6 Alasan Utama Kenapa Kucing Mencium Wajah Kita

Seperti yang kita semua tahu bahwa penciuman kucing jauh lebih tajam dari manusia ini membuat kucing jauh lebih baik dari manusia dari segi penciuman. Meskipun kucing memiliki penciuman yang tajam namun kucing terkadang abai terhadap bau di sekitarnya.

 

Alasan Utama Kenapa Kucing Mencium Wajah Kita


Namun meskipun begitu, kucing tak jarang akan mencium bagian tubuh pemilik atau manusia yang berada di sekitarnya. Salah satu bagian tubuh manusia yang kadang kala kucing ciumi adalah bagian wajah kita.

Umumnya kucing akan mencium wajah kita ketika kita dalam posisi duduk ataupun dalam posisi sedang berbaring. Kalau untuk posisi berdiri kucing jarang sekali melakukannya kecuali jikalau kita menggendongnya maka kucing terkadang juga akan menciumi wajah kita.

Melihat kucing melakukan hal ini tentunya kita sebagai pecinta kucing yang belum mengerti mengapa kucing melakukan hal ini pastinya akan bertanya-tanya dalam hati. Pertanyaan tersebut seperti mengapa kucing suka mencium wajah kita, apakah kucing menyukai kita dan sebagainya.

Lalu apa jawabannya ? Bagi kamu yang bertanya-tanya akan hal ini dan penasaran ingin tahu jawabannya maka kamu wajib membaca tulisan Anggora ini.


Apakah Kucing Melakukan Ini Karena Ia Sangat Menyayangi Kita ?

Tentu saja saat kita merawat kucing dengan sangat baik, kucing akan sangat menyayangi kita bahkan kucing akan menganggap bahwa kita adalah seorang orang tua baginya ataupun mengganggap kita sebagai kakak tertuanya.

Namun ketika kucing menciumi wajah kita, itu bukan berarti hanya di sebabkan karena si anak bulu kesayangan menyayangi kita tetapi ada alasan lainnya mengapa ia melakukan hal ini. Ia melakukan hal ini karena alasan atau tujuan tertentu.

 

Lalu Apa Alasan Utama Kucing Menciumi Kita ?

Kucing bukannya mencium wajah kita karena ingin mengutarakan rasa sayangnya terhadap kita namun ada alasan lainnya mengapa kucing kesayangan melakukan hal ini. Beberapa alasan utama kucing melakukan hal ini berdasarkan sepengetahuan Anggora yakni karena :

1. Ada Bau Yang Menarik Perhatian Kucing

Alasan pertama yang membuat kucing mencium wajah kita adalah karena ada bau yang menarik perhatian kucing yang berasal dari wajah kamu. Ini membuat kucing penasaran dan ingin tahu apakah benar bau ini berasal dari wajah kamu.

Akibatnya kucing akan menciumi wajah kamu terus-menerus dan setelah ia yakin bahwa bau itu berasal dari kamu maka si kucing pun akan segera berhenti menciumi wajah kamu. Umumnya ada beberapa bau yang bisa menarik perhatian kucing.

Bau-bau tersebut seperti bau yang di sukai oleh kucing yakni bau minyak zaitun, lavender dan sejenisnya dan bau yang agak aneh contohnya adalah bau ikan asin, bau sepatu yang telah lama tak di cuci dan lainnya.


2. Ada Bau Makanan Di Wajah Kamu

Mungkin ada bau makanan yang tercium dari wajah kamu yang membuat kucing menciumi wajah kamu. Biasanya kucing melakukan ini untuk mencari sumber bau tersebut dengan harapan bahwa ia bisa menemukan sedikit makanan untuk di makan sebagai cemilan.

Adanya bau makanan di wajah umumnya terjadi karena ketidaksengajaan kita yang tanpa sengaja mengusap wajah sesaat setelah kita memegang makanan. Bisa juga ini di karenakan saat memasak kita menyentuh wajah kita setelah menyentuh makanan namun setelah selesai masak kita lupa untuk membasuh wajah kita.


3. Merayu Kamu Supaya Kamu Segera Memberi Ia Makan

Kucing kamu mungkin sedang lapar karena itulah ia  mencium wajah kamu. Ketika kucing sedang lapar kucing akan melakukan hal ini sembari menggosok-gosokkan wajahnya serta tubuhnya ke wajah kita.

Ketika kucing melakukan hal ini yang harus kita lakukan hanyalah memberi kucing makan. Bila belum waktunya kucing untuk makan maka kamu cukup memberi sedikit cemilan pada kucing untuk menunda rasa laparnya.


4. Kucing Meminta Cemilan

Kucing juga melakukan hal ini untuk meminta cemilan. Hal ini sering di lakukan kucing ketika ia merasa bahwa ia sedikit lapar. Serupa dengan saat kucing merayu kamu supaya kamu memberi ia makan, saat kucing lapar pun kucing akan mengeong dan menggosokkan tubuhnya ke kamu.

Bila kebetulan pada saat itu kamu sedang dalam posisi berbaring atau duduk maka kucing juga akan mencium wajah kamu jika ia menginginkannya.


5. Menghibur Kamu

Selain karena ingin merayu kamu supaya ia di berikan makan, kucing juga akan mencium wajah kita ketika kita sedang bersedih. Kucing melakukan hal ini untuk mengalihkan perhatian kita supaya kita tak terlalu jatuh dalam kesedihan.

Kucing juga melakukan hal ini supaya kita bisa melupakan rasa sedih kita. Beberapa kucing yang melihat pemiliknya sedih juga akan melakukan beberapa hal lainnya untuk menghibur pemiliknya yang ia sayangi.

Seperti kucing akan tidur di pangkuan kita, kucing akan menggosok-gosokkan tubuhnya ke kaki atau badan kita, kucing akan bertingkah konyol, kucing akan menggigiti kita dan beberapa tindakan lainnya yang umum di lakukan kucing sewaktu pemiliknya bersedih.


6. Kucing Hanya Sedang Birahi Saja

Jangan sombong dulu kalau kucing kamu mencium kamu tanpa alasan tertentu karena bisa jadi si sobat bulu kesayangan melakukan hal ini pada kamu hanya karena si kucing sedang dalam kondisi birahi.

Sewaktu kucing birahi, kucing akan sangat manja pada pemiliknya ataupun manusia yang berada di sekitarnya. Mereka akan senang tidur di dekat kita, senang menggosok-gosokkan tubuhnya ke kita, senang menciumi wajah kita dan lainnya.

Oh iya tidak semua kucing akan seperti di atas ya. Hanya kucing berjenis kelamin betina yang akan bersikap manja di saat mereka sedang birahi. Untuk kucing jantan, mereka akan cuek dan cenderung suka berkeliaran di luar rumah di saat mereka sedang birahi.


7. Kucing Sangat Menyayangi Kamu

Menciumi wajah kita juga adalah salah satu cara kucing mengekspresikan rasa sayangnya pada kita. Pada umumnya ini hanya di lakukan kucing sewaktu kucing benar-benar menyayangi manusia yang telah merawatnya.

Saat kucing sedang tidak lapar, di wajah kamu tak ada bau tertentu, kucing sedang tak birahi dan kamu sedang tidak bersedih lalu si kucing kesayangan mencium wajah kamu maka besar kemungkinan alasannya cuma satu yakni kucing sedang mengutarakan perasaan sayangnya pada kamu.


Itulah dia pembahasan mengenai mengapa kucing mencium wajah kita dan hal-hal yang berkaitan dengan hal ini. Kini kamu menjadi tahu mengapa kucing melakukan hal ini pada kamu. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url