Apakah Minyak Zaitun Boleh Untuk Luka Kucing ? Ternyata Ini Jawabannya !

Siapa sih yang tak kenal dengan minyak zaitun ini, pastinya para pembaca sekalian sudah mendengar bahkan banyak dari kita yang sudah mengenal dan memakai minyak zaitun ini. Banyak dari kita yang tahu mengenai minyak zaitun ini karena minyak ini punya segudang manfaat.

 

Apakah Minyak Zaitun Boleh Untuk Luka Kucing


Karena banyaknya manfaatnya, minyak ini seringkali di gunakan dalam pembuatan sabun, herbal, alat kosmetik, minyak untuk memasak, obat-obatan dan lainnya. Bicara soal manfaat minyak zaitun, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan minyak ini.

Salah satu manfaat yang Anggora tahu mengenai minyak ini adalah minyak yang satu ini bisa di gunakan untuk mengobati luka pada manusia. Minyak ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka luar pada kulit terutama pada mereka yang menderita luka dan menderita diabetes.

Karena minyak ini memiliki manfaat dalam membantu proses penyembuhan luka maka sebagian dari kita mungkin berpikir untuk memberikan minyak zaitun pada luka kucing. Hal wajar bagi kita untuk berpikir demikian karena kemungkinan ini juga memiliki efek serupa pada kucing.

Namun apakah yang kita pikirkan itu benar dan apakah minyak zaitun ini bisa di berikan pada luka kucing dan apakah luka kucing dapat sembuh dengan cepat dengan menggunakan minyak ini ? Bagi kamu yang penasaran akan hal ini kamu dapat mengetahui jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini.


Apakah Luka Kucing Boleh Di Berikan Minyak Zaitun ?

Untuk luka ringan minyak zaitun boleh di berikan. Kamu boleh memberikan minyak zaitun ini pada kulit kucing yang luka. Bukan hanya untuk kulit yang luka saja tetapi kamu pun juga boleh memberikannya untuk kulit kucing yang sehat dan untuk bulu kucing.

Memberikan minyak zaitun pada luka kucing aman dilakukan dan hal ini tentu saja tak akan memperburuk kondisi luka tersebut. Selain boleh memberikan pada kulit kucing yang luka, kamu pun dapat memberikan minyak zaitun pada kulit kucing yang terinfeksi tungau.

Seperti memberikan minyak zaitun pada kucing yang menderita scabies, dengan melakukan hal ini maka kerak yang ada pada kulit kucing akan rontok dalam waktu tertentu dan juga dapat menyingkirkan sumber penyebab scabies serta menyembuhkan kucing dari penyakit ini.

Hanya saja menggunakan cara ini butuh waktu yang terbilang cukup lama agar bisa berhasil. Berdasarkan pengalaman Anggora menyembuhkan kucing dari scabies, butuh waktu sekitar di atas satu bulanan agar seluruh kerak kucing dapat rontok dan kucing bisa sembuh dari scabiesnya.

Pemberian minyak zaitun wajib di lakukan setiap 2 hari sekali setiap harinya selama masa pengobatan kucing yang terinfeksi scabies dan pemberian minyak zaitun di lakukan dengan cara mengoleskan minyak menggunakan sikat ke area yang terinfeksi dan beberapa cm dari area luar terinfeksi.


Lalu Apakah Mengoleskan Minyak Zaitun Pada Luka Kucing Dapat Menyembuhkan Serta Mempercepat Penyembuhan Lukanya ?

Memang minyak zaitun punya kandungan Vit E dan beberapa kandungan lainnya yang di nilai dapat menyembuhkan dan mempercepat proses penyembuhan pada luka. Namun sepertinya ini cuma berlaku pada manusia saja.

Kalau pada kucing sepertinya ini tak berlaku. Ada beberapa faktor yang membuat hal ini tak berlaku dan umumnya sebagian faktor ini berasal dari kucing itu sendiri, seperti :

  • Minyak zaitun bukanlah  cairan khusus yang memang di tujukan untuk menyembuhkan luka pada kucing

  • Kucing cenderung akan menjilati luka yang di lumuri minyak tersebut. Meskipun kita menahan beberapa saat agar ia tak menjilati tubuhnya namun tetap saja setelahnya kucing tetap menjilati luka tersebut

  • Pemberian minyak zaitun pada kucing sepertinya tak menimbulkan hal khusus seperti mempercepat kesembuhan luka, kecepatan penyembuhan tetap sama saja

  • Kucing menjilati bagian yang terluka karena di beri minyak zaitun, ini membuat jilatan kucing malah memperburuk luka

  • Dalam beberapa kasus kucing bahkan mencakar luka yang di lumuri minyak zaitun, tentunya kita paham bila kucing melakukan hal ini maka yang ada luka kucing malah bertambah parah

 

Beberapa faktor di atas membuat minyak zaitun tak berguna untuk menyembuhkan luka pada kucing sehingga efek mempercepat penyembuhan luka pada kucing menjadi tak berlaku.

 

Adakah Manfaat Lain Minyak Zaitun Untuk Kucing ?

Memang untuk menyembuhkan luka dan mempercepat kesembuhan luka pada kucing dengan minyak zaitun tidak bisa di lakukan namun minyak zaitun memiliki beberapa manfaat baik lainnya untuk kucing.

Beberapa manfaat tersebut antara lain :

  • Obat pencahar 

  • Mengatasi hairball pada kucing

  • Mengatasi masalah kulit yang di sebabkan oleh tungau

  • Bagus untuk kulit kucing

  • Menjaga kesehatan kulit kucing

  • Dapat di gunakan untuk melembutkan, memperkuat dan memperindah bulu kucing

  • Dan lainnya

 

Agar mendapatkan manfaat di atas kamu perlu memberikan minyak zaitun dalam takaran tertentu pada kucing. Takaran umum minyak zaitun yang aman di berikan pada kucing adalah sekitar 1 sendok teh yang di berikan sekitar 2-3 dalam seminggu.

Untuk mendapatkan manfaat obat pencahar, mengatasi hairball pada kucing maka kamu cukup memberikan 1 sendok teh minyak zaitun pada kucing. Berikan minyak zaitun 3 kali dalam seminggu pada kucing peliharaan kamu. Setelah kucing sembuh sebaiknya hentikan pemberian minyak zaitun.

Sementara untuk mengobati penyakit kulit yang di sebabkan oleh tungau telah Anggora jelaskan caranya di pembahasan di atas yakni mengoleskannya pada kulit kucing yang berjamur setiap 1 kali dalam 2 hari.

Kalau untuk memperkuat, memperindah bulu dan menjaga kesehatan bulu kucing, minyak zaitun cukup di campurkan ke dalam makanan kucing. Campurkan 1 sendok teh ke dalam makanan kucing dan berikan ke kucing. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.


Adakah Efek Samping Penggunaan Minyak Zaitun Pada Kucing ?

Minyak zaitun bila di berikan terlalu berlebih pada kucing akan menyebabkab masalah pencernaan pada kucing yang menelannya. Ini karena minyak zaitun memiliki sifat pencahar sama seperti minyak goreng. Karena itulah minyak ini tak boleh di berikan secara berlebih pada kucing.

Untuk penggunaan pada kulit sepertinya tak ada efek samping bila di berikan banyak dengan catatan kucing tak menjilati minyak zaitun yang menempel pada kulit kucing. Bila kucing menjilatinya maka kucing akan menderita diare.

Anggora sendiri pernah membuat kucing yang menderita scabies mengalami masalah diare karena pemberian minyak. Anggora memutuskan untuk mengoleskan minyak setiap hari pada kucing agar scabiesnya cepat sembuh.

Hanya saja hal ini justru menimbulkan masalah baru, kucing menjadi malas makan serta mengalami diare. Kamu tak perlu khawatir akan hal ini, kamu cukup memperjauh jarak mengobati kucing jamuran dengan minyak ini.

Contohnya bila kamu mengoles minyak ke kulit kucing sekali setiap hari maka kamu bisa mengubahnya menjadi sekali tiap dua hari atau sekali setiap 3 hari. Perlu di ingat juga bila kucing telah sembuh dari scabiesnya sebaiknya hentikan pemberian minyak ini atau berikan hanya sekali seminggu saja.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah minyak zaitun boleh untuik luka kucing dan beberapa hal yang berkaitan dengan minyak ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url