6 Alasan Kucing Menggosokkan Kepala Ke Tangan Kita

Kucing punya banyak sekali perilaku yang tak terduga. Beberapa dari para pecinta kucing sering mengatakan perilaku kucing ini perilaku random. Bukan cuma itu saja karena perilaku tak terduganya ini, kucing juga sering di juluki hewan paling random di antara hewan peliharaan lainnya.

 

Kucing Menggosokkan Kepala Ke Tangan

 

Banyak perilaku yang tak terduga sering kali kucing lakukan. Contohnya kucing secara tiba-tiba menyentuh atau mencium wajah kita, mengendus tubuh kita, mengendus-endus kaki, melompat secara tiba-tiba ke badan kita, menggosokkan kepalanya ke tangan dan beberapa perilaku lainnya.

Pada kesempatan kali ini Anggora tak akan membahas seluruh perilaku yang baru saja Anggora sebutkan di atas, hanya membahas mengenai kucing menggosokkan kepala ke tangan dan alasan mengapa kucing melakukan hal ini.

Tanpa basa-basi lagi mari kita mulai penjelasan mengenai hal ini. Baca penjelasan Anggora sampai akhir ya sobat agar lebih paham mengenai hal ini.

 

6 Alasan Kucing Menggosokkan Kepala Ke Tangan

Pastinya kamu pernah merasakan tangan kamu di gosok-gosok dengan kepala oleh kucing kesayangan kamu. Ketika kucing menggosokkan kepalanya ke tangan kita rasanya pasti agak terasa sangat menggelikan.

Selain membuat kita merasa geli, hal ini terkadang juga membuat kita tertawa apabila kucing yang menggosokkan kepalanya sampai jungkir balik di hadapan kita. Bukan cuma itu saja ini juga bisa membuat kita penasaran kenapa kucing suka menggosokkan kepala ke tangan kita.

Pastinya ada alasan mengapa kucing melakukan hal ini. Adapun alasannya setahu Anggora adalah sebagai berikut ini :

1. Kucing Merasa Gatal

Pikiran pertama yang mungkin terpikir oleh kita di saat kucing melakukan hal ini adalah kucing merasa gatal. Apa yang kita pikirkan ini memang benar dan umumnya kucing melakukan ini di saat leher atau kepalanya merasa gatal.

Kedua bagian ini memang bisa di jangkau oleh kucing dengan menggunakan tangannya bila ia merasa gatal namun ketika ia menggaruk bagian yang gatal dengan kuku-kukunya, ini tak senikmat ketika ia menggosokkan kepalanya ke tangan kita.

Selain nikmat kucing pun melakukan hal ini karena ia bisa menggaruk bagian tubuhnya dengan mudah dan jangkauan untuk menggaruk tubuh yang gatal juga sangat luas. Inilah salah satu alasan mengapa kucing suka menggosokkan kepalanya ke tangan kita ketika ia merasa gatal.

 

2. Kucing Mengajak Bermain

Kucing tak cuma menggosokkan kepalanya ke tangan di saat ia merasa gatal tapi di saat ia ingin bermain dengan kamu, kucing juga akan melakukan hal ini. Hanya saja saat kucing mengajak bermain ia tak akan menggosokkan kepala berulang-ulang kali ke tangan.

Kucing cuma akan menggosokkan kepalanya sekali, dua kali atau bahkan tiga kali ke tangan kita sebelum pada akhirnya ia menangkap tangan kita lalu menggigitnya ataupun menangkap lalu menendang-nendang tangan kita.

Sewaktu kucing kamu melakukan hal serupa seperti apa yang Anggora barusan jelaskan di atas maka bisa di pastikan kucing kamu sedang ingin bermain bersama kamu. Mainlah bersamanya sebentar untuk membuatnya senang dan meningkatkan hubungan antara kamu dengan kucing kamu.

 

3. Kucing Merasa Lapar

Kucing kamu mungkin sedang lapar karena itulah si kucing berperilaku seperti ini. Ketika kucing sedang lapar maka kebanyakan kucing akan bertingkah sangat baik dan manja untuk merayu kamu atau orang yang berada di sekitarnya.

Ia akan mengikuti kamu, mencium wajah kamu, menggosokkan tubuhnya ke badan atau kaki kamu dan menggosokkan kepalanya ke tangan kamu. Sebenarnya masih banyak perilaku yang mungkin kucing tunjukkan selain beberapa perilaku di atas.

Tetapi apapun perilaku kucing itu, intinya dia melakukan hal ini untuk merayu kamu atau memberi kode pada kamu bahwa ia sedang lapar dan ingin segera di beri makan.

 

4. Kucing Merasa Keenakan

Ketika kamu menggaruk-garuk leher kucing kamu dan kucing terlihat merasa senang dengan hal ini maka ketika kamu berhenti terkadang kucing akan menggosok-gosokkan kepalanya kembali ke tangan kamu sampai beberapa kali.

Mengapa kucing melakukan ini ? Ini karena kucing minta agar kamu melanjutkan menggaruk-garuk lehernya lagi karena ia merasa garukan kamu ke lehernya sangat enak. Bila kucing memberi kode ini maka sebaiknya kamu mengikuti keinginan sobat bulu kamu.

Ketika kamu melanjutkan menggaruk-garuknya dan kucing puas maka si kucing akan pergi dengan sendirinya dari sekitar kamu.

 

5. Kucing Sedang Birahi

Menggosokkan-gosokkan kepala ke tangan juga sangat sering di lakukan oleh kucing yang sedang birahi. Umumnya ini hanya di lakukan oleh kucing betina yang sedang birahi, kucing jantan yang birahi jarang melakukan ini. Alasannya karena kucing betina yang birahi akan menjadi sangat manja.

Karena kucing sangat manja, kucing yang tadinya cuek akan sangat senang berada dekat dengan kita, senang bersama kita, bersikap sangat jinak. Kucing juga akan sangat senang di elus dan suka menggosok-gosokkan kepalanya ke tangan kita.

 

6. Kucing Telah Terbiasa

Ada pepatah kuno yang mengatakan bahwa "bisa karena terbiasa". Bila kucing menggosokkan kepalanya ke tangan kita dan hal ini sering di lakukan oleh kucing maka bisa saja ini karena kucing terbiasa melakukan hal ini. Kucing terbiasa melakukannya semenjak ia kecil.

Karena itulah di saat kucing dewasa maka kebiasaan ini terus ada dan sering di lakukan oleh sobat bulu ke sayangan kita. Karena kebiasaan ini tak mengganggu kita dan tak membahayakan kucing maka tidak masalah membiarkan kucing tetap melakukannya.

Malah hal ini justru bisa menjadi ciri khas dan keunikan tersendiri pada kucing kita yang tak di miliki oleh orang lain.

 

Itulah dia pembahasan mengenai 6 alasan kucing menggosokkan kepalanya ke tangan kita. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat Anggora.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url