7 Penyebab Utama Kucing Mengendus Secara Terus Menerus

Bagi mereka yang memelihara kucing pastinya tahu bahwa terkadang kucing kesayangan mereka suka mengendus-endus sesuatu hal yang berada di sekelilingnya ataupun mengendus tubuh pemiliknya dan orang lain.

 

Penyebab Utama Kucing Mengendus Secara Terus Menerus


Mereka mengendus-endus hanya dalam beberapa saat saja bukan secara terus-menerus. Namun kadang kala kucing juga melakukan hal ini terus-menerus. Mereka mengendus sesuatu dalam jangka waktu yang cukup lama dan membuat kita keheranan.

Kita heran karena biasanya kucing tak akan mengendus sesuatu dalam waktu yang lama, kucing hanya akan mengendus sesaat saja kemudian kucing akan pergi menjauh dari hal yang dia endus di saat ia sudah cukup puas mengendusnya.

Ketika kucing mengendus sesuatu secara terus-terusan tentunya kita yakin bahwa ada suatu hal yang menjadi penyebab mengapa kucing melakukan hal ini. Lalu apakah penyebab utama yang membuat kucing terus mengendus sesuatu ?

Bagi sobat Anggora yang penasaran ingin tahu apa saja sebabnya maka sobat wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini.


7 Penyebab Utama Kucing Mengendus Secara Terus Menerus

Hal yang wajar bagi kita untuk merasa heran sewaktu melihat kucing mengendus sesuatu secara terus-terusan. Ini karena tingkah kucing yang satu ini jarang sekali kucing lakukan sehingga terkesan agak kurang umum di lakukan oleh kucing.

Meskipun hal ini kurang umum di lakukan oleh kucing namun kamu tak perlu khawatir akan hal ini sebab ini bukanlah hal yang bisa membahayakan kesehatan ataupun menghilangkan nyawa si sobat bulu kesayangan.

Dengan catatan si kucing cuma mengendus-endus saja dan tak melakukan hal lainnya. Sewaktu kucing mengendus-endus seseuatu secara terus menerus pastinya ada suatu penyebab yang membuat kucing melakukan hal ini.

Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri, beberapa penyebab kucing mengendus sesuatu secara terus-menerus adalah karena :

1. Mencium Bau Yang Aneh

Penyebab pertama yang membuat kucing terus menerus mengendus sesuatu adalah karena si kucing mencium bau yang menurutnya begitu aneh. Bau ini menarik perhatian kucing sehingga kucing akan terus mengendus bau tersebut.

Beberapa bau yang aneh menurut kucing seperti bau kaos kaki kotor, bau sepatu, bau sampah dan sejenisnya. Ketika kucing menemukan bau aneh, umumnya kucing akan terus mengendusnya sampai menemukan sumber baunya. 


2. Mencium Bau Busuk

Selain karena bau yang aneh, kucing juga sangat suka mengendus bau yang busuk. Bukannya kucing benci bau yang busuk karena penciuman nya sangat tajam? Kucing memang benci bau yang busuk namun tak semua bau busuk di benci oleh kucing. 

Contohnya adalah bau bangkai hewan, bau makanan sisa di tempat sampah dan sejenisnya. Bau-bau ini bisa di bilang busuk bahkan kita manusia tak suka mencium bau ini dan berusaha menyingkirkannya sesegera mungkin karena baunya sangat mengganggu. 

Namun hal ini berbeda bagi kucing, kucing suka mencium bau ini. Ketika mereka mencium bau ini maka kucing akan mengendus bau tersebut dan berusaha menemukan sumber baunya. Bila kucing menganggap bahwa sumber bau itu bisa di makan maka kucing akan memakannya.


3. Mencium Bau Makanan

Jika kucing kamu mengendus terus ke sesuatu benda maka cobalah perhatikan benda yang di endus kucing. Perhatikan apakah di sana ada sisa makanan yang  masih menempel atau perhatikan juga apakah di sana ada bau makanan yang tercium. 

Jikalau ada salah satu dari dua hal di atas, maka kita bisa yakin bahwa alasan sebenarnya kucing terus mengendus-endus sesuatu hanyalah karena adanya sisa-sia makanan yang menempel atau karena adanya bau makanan pada benda tersebut.


4. Adanya Bau Kucing Lain

Bau kucing lainnya juga dapat membuat kucing mengendus terus. Kalau kamu saat di luar rumah baru saja berinteraksi dengan kucing jalanan maka saat kamu pulang ke rumah, kamu akan melihat kucing kamu akan menatap kamu dengan pandangan yang tajam.

Ini kucing lakukan karena ia merasa aneh dengan bau kamu. Kucing merasa bahwa di tubuh kamu ada bau lainnya yakni bau kucing. Ini membuat kucing akan penasaran dengan bau tersebut dan kucing akan mengendus-endus bau tersebut terus-menerus. 

Sewaktu kucing merasa yakin bahwa bau tersebut hanyalah sekedar bau semata, kucing akan berhenti mengendus dan pergi menjauh dari kamu.


5. Bau Wilayah Kucing Lainnya

Kucing kamu terus mengendus-endus tembok rumah kamu atau tembok bangunan lainnya? Kalau iya, ini mungkin karena kucing mencium bahwa bangunan tersebut sudah di tandai sebagai wilayah kekuasaan dari kucing lainnya yang berada di sekitar lingkungan kamu tinggal.

Umumnya kucing jantan akan menandai daerah kekuasaannya dengan cara meninggalkan baunya di tempat tersebut. Caranya yakni dengan menggosok-gosokkan tubuhnya ke lantai atau tanah dan juga mengencingi area tersebut. 

Jadi, bila kucing mencium tembok, lantai dan tanah terus menerus tanpa ada niat untuk kencing atau buang air besar di sana maka bisa jadi ini adalah karena ia mencium bahwa daerah dimana saat ini ia berada sudah di tandai sebagai wilayah kucing lainnya.

 

6. Mengenali Kucing Di Sekitarnya

Beberapa kucing akan mengendus kucing lainnya ketika kucing tersebut baru saja datang dari luar rumah. Kucing yang berada dalam rumah akan mendekati kucing yang baru saja datang tersebut dan mengendus-endusnya untuk beberapa saat.

Ketika mereka mengenali bau si kucing maka kucing yang mengendus tersebut akan bersikap biasa pada kucing tetapi bila kucing yang mengendus tak mengenali bau si kucing maka kucing akan memarahi atau menyerang kucing tersebut untuk mengusirnya ke luar rumah. 


7. Bau Kucing Baru

Apakah kamu baru saja mengadopsi kucing baru di rumah kamu ataukah di rumah kamu ada kucing yang baru saja melahirkan maka kucing mengendus terus-terusan mungkin di sebabkan oleh hal ini. Biasanya kucing lain akan suka mengendus bau kucing baru. 

Entah itu mencium bau kucing secara langsung ataupun mencium bau kucing baru yang tertinggal di sofa, kasur, kain dan di tempat-tempat lainnya. Alasan kucing melakukan ini sederhana, kucing merasa bahwa bau ini asing yang membuat kucing menjadi penasaran terhadap baunya. 

 

Itulah dia beberapa penyebab utama kenapa kucing terus menerus mengendus sesuatu. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat pembaca. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url