5 Bahaya Kucing Tidur Di Litter Box

Kucing adalah hewan yang berperilaku random, mereka hobi melakukan berbagai hal yang terduga. Perilaku random ini seringkali menimbulkan perubahan perasaan bagi kita, mulai dari senang, terkejut, khawatir, lega, mengundang tawa dan lainnya.

 

Bahaya Kucing Tidur Di Litter Box
Gambar Pasir Organik Untuk Kucing


Salah satu perilaku random kucing yang tak jarang mereka lakukan adalah mereka suka tidur di tempat acak. Salah satu tempat acak yang mereka sukai untuk tidur adalah litter box. Bagi mereka mungkin tidur di sana adalah hal yang menyenangkan.

Tapi bagi kita tingkah mereka ini membuat kita kerepotan karena tubuh kucing yang tadinya bersih kini menjadi kotor dan terpaksa kita harus membersihkan tubuhnya. Bukan cuma itu saja ini juga membuat kita khawatir.

Kita khawatir kalau perilaku kucing yang suka tidur di litter box ini dapat membahayakan kesehatannya. Lalu apakah benar tidur di litter box dapat membahayakan kucing dan apa saja bahaya yang di akibatkan oleh kucing yang tidur di dalam litter box.

Bagi sobat Anggora yang penasaran ingin tahu jawabannya maka wajib bagi sobat membaca tulisan Anggora di bawa ini sampai akhir.

 

Apakah Benar Tidur Di Dalam Litter Box Dapat Membahayakan Kucing ?

Memang benar tidur dalam litter box dapat membahayakan kesehatan kucing peliharaan kita. Hanya saja ini cuma berlaku pada litter box yang sudah berisi pasir dan dalam pasir tersebut telah ada kotoran ataupun kencing kucingnya.

Kalau litter box-nya masih kosong atau pasir kucingnya masih baru dan belum di pakai maka hal ini tak berlaku. Seperti yang kita tahu bahwa pasir kucing bukanlah pasir biasa. Pasir kucing yang baru tergolong lebih bersih daripada pasir biasa.

Tak hanya itu saja, pasir ini pun bebas dari parasit ataupun bakteri, ini membuat pasir ini aman bagi kucing. Karena itulah Kucing yang tidur di sana tak akan membuatnya sakit, tidur di dalam litter box malah bisa membuatnya beristirahat dan memberikan manfaat serupa seperti tidur di tempat lainnya.

Jadi dapat di simpulkan kalau kucing tidur di litter box itu bisa berbahaya kalau pasir di dalam litter boxnya dalam keadaan kotor dan telah di pakai untuk buang kotoran dan kencing.

 

Lalu Apa Saja Bahaya Kucing Tidur Di Litter Box ?

Memang terkesan remeh tapi sebenarnya kucing yang tidur di dalam litter box adalah berbahaya. Ini bisa membahayakan kesehatan kucing bila mana kucing tidur di dalam litter box yang sangat kotor dan berbau tak enak.

Ada beberapa bahaya yang bisa terjadi pada kucing yang suka tidur di dalam litter box. Apa saja bahayanya adalah sebagai berikut :

1. Kucing Bisa Terinfeksi Toksoplasma

Bahaya yang pertama adalah kucing dapat terinfeksi penyakit toksoplasma. Banyak yang masih salah paham akan penyakit ini. Mereka yang tak paham mengira bahwa penyakit ini di sebabkan oleh virus atau bakteri.

Padahal sebenarnya penyakit ini di sebabkan oleh parasit, parasit ini bernama Toxoplasma T. Gondi. Parasit ini dapat menginfeksi semua jenis satwa, mau itu burung, ikan, kucing, anjing, kambing, babi dan hewan serta mamalia lainnya.

Parasit ini biasanya masuk ke dalam tubuh kucing melalui 2 cara berdasarkan sepengetahuan Anggora yakni melalui makanan dan melalui sentuhan fisik dengan kotoran hewan lain yang telah terlebih dahulu terinfeksi parasit ini.

Itulah mengapa ketika kucing tidur di dalam litter box yang ada kotorannya maka kucing yang tidur tersebut berpotensi terinfeksi toxoplasma dari kucing lainnya lewat kotoran ini. Ketika kucing terinfeksi toxoplasma maka ini tak hanya akan membahayakan kesehatannya tapi juga pemiliknya.

Namun bila kamu merasa bahwa tak ada satupun kucing kamu yang terkena tokso karena sebelumnya kamu telah melakukan pemeriksaan darah pada kucing dan mendapatkan hasil negatif maka kamu tak perlu khawatir akan hal ini.

Tapi meskipun kucing kamu bebas toxsoplasma tetap saja kamu tak boleh membiarkan kucing tidur di dalam litter box yang kotor sebab ini tetap bisa membahayakan kesehatannya. Satu hal lagi mengenai toksoplasma, penyakit ini tak berbahya bagi mereka yang memiliki imun kuat.

Ini hanya berbahaya bagi mereka yang imun tubuhnya lemah seperti wanita hamil dan lainnya. Oh iya meskipun kamu merasa bahwa imun kamu kuat sebaiknya tetap periksakan diri kamu ke dokter hewan sewaktu kamu merasa kamu terinfeksi virus ini untuk menghindarkan hal yang tak di inginkan.


2. Kucing Bisa Terinfeksi Cacing Pita

Bila kucing berkontak dengan kotoran kucing yang terinfeksi cacing pita maka besar kemungkinan kucing juga akan terinfeksi cacing ini. Bukan cuma hanya menyebar lewat kontak langsung dengan kotoran kucimg saja, cacing ini pun bisa menyebar lewat sentuhan dengan pasir kucing.

Ketika kucing tidur di sana tentu saja besar kemugkinan kucing menyentuh pasir ataupun kotoran kucing secara sengaja maupun secara tak sengaja. Karena inilah sebaiknya jangan biarkan kucing tidur di dalam litter box yang telah kotor.

 

3. Penyakit Kulit Pada Kucing

Bila kucing tidur di litter box dan terkena kotoran atau kencing kucing maka wajib bagi kita untuk segera memandikannya atau minimal membersihkan tubuh kucing dengan kain lap bersih sebelum di mandikan.

Kenapa kita harus melakukan hal ini, ini karena yang namanya kotoran tentunya di dalamnya pasti terkandung kuman atau bakteri. Bila kita membiarkan tubuh kucing tetap kotor, kucing bisa mengalami masalah kulit seperti iritasi, infeksi tungau dan semacamnya.

Beberapa orang abai akan hal ini dan tak memandikan kucingnya karena mereka tak mencium bau busuk pada kucingnya. Padahal sebelumnya mereka tahu bahwa kucing baru saja tidur di dalam litter box.

Bila kucing hanya berkontak sedikit saja dengan kotoran atau kencing kucing maka kucing mungkin bisa membersihkan kuman atau bakteri ini dengan menjilatnya namun bila berkontak cukup banyak maka hal ini akan membuat kucing hanya membersihkan sebagian tubuhnya saja.

Dan bagian yang tak di bersihkan bisa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri serta mengundang infeksi tungau yang membuat kucing penderita mengalami masalah kulit.

 

4. Memperlemah Imun Si Kucing

Sama dengan manusia, bila kucing berada di tempat yang tak layak seperti kotor dan bau busuk tentu saja hal ini dapat mempengaruhi kesehatannya. Kucing yang suka tidur di liter box mungkin awalnya mereka sehat-sehat saja.

Namun lambat laun hal ini akan mempengaruhi imun si kucing dan membuat imunnya melemah. Lemahnya imun akan membuat kucing menjadi mudah di serang oleh mikroorganisme yang berbahaya dan berakibat kucing mudah sakit.


5. Bisa Memperburuk Kondisi Kucing Yang Sakit

Sewaktu kucing sedang sakit, umumnya kucing akan senang tidur di tempat-tempat tertentu yang menurut kita tak baik baginya untuk tidur di sana seperti kucing tidur di lantai kamar mandi yang basah, tidur di lantai yang dingin dan tidur di dalam atau di dekat litter box.

Tempat-tempat ini tentunya dapat membuat kondisi kucing yang sakit semakin tambah buruk. Ketika kondisi kesehatan kucing memburuk, kita paham apa yang akan terjadi selanjutnya pada kucing. Ya benar, kucing akan mati.

Memburuknya kondisi kesehatan kucing di sebabkan kondisi tempat di mana ia tidur menjadi penyebab tubuh kucing melemah, semangat hidup menurun serta memperparah peyakit yang di derita kucing.

Contohnya kucing dengan penyakit seperti calici virus bila mana di biarkan tidur di tempat yang basah atau dingin akan membuat tubuh kucing melemah yang mana ini akan membuat si virus menjadi lebih mudah menginfeksi tubuh kucing.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai bahaya kucing tidur di litter box. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url