6 Penyebab Kenapa Kucing Suka Mencium Bibir Kita

Kucing adalah hewan yang memiliki perilaku yang tak terduga yang mana prilaku ini dapat menimbulkan berbagai perasaan pada diri kita. Contohnya kucing yang tiba-tiba menangkap kaki kita dapat membuat kita terkejut sekaligus merasa senang karena ia bertingkah lucu


Kenapa Kucing Suka Mencium Bibir Kita


Selain itu kucing terkadang senang tiba-tiba berada di dekat kita dan meminta kita memanjakan mereka dengan mengelus-elus kepala ataupun tubuhnya. Kucing juga senang menciumi tubuh kita. Mereka akan menciumi kaki, tubuh tangan atau kepala kita.

Bahkan tak jarang kucing juga akan menciumi bibir kita. Kalau menciumi kaki, tangan atau tubuh mungkin hal ini adalah hal yang biasa namun kalau kucing mencium bibir kita maka tentunya hal ini akan memunculkan beberapa pertanyaan pada diri kita sebab ini jarang sekali kucing lakukan.

Seperti pertanyaan kenapa kucing suka mencium bibir kita dan apakah hal ini berbahaya bagi kita  ? Bagi kamu yang memiliki pertanyaan serupa dengan pertanyaan ini maka kamu dapat mengetahui jawabannya dengan membaca tulisan ini.

 

6 Penyebab Kenapa Kucing Suka Mencium Bibir Kita

Ketika kucing senang menciumi bibir tentu hal ini membuat kita keheranan kenapa kucing senang melakukan hal ini. Alasannya karena hal ini memang bukanlah hal yang biasa di lakukan oleh kucing. Baik itu kucing peliharaan ataupun kucing liar, keduanya tak biasa melakukan hal ini.

Kucing biasanya hanya senang menciumi kaki, tubuh atau tangan kita. Ketika kucing melakukan hal ini pastinya ini di sebabkan oleh hal tertentu. Lalu apakah penyebab yang membuat kucing suka menciumi bibir, berikut ini beberapa di antaranya :

1. Kucing Memang Menyukai Kita

Kucing tak akan mau mencium mulut kita jikalau kucing membenci kita karena itulah ketika kucing melakukan hal ini itu mungkin hanya karena kucing memang menyukai kita. Dia menyukai kita bukan karena kita pemiliknya tapi karena kita telah merawatnya dengan baik.

Saat kucing sangat menyukai seseorang, kucing tak hanya akan suka menciumi bibirnya tapi kucing juga akan senang mengikuti, senang berada di dekatnya, senang di manja olehnya, senang berada di dekatnya dan beberapa hal lainnya yang tak biasa di lakukan oleh kucing dengan manusia.

 

2. Kucing Menyukai Bau Bibir Kita

Penyebab selanjutnya adalah karena ada bau yang menempel di bibir dan bau ini di sukai oleh kucing. Karena bau inilah kucing senang mencium bibir kamu. Ada beberapa bau yang di sukai kucing berdasarkan apa yang Anggora tahu.

Beberapa bau tersebut antara lain :

  • Bau minyak zaitun

  • Bau bunga lavender

  • Bau thyme, bentuknya mirip semacam rumput-rumputan

  • Honeysuckle

  • Tumbuhan catnip

  • Bau minyak goreng

 

Kalau kucing kamu suka mencium bibir kamu penyebabnya mungkin adalah karena hal ini.

 

3. Mulut Kamu Ada Bau Aroma Makanan

Mungkin kamu baru saja makan sesuatu sehingga ada aroma bekas makanan yang menempel di mulut kamu. Karena kucing kamu mencium bau yang menarik perhatiannya ia pun mencari sumber bau tersebut dan akhirnya mengarah pada mulut kamu.

Ketika kucing telah menemukan bahwa bau enak tersebut berasal dari bibir kamu maka kucing akan terus mengendusnya. Lalu di saat ia yakin itu benar-benar dari mulut kamu, kucing akan mencium bibir kamu bahkan seringkali kucing akan menjilati bibir kamu.

 

4. Ada Sedikit Sisa Makanan Yang Menempel Di Mulut Kamu

Sama dengan penyebab nomor 3 di atas ketika ada sedikit makanan yang menempel di bibir kamu akan membuat kucing senang menciumi bibir kamu. Ia akan menciumi bibir kamu dan saat ia menemukan sisa makanan yang menempel maka kucing akan menjilatinya untuk membersihkan makanan yang menempel.

Beberapa kucing bahkan akan secara tak sengaja menggigit mulut namun kamu sendiri tahu apa yang terjadi setelahnya. Bukannya marah sang pemilik malah terkejut dan tertawa terbahak-bahak karena perilaku kucing peliharaannya itu.

 

5. Faktor Kebiasaan

Hal ini juga bisa di sebabkan oleh faktor kebiasaan. Kucing yang biasa di ajari melakukannya hal ini sedari kecil tentunya akan menjadi terbiasa akan hal ini. Ini membuat kucing akan senang menciumi bibir pemiliknya.

Ada beberapa tujuan mengapa para pemilik kucing membiasakan hal ini pada kucing mereka. Alasannya agar kucingnya beda dengan kucing lainnya, sang pemilik melatih kucingnya demi kesenanganya sendiri dan ada juga yang membiasakan hal ini karena ia senang kucing menciumnya.

Apapun alasannya selama kucing tak tersakiti dan pemilik bahagia maka hal ini tak masalah untuk di lakukan.

 

6. Kucing Sedang Merayu Kamu

Kucing mencium bibir kita karena ia punya tertentu yakni sedang berusaha merayu kamu. Kucing merayu kamu supaya kamu segera memberinya makanan karena ia saat ini mungkin sedang sangat kelaparan.

Saat lapar, ketika kita mendekatkan wajah kita ke kucing, ada beberapa hal yang umumnya kucing lakukan untuk merayu seseorang.

Kucing mungkin akan menciumi muka dan mulut kamu, kucing akan menggosokkan kepalanya ke wajah kamu, kucing akan menangkap mulut atau wajah kamu kemudian berusaha menariknya kedekatnya dan beberapa tindakan lainnya.

Jadi, ketika kucing melakukan hal ini, bisa jadi kucing kamu sedang berusaha merayu kamu supaya kamu memberi ia makan.

 

Apakah Hal Ini Berbahaya Bagi Kita ?

Sebenarnya ini tak berbahaya selama kucing yang melakukannya adalah kucing yang sehat. Namun kita perlu melakukan antisipasi akan hal ini karena kita tak tahu apa yang kucing cium sebelumnya sebelum ia mencium bibir kita.

Bisa saja kucing mencium bangkai hewan atau makanan yang busuk yang mana kedua hal ini bisa menyebabkan mulut kucing sebagai perantara penyebaran bakteri ataupun penyakit tertentu dan membuat kita sakit perut.

Karena itulah setelah kucing mencium mulut kita sebaiknya basuh mulut menggunakan sabun anti bakteri.


Itulah dia pembahasan mengenai 6 penyebab kenapa kucing suka mencium bibir kita dan apakah hal ini berbahaya bagi kita. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url