7 Cara Mudah Agar Kucing Tidak Berisik Di Kandang

Memelihara kucing adalah suatu hal yang menyenangkan karena itulah banyak dari kita yang memutuskan untuk memelihara kucing. Saat memelihara kucing, tiap orang pastinya memiliki cara memeliharanya sendiri

 

Cara Mudah Agar Kucing Tidak Berisik Di Kandang


Ada yang memelihara kucing dengan cara membiarkan kucing bebas keluar masuk rumah, ada yang hanya membiarkan kucing bebas di dalam rumah saja dan ada pula yang mengurung kucing dalam kandang khusus kucing.

Apapun caranya selama kita memelihara kucing dengan baik maka hal ini bukanlah masalah. Bicara soal memelihara kucing dalam kandang, pastinya kita tahu bahwa terkadang kucing bisa sangat berisik di dalam kandang.

Tentunya hal ini akan sangat menganggu kita terutama bila ini terjadi saat tengah malam atau dini hari, ini bisa membuat tidur kita terganggu, terbangun dari tidur dan setelah terbangun maka kita bisa menjadi sulit tidur kembali.

Ini juga bisa membuat kita terganggu atau membuat orang-orang sekitar kita terganggu ketika kita berada dalam kendaraan bermotor seperti kendaraan pribadi atau bus umum dan sedang dalam perjalanan menuju tujuan tertentu.

Agar kucing tak berisik dalam kandang dan mengganggu kita maka tentunya kita akan mencari cara supaya kucing tak berisik di dalam kandang. Lalu bagaimanakah caranya ? Bagi kamu yang ingin tahu caranya maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir.

 

7 Cara Agar Kucing Tidak Berisik Di Kandang

Kalau kucing tak terbiasa dalam kandang tentunya kucing akan tampak tak tenang, tak nyaman dan juga mengeong-mengong terus-terusan yang membuat kita risih mendengarnya. Karena itulah kamu butuh cara untuk mengatasi hal ini.

Butuh cara tertentu agar kucing tak berisik dalam kandang. Lalu apa saja caranya, berikut ini beberapa caranya :

1. Kandang Kucing Jangan Terlalu Kecil

Jangan memasukkan kucing dalam kandang yang terlalu kecil. Kandang yang kecil bisa membatasi pergerakan kucing sehingga membuat kucing merasa tak nyaman dan tidak aman. Ini membuat kucing akan ribut ketika mereka berada di dalamnya.

Apalagi jikalau kita membawa kucing dalam kandang dan melakukan perjalanan maka getaran pada kandang akan membuat kucing merasa panik, takut dan bisa membuat ia stress. Ketika kucing mengalami tiga kondisi ini di pastikan kucing akan mengeong terus-terusan di dalam kandang.

Untuk meminimalisir hal ini maka kamu hanya butuh kandang yang lebih besar untuk tempat kucing. Kandang yang besar bisa membuat kucing merasa lebih nyaman karena bisa bergerak bebas, meminimalkan rasa takut dan stressnya dan kucing tak akan berisik dalam kandang

 

2. Satu Kucing Satu Kandang

Pastikan untuk memasukkan satu kucing dalam satu kandang saja. Apalagi kalau kandang kucing kamu kecil maka sebaiknya kamu melakukan hal ini. Karena kalau kandangnya terlalu kecil dan di masukkan banyak kucing tentunya hal ini bisa membuat kucing tidak nyaman karena ruangannya terlalu sempit.

Selain itu kalau kedua kucing yang di tempatkan di dalam kandang adalah kucing berjenis kelamin sama maka besar kemungkin kedua kucing tersebut akan saling berkelahi satu sama lain. Ini malah akan membuat kucing makin berisik di dalam kandang.

Jadi, sebaiknya tempatkan satu kucing dalam satu kandang atau kalau kandangnya cukup luas kamu bisa memasukkannya ke kandang yang sama namun beri dinding pembatas tertutup berupa kayu ataupun sejenisnya untuk mencegah kucing saling bertemu.

Oh iya, hal serupa juga berlaku pada kucing yang akan di bawa dalam kandang pada perjalanan panjang. Bila kamu memiliki 2 kucing dan ingin membawa mereka maka lebih baik memasukkan mereka dalam kandang yang berbeda.

 

3. Berikan Kucing Makanan

Rasa lapar dapat membuat kucing menjadi berisik. Dalam beberapa kasus, kucing yang berisik dalam kandang dapat tenang setelah di berikan makanan. Karena itulah supaya kucing tak berisik dalam kandang berikan mereka makanan atau sediakanlah pada mereka makanan yang cukup.

Makanan yang di gunakan pada kucing sebaiknya gunakan makanan instan khusus kucing seperti wet food ataupun dry food namun kalau tak ada makanan ini di dalam rumah maka kamu dapat menggunakan makanan lain seperti ikan, daging ayam dan lainnya.

Pastikan memberikan makanan yang telah di masak matang terlebih dahulu. Ini demi menghindarkan kucing dari masalah  gangguan pencernaan.

 

4. Letakkan Alas Pada Bagian Bawah Kandang

Kucing sangat senang dengan tempat yang bersih dan memiliki permukaan yang lembut. Oleh sebab itulah kamu perlu meletakkan alas pada bagian bawah dalam kandang kucing kamu. Kamu dapat meletakkan alas berupa busa, kain tebal dan sejenisnya.

Ini akan membuat kucing menjadi nyaman dalam kandang dan tak ribut. Saat melakukan ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yakni kamu harus sering memeriksa alas yang ada dalam kandang.

Periksa apakah alas tersebut bersih atau tidak sebab kadang-kadang kucing akan mengotorinya dengan kencing atau pup di atasnya. Bila alas ini kotor sebaiknya bersihkan kemudian gantikan dengan alas yang baru dan dalam keadaan bersih.

 

5. Sediakan Minuman Dalam Kandang Kucing

Selain menyediakan makanan, kamu juga perlu menyediakan minuman di dalam kandang kucing. Ketika kucing kehausan maka ia tak perlu lagi repot ribut mengeong-ngeong kepada kamu bahwa ia kehausan.

Ia cukup tinggal meminum air putih yang kamu sediakan dalam kandangnya. Sama seperti makanan non instan, air putih yang di berikan sebagai air minum wajib di masak matang terlebih dahulu demi menjaga kesehatan pencernaan kucing.


6. Berikan Kucing Obat Anti Mabuk

Kalau kucing kamu yang berisik dalam kandang adalah kucing yang di bawa dalam perjalanan maka besar kemungkinan kucing kamu mengalami motion sickness atau yang biasa kita kenal dengan istilah mabuk kendaraan.

Untuk mengatasi hal ini cobalah untuk memberikan obat anti mabuk kepada kucing kamu yang mabuk. Kamu bisa memberikan obat ini sebelum kamu berangkat ataupun ketika kamu dalam perjalanan.

Saat kamu memberikan obat ini ketika sedang dalam perjalanan maka sebaiknya berikan di dalam mobil. Jangan berikan obat pada kucing kamu di luar mobil kalau kamu tak mau kucing kamu kabur dan hilang. 

Sepengetahuan Anggora sendiri, di kondisinya yang merasa mabuk, kucing akan cenderung berusaha kabur. Sewaktu kucing kamu kabur maka akan sulit menemukannya dan kamu bisa kehilangan kucing kamu selama-lamanya.

Bila kamu tak ingin ini terjadi pada kucing kamu maka sebaiknya beri obat anti mabuk dalam ruangan tertutup seperti di dalam mobil. Pastikan juga obat mabuk yang di gunakan pada kucing adalah obat mabuk khusus kucing. Agar aman di berikan dan efektif mengatasi masalah mabuk pada kucing.


7. Sterilkan Kucing

Kita semua tahu bahwa kucing yang birahi sangatlah berisik. Mereka akan mengeong-ngeong di sana-sini dan sibuk menyemprotkan cairan sejenis urin. Hal ini juga berlaku pada kucing yang di kandangkan.

Ketika kucing yang biasa di pelihara dalam kandang memasuki masa kawin maka kucing akan birahi dan mengeong-ngeong dengan mengeluarkan meongan yang unik. Ini membuat kucing akan sangat berisik dalam kandang.

Nah untuk mengatasi hal ini kamu hanya perlu mengawinkan kucing kamu dengan lawan jenisnya. Tapi jika kamu tak memiliki kucing peliharan lain di rumah maka kamu dapat melakukan sterilisasi pada kucing untuk mengatasi hal ini.

 

Itulah dia 7 cara mudah agar kucing tak berisik di kandang dalam rumah atau kandang yang di bawa dalam perjalanan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url