Apakah Boleh Memandikan Kucing Saat Hujan ? Ternyata Ini Jawabannya !

Beberapa dari kita pemilik kucing mungkin pernah berpikir untuk memandikanm kucing saat sedang hujan. Alasannya mungkin sederhana, mulai dari badan kucing yang basah terkena hujan atau kotor terkena lumpur.


Apakah Boleh Memandikan Kucing Saat Hujan

 

Bisa juga karena alasan lainnya seperti kita tak punya waktu memandikan kucing selain pada hari itu dan kebetulan hari sedang hujan atau kita memang hendak memandikan kucing di hari itu namun cuaca malah hujan dan beberapa alasan lainnya.

Tak pedulu apapun alasannya, di pikiran kita  yang menjadi pertanyaan utama adalah bolehkah memandikan kucing saat hujan sedang turun dan apakah hal ini dapat membuat kucing kesayangan menjadi sakit ?

Untuk menjawab pertanyaan yang terlintas di pikiran kamu saat ini maka wajib bagi sobat Anggora membaca tulisan di bawah ini. Baca hingga akhir ya sobat agar kamu bisa memahami secara mendalam mengenai hal ini.


Apakah Boleh Memandikan Kucing Saat Hujan ?

Banyak dari pemilik kucing yang melarang pemilik kucing lainnya untuk memandikan kucingnya saat hujan. Alasannya karena mereka yakin bahwa tindakan ini dapat membuat kucing yang di mandikan jatuh sakit.

Kucing yang di mandikan ketika hujan bisa terkena demam, flu, batuk dan penyakit lainnya yang erat kaitannya dengan masalah pernafasan. Bahkan mereka yakin bahwa tindakan ini dapat membuat kucing mengalami yang namanya Hipotermia.

Hipotermia adalah kondisi di mana kucing mengalami kedingin yang ekstrem yang mana ini terjadi akibat tubuh kucing kehilangan suhu panasnya atau suhu panasnya turun secara drastis akibat suhu udara yang terlalu dingin yang menyelimuti tubuhnya.

Hipotermia pada kucing tak boleh di sepelekan sebab hal ini tak hanya dapat membuat kucing penderita jatuh sakit bahkan si kucing dapat mengalami kematian. Karena beberapa alasan inilah para pemilik kucing di Indonesia tak menyarankan pemilik kucing lainnya untuk memandikan kucingnya di waktu hujan.

Setelah membaca tulisan di atas mungkin kamu langsung menyimpulkan bahwa tak boleh memandikan kucing saat hujan tapi apa yang kamu simpulkan itu salah. Kamu boleh memandikan kucing saat hujan.

Di luar negeri sendiri ketika turun salju beberapa pemilik kucing malah akan memandikan kucing mereka ketika mereka merasa bahwa tubuh sobat bulu kesayangan mereka benar-benar kotor. Mereka memandikan kucing mereka di suhu yang terbilang dingin.

Suhu di sana mungkin jauh lebih dingin dari suhu hujan di Indonesia dan kucing yang mereka mandikan tak jatuh sakit sama sekali. Bahkan tak ada satupun kucing milik mereka yang mengalami kematian

Semua kucing yang mereka mandikan di cuaca yang dingin sampai saat ini bisa di bilang sehat-sehat saja dan mereka tetap riang seperti biasanya. Namun sebelum memandikan kucing kamu harus memeperhatikan beberapa hal.

Seperti kamu wajib memiliki set peralatan mandi lengkap dan peralatan lainnya dan menggunakan cara tertentu untuk memandikan kucing. Bila kamu memiliki semuanya maka tak akan masalah bagi kamu untuk memandikan kucing bahkan ketika hujan turun sekalipun.


Lalu Bagaimana Cara Memandikan Kucing Saat Hujan Turun ?

Untuk memandikan kucing di saat cuaca sedang hujan maka kamu butuh peralatan mandi yang lengkap untuk kucing plus hair dryer. Setelah memilikinya maka kamu bisa menggunakan cara berikut ini untu memandikan kucing di waktu hujan :

  • Pertama-tama pastikan kucing yang akan kamu mandikan sedang tidak sakit atau sedang tidak kedinginan

  • Mandikan kucing dalam kamar mandi jangan di luar rumah

  • Siapkan air hangat lalu tuangkan ke ember mandi kucing. Ketinggian air mesti setengah tubuh kucing. Pastikan airnya tak terlalu panas agar tak membuat bulu kucing rontok dan membuatnya merasa tak nyaman. Oh iya kamu wajib menggunakan air hangat untuk air dalam ember. Fungsinya adalah untuk membuat tubuh kucing tetap hangat di saat kucing di mandikan

  • Keempat, bersihkan tubuh kucing menggunakan shampoo kucing. Usahakan melakukan proses pembersihan menggunakan shampo kucing dengan cepat dan hati-hati. Lakukan dengan cepat agar kucing tak merasa kedinginan

  • Setelah tubuh kucing di bersihkan dengan memakai shampo selanjutnya adalah membilas tubuh kucing menggunakan air. Gunakan juga air yang hangat untuk membilas tubuh kucing. Bilas tubuh kucing sampai bersih dan lakukan juga hal ini dengan cepat

  • Pastikan kamu melakukan proses memberi shampo dan membilas tubuh kucing dengan cepat agar kucing tak kedinginan

  • Selesai selesai dibilas keringkan tubuh kucing. Untuk mengeringkan tubuh kucing carilah ruangan yang hangat, ada penghangat ruangan di dalamnya atau ada perapian di dalam ruangan. Tujuannya agar saat tubuh kucing belum kering, kucing tak akan merasa kedinginan karena tubuhnya masih basah

  • Keringkan tubuh kucing dengan handuk kering atau kain kering yang bersih

  • Kemudian gunakan hair dryer untuk mengeringkan tubuhnya secara total. Kamu wajib menggunakan alat ini ketika kamu hendak mengeringkan tubuh kucing sesaat setelah kamu selesai memandikan kucing kamu saat hujan. Jangan mengeringkan tubuh kucing dengan kipas angin karena ini malah akan membuat kucing menderita karena kedinginan

  • Kalau tubuh kucing sudah kering total sebaiknya kamu tetap menggunakan hair dryer yang mengeluarkan hawa hangat kepadanya supaya tubuhnya tak kedinginan lagi dan suhu tubuh kembali normal

  • Selanjutnya letakkan kucing ke ruangan yang hangat agar tubuhnya tak kedinginan dan ia bisa beristirahat setelah ia di mandikan


Dengan cara di atas kamu dapat memandikan kucing kamu di saat hujan atau bahkan di saat musim salju sekalipun. Pastikan kamu mengikuti langkah di atas satu persatu agar kucing kamu tak jatuh sakit.


Itulah dia pembahasan mengenai apakah boleh memandikan kucing saat hujan dan bagaimana cara memandikan yang benar ketika hujan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url