiba kejang :

  • Membiarkan kucing kejang-kejang dan tak mengganggu tidurnya sebab hal ini tak membahayakan nyawanya bilamana kucing yang mengalaminya adalah kucing yang sehat

  • Membangunkan Kucing

  • Lihat kondisi kucing setelah di bangunkan, jikalau kucing tampak sehat maka ini berarti kucing cuma mimpi saja dan tak akan membahayakan kesehatannya

  • Kalau kucing yang di bangunkan tampak sangat sakit maka sebaiknya bawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk di periksa sekaligus di obati

 

Apakah Kondisi Ini Bisa Di Cegah Agar Tak Terjadi Pada Kucing ?

Mustahil sih hal ini di cegah karena ini adalah hal yang umum terjadi pada kucing yang sehat. Ini umum terjadi pada kucing rumahan maupun kucing liar. Meskipun kamu menggunakan obat-obatan tertentu, vitamin, memberi makanan atau minuman tertentu maka hal ini hanyalah sia-sia belaka.

Bahkan jikalau kamu meminta bantuan dokter hewan sekalipun maka hal ini mustahil di lakukan. Lagi pula selama hal ini tak mengganggu kesehatan kucing dan membahayakan nyawanya maka tak masalah untuk tetap membiarkan kucing melakukan ini.

Untuk kucing yang sakit seperti keracunan barulah kamu dapat mencegah hal ini tak terjadi pada kucing. Cara mencegahnya hanyalah dengan cara mencegah kucing keracunan. Seperti menjauhkan kucing dari hal-hal yang berpotensi membuat ia bisa mengalami keracunan.

 

Tidur Dan Tiba-tiba Kejang Pada Kucing Apakah Memiliki Efek Samping Pada Tubuh Kucing ?

Sepengetahuan Anggora sendiri tak ada efek samping yang timbul pada kucing sehat yang saat tidur tiba-tiba mengalami kejang-kejang. Tak ada satupun efek samping yang timbul pada tubuh fisik bagian dalam kucing ataupun tubuh fisik bagian luarnya.

Jadi kamu tak perlu khawatir lagi akan hal ini. Bila kamu tak mempercayai Anggora kamu bisa kok membuktikan sendiri perkataan Anggora dengan terus-menerus memantau kondisi kucing setelah ia mengalami hal ini.

Kamu akan melihat sendiri bahwa apa yang Anggora katakan adalah benar dan kucing kamu tetap akan sehat tanpa mengalami satu efek samping buruk pun pada tubuhnya. Oh iya ini hanya berlaku untuk kucing sehat yang mengalaminya.

Kalau untuk kucing sakit yang mengalaminya, Anggora kurang informasi akan hal ini.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai kucing saat tidur kejang-kejang apakah berbahaya, penyebab kenapa kucing tidur kejang-kejang dan hal yang berkaitan dengan hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat Anggora.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url