5 Penyebab Yang Membuat Kucing Takut Orang Asing

Pastinya banyak dari kita yang mungkin secara tak terduga mendapatkan kunjungan dari kenalan ataupun kerabat keluarga kita. Hal ini adalah hal yang wajar bagi kita yang hidup dalam masyarakat dan juga sebagai keluarga yang baik.


Penyebab Yang Membuat Kucing Takut Orang Asing


Ketika ada orang yang kita kenal berkunjung ke rumah kita, bagi kita ini mungkin adalah hal yang menyenangkan. Namun bagi kucing tidaklah demikian. Kucing akan terlihat seperti ketakutan ketika melihat ada orang asing di rumah kita.

Saat ada orang lain yang berkunjung ke rumah kita, kita bisa menyaksikan sendiri bagaimana reaksi kucing. Kucing akan terlihat ketakutan lalu berlari menjauh dari orang lain yang hendak memasuki rumah kita.

Setelahnya kucing akan mengintip orang yang baru saja memasuki rumah kita dari kejauhan dengan sangat waspada. Hal ini bukan cuma terjadi sekali dua kali saja namun kucing akan bersikap seperti ini setiap kali ia melihat orang asing yang datang ke rumah kita atau berada di sekitar rumah kita.

Melihat hal ini beberapa dari kita mungkin bertanya-tanya mengapa kucing takut orang asing. Bagi kamu yang penasaran akan hal ini maka kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

 

5 Penyebab Yang Membuat Kucing Takut Orang Asing 

Seperti yang baru saja Anggora jelaskan di atas bahwa kucing akan tampak ketakutan setiap kali ia melihat ada orang asing yang berada di dekatnya. Setiap kali ia tak mengenal orang yang mendekatinya maka kucing akan bereaksi dengan berlari ketakutan.

Ini adalah hal yang wajar di lakukan oleh kucing kesayangan kita. Setahu Anggora sendiri ada beberapa penyebab utama mengapa kucing takut melihat orang asing. Beberapa penyebab utamanya antara lain adalah sebagai berikut :

1. Rasa Waspada

Meskipun kucing yang kamu pelihara kini adalah hewan peliharaan rumahan namun tetap saja kucing masih memiliki naluri liarnya. Ketika ada suatu makhluk yang mendekatinya maka kucing akan waspada terhadap keberadaan mereka.

Rasa waspada ini merupakan hal yang muncul dari rasa takut kucing. Kucing takut bahwa makhluk yang berada di hadapannya adalah ancaman baginya. Karena itulah kucing melakukan ini untuk menjaga dirinya dari bahaya tertentu yang mana bahaya ini bisa melukainya atau menghilangkan nyawanya.


2. Rasa Takut

Rasa takut juga merupakan salah satu penyebab yang membuat kucing sangat takut ketika melihat atau berjumpa dengan orang asing. Ketakutan ini bisa di picu oleh berbagai hal dan hal ini terkadang tak berkaitan dengan rasa trauma yang di miliki oleh kucing.

Beberapa pemicu yang membuat kucing takut pada orang asing yakni :

  • Suara orang asing terlalu kuat, kebanyakan kucing sangat takut terhadap orang yang bersuara kuat seperti orang berteriak atau orang yang biasa berbicara dengan keras

  • Orang tersebut memiliki langkah kaki yang cukup kuat

  • Memakai pakaian yang aneh atau terlihat mengerikan bagi kucing, salah satu contohnya adalah kucing sangat takut ketika seseorang memakai helm dan tak melepaskan helmnya ketika mendekati kucing

  • Orang asing ini mengejar atau mendekati kucing secara tiba-tiba

  • Orang tersebut mendekati kucing dengan menaiki kendaraan bermotornya

  • Dan lainnya


3. Rasa Trauma

Bukan cuma manusia saja yang memiliki rasa trauma, kucing juga punya trauma. Ketika kucing memiliki trauma terhadap suatu hal yang berhubungan dengan manusia ataupun alat yang di pakai manusia, kucing akan cenderung menjadi penakut terhadapnya.

Contohnya bila mana kucing sering di sakiti oleh orang tertentu maka kucing akan takut ketika melihat atau mendengar suara orang tersebut. Kucing akan langsung lari menjauh ketika ia tahu bahwa orang yang sering menyakitinya ada di dekatnya ataupun sedang menuju ke arahnya.

Hal serupa juga berlaku pada alat yang di pakai oleh manusia, contohnya bila kucing dahulu pernah di tabrak oleh sepeda motor dan berhasil selamat maka setelahnya kucing menjadi sangat takut ketika melihat atau mendengar suara motor.

Ketika ia mendengar suara atau melihat motor, si kucing biasanya akan lari kemudian bersembunyi setelah ia rasa aman maka ia akan keluar dari persembunyiannya. Tak cuma sepeda terhadap kendaraan motor saja, beberapa kucing juga takut terhadap peralatan rumah tangga.

Seperti sapu ijuk, sapu lidi, tongkat kayu, blender dan beberapa jenis peralatan lainnya yang biasa kita pakai dalam rumah. Jadi, ketika kucing takut dengan orang asing yang datang ke rumah, itu bisa saja di sebabkan karena kucinmg memiliki trama terhadap orang tersebut atau terhadap peralatan yang dia pakai.


4. Kucing Tak Mengenal Orang Tersebut

Pernahkah ketika kamu pulang ke rumah dan ketika kamu menghampiri si kucing peliharaan, si kucing peliharaan malah lari takut melihat kamu. Ini biasanya terjadi ketika kamu mendekati kucing kamu tanpa memanggil namanya terlebih dahulu.

Coba kalau kamu memanggil namanya ketika kamu mendekatinya maka pastinya si kucing akan menghampiri kamu dan bersikap manja pada kamu. Kucing sebenarnya sulit mengenali kita hanya dengan menggunakan wajah saja.

Itulah kenapa ketika kamu tak memanggil nama kucing saat mendekatinya si kucing malah akan pergi menjauhi kamu. Ini karena kucing merasa bahwa ia tak mengenali kamu yang membuat ia waspada dan menganggap kamu adalah orang asing.


5. Karena Anak-Anak

Kebanyakan kucing sangat takut dengan anak-anak. Mungkin karena setiap kali anak-anak melihat kucing biasanya mereka akan mengejar-ngejar kucing sambil berteriak kegirangan. Karena hal ini banyak kucing yang takut ketika melihat anak-anak.

Jika yang kebetulan orang berkunjung ke rumah kamu adalah kenalan atau keluarga yang memiliki anak-anak maka bisa di pastikan alasan kucing takut dengan mereka sang orang asing hanyalah karena mereka membawa anak mereka ke rumah kamu.

Oh iya ini rasa takut kucing hanya untuk anak-anak yang ia tak kenal saja. Lain cerita kalau anak tersebut adalah anak yang sering berada di rumah kamu ( anak kamu ), kucing tak akan takut pada mereka bahkan kucing dapat bersikap manja pada mereka.


Apakah Ada Cara Untuk Mengatasi Hal Ini ?

Sulit untuk mengatasi hal ini. Meskipun kamu mencoba mengatasinya maka tetap saja kucing kamu akan takut terhadap orang asing. Sebaiknya biarkan saja kucing takut terhadap orang asing karena menurut Anggora ini malah baik baginya.

Karena rasa takutnya ini dapat membuat kucing menjauh sesegera mungkin dari manusia dan menghindarkannya dari kecelakaan atau dapat membuatnya bisa pergi menjauh ketika ada seseorang yang hendak mencurinya.


Itulah dia beberapa penyebab yang membuat kucing sangat takut ketika melihat orang asing. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url