Apakah Sampo Kodomo Bisa Untuk Kucing ? Ternyata Ini Jawabannya !

Ketika memelihara kucing, kita di wajibkan untuk merawat kucing dengan baik seperti memberi kucing makan, memberi minum, memandikannya serta menjaga kesehatannya. Beberapa hal tersebut penting kita lakukan agar kita bisa melihat kucing tetap aktif serta riang.


Apakah Sampo Kodomo Bisa Untuk Kucing


Namun melakukan hal di atas terkadang bukanlah sesuatu yang mudah. Kadang kala ada saja sesuatu yang membuat semuanya terbilang merepotkan. Contohnya saat kita hendak memandikan kucing, kita lupa membeli shampo khusus kucing atau kebetulan kita sedang kehabisan shampoo.

Tentu untuk mengakali hal ini supaya kita tetap bisa memandikan kucing maka kita akan mencari shampo alternatif lainnya untuk di gunakan pada kucing. Dalam kondisi ini muncullah ide di dalam pikiran kita untuk mengganti shampo kucing dengan sampoo manusia.

Hanya saja shampo yang ada di rumah adalah shampo merk kodomo bukanlah merk lainnya yang umumnya boleh di gunakan untuk mandi kucing. Lalu apakah sampo Kodomo bisa di pakai untuk kucing peliharan kita dan apakah ada efek samping penggunaan shampoo ini pada kucing ?

Bagi sobat Anggora yang penasaran dan ingin tahu jawabannya maka kamu dapat mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir.


Apakah Sampo Kodomo Bisa Untuk Kucing ?

Mungkin banyak dari kita yang mengenal brand kodomo. Brand yang satu ini dalam pandangan kita merupakan brand yang banyak menjual produk yang di tujukan untuk anak bayi. Salah satunya adalah shampo Kodomo.

Di pembahasan sebelumnya Anggora sering kali menjelaskan bahwa produk sampo bayi contohnya Zwitsal, Jonson, My Baby dan lainnya sangat aman bila digunakan untuk mandi kucing. Ini karena produk ini kebanyakan memiliki banyak kelebihannya sendiri di bandingkan shampo orang dewasa.

Seperti Ph yang terbilang rendah, kandungan kimia yang sedikit, deterjen yang rendah, tak mengandung parfum atau hanya sedikit mengandung parfum, tak mengandung zat berbahaya sehingga tergolong aman bila tak sengaja tertelan dan produk ini memiliki tingkat kecocokan yang tinggi dengan kulit kucing.

Lalu apakah hal serupa berlaku pada sampo kodomo ? Ya hal tersebut juga berlaku untuk shampo kodomo dengan catatan :

  • Shampoo kodomo yang di gunakan adalah shampoo khusus bayi

  • Saat di gunakan tak mengeluarkan banyak busa

  • Tak terlalu harum, ini berarti shampo tak mengandung banyak zat parfum

  • Pastikan saat memandikan kucing, shampoo tak tertelan secara tak sengaja, meskipun produk bayi rata-rata aman tertelan namun bagi kucing masih ada resiko kesehatan jika tak sengaja tertelan

  • Selesai memakai shampoo, tubuh kucing mesti di bilas hingga bersih total

 

Bagaimana Cara Memandikan Kucing Dengan Menggunakan Shampoo Kodomo ?

Umumnya tak ada perbedaan dalam memandikan kucing dengan shampoo kodomo dan sampoo khusus kucing. Namun bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara memandikannya maka kamu dapat melihat caranya di bawah ini :

  • Persiapkan terlebih dahulu peralatan mandi untuk kucing seperti ember, sikat kucing, air hangat umtuk mandi, handuk atau kain kering, hair dryer, shampoo dan peralatan mandi sejenisnya untuk kucing

  • Masukkan setengah air hangat ke dalam ember sampai air setinggi perut kucing kemudian campurkan dengan sampo kodomo. Campurkan sampai air agak sedikit berbusa

  • Bilas tubuh kucing dengan setengah air hangat yang tersisa kemudian masukkan kucing ke dalam ember yang telah berisi campuran shampoo tadi

  • Lalu menggunakan air sampo tadi, gosok-gosokkan seluruh tubuh kucing hingga tubuhnya di rasa bersih. Saat menggosok tubuh kucing, hati-hati jangan sampai air masuk ke mata, hidung, atau dalam telinga kucing

  • Bila shampo di rasa kurang maka kamu dapat menambahkan shampo lagi langsung ke tubuh kucing

  • Setelah selesai menggosok tubuh kucing hingga bersih langkah selanjutnya adalah mengeluarkan kucing dari dalam ember lalu membilas tubuh kucing secara menyeluruh dengan air bersih hingga tak ada lagi busa shampo yang menempel di bulu atau kulit kucing

  • Periksa kembali tubuh kucing, jika sudah benar benar bersih dari busa sampo maka kamu dapat mengeringkan tubuh kucing. Kamu dapat menggunakan kain kering atau alat pengering rambut seperti hair dryer untuk mengeringkan bulu serta kulit kucing

  • Pastikan tubuh kucing benar-benar kering sebelum kamu memutuskan untuk melepaskan kucing untuk menghindari tubuh kucing kembali kotor karena kucing berlarian ke sana kemari dan untuk mencegah agar tubuh kucing tak menjadi tempat berkembang jamur karena tubuhnya basah serta lembab


Amankah Shampoo Ini Bila Di Gunakan Terus Menerus Untuk Kucing ?

Memandikan kucing hanya bisa di lakukan selama 2-3 kali dalam sebulan, lebih dari itu tak di anjurkan karena bisa merusak kesehatan kulit dan memicu kerontokan pada bulu-bulu kucing. Jadi secara otomatis kita hanya bisa mengunakan shampoo ini selama 2 sampai 3 kali dalam sebulan.

Lalu bolehkah menggunakan shampoo Kodomo sebanyak itu selama sebulan ? Mungkin jika sekali dua kali saja tak masalah memakai sampo ini untuk mandi kucing namun jikalau memakainya terus-menerus dalam jangka panjang maka penggunaannya tak di sarankan.

Gunakan hanya sekali dua kali saja di saat kamu sedang dalam kondisi tertentu saja seperti kucing harus segera di mandikan karena tubuhnya sangat kotor dan tak ada shampo di rumah selain shampo Kodomo ini.

Bila situasinya tak terlalu penting dan buru-buru maka sebaiknya kamu membeli shampoo khusus kucing dan menggunakanmnya untuk kucing kamu. Dengan menggunakan shampoo kucing ini kamu dapat memandikan kucing secara nyaman serta tak perlu mengkhawatirkan masalah apapun karena shampo ini sangat aman.

Di samping itu memakai shampo khusus kucing dapat menjaga kesehatan kulit dan membuat bulu kucing kuat, indah serta berkilau.


Adakah Efek Samping Penggunaan Shampoo Kodomo Terhadap Kucing ?

Sejauh yang Anggora tahu bahwa penggunaan shampoo bayi kodomo tak akan menimbulkan efek samping pada kucing selama kamu menggunakan shampo ini hanya sesekali saja dan tak menggunakannya sebagai shampoo utama untuk kucing.

Kalau di gunakan sesering mungkin maka efek sampingnya akan sama dengan penggunaan shampo manusia terhadap kucing. Efek sampingnya mungkin bisa berupa :

  • Kulit kucing mengalami iritasi

  • Bulu mengalami kerontokan

  • Kebotakan pada kucing

  • Dan lainnya


Karena itulah sebaiknya menggunakan shampo ini saat tertentu saja yakni ketika di rumah tak ada lagi shampo kucing dan kamu sedang tak sempat membelinya sementara si kucing tubuhnya mesti di bersihkan hingga bersih.

Bila kamu sedang tak wajib memandikan kucing maka sebaiknya tunda dulu mandi kucingnya sampai kamu membeli shampo khusus untuk kucing kesayangan kamu.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah sampo Kodomo bisa kamu gunakan untuk mandi sobat bulu kamu dan pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengannya. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat pembaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url