7 Penyebab Kenapa Kucing Selalu Menggigit Kita

Pastinya menyenangkan memelihara kucing di rumah. Apalagi jikalau kucing kita bebaskan di rumah dan sering berinteraksi dengan kita maka ini bisa menjadi salah satu penghilang stress alami bagi kita sehingga membuat kita semangat menjalani kehidupan kembali.


Penyebab Kenapa Kucing Selalu Menggigit Kita

 

Memang sih memelihara kucing menyenangkan bagi mereka yang memeliharanya namun terkadang kucing bisa melakukan hal yang tak terduga juga, yang mana dapat membuat kita menjadi kesal, bingung dan keheranan.

Salah satu kerjaan kucing yang suka membuat kita kesal, bingung serta keheranan yakni kucing suka menggigit kita. Kita tak melakukan apapun yang di benci kucing namun setiap kali kita hendak memegang kucing, si sobat bulu kesayangan tetap saja menggigit tangan kita.

Bagi kamu yang kucingnya memiliki perilaku seperti ini tentu saja akan membuat kamu bertanya-tanya kenapa kucing suka menggigit tangan kamu. Kenapa kucing selalu menggigit kita ? Ketahui jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini :

 

7 Penyebab Kenapa Kucing Selalu Menggigit Kita

Apakah kucing kamu suka menggigit kamu ? Jika iya maka kamu jangan marah dulu padanya atau kamu jangan bersedih hati akan hal ini karena kucing kamu bukannya membenci kamu tetapi ada hal lain yang menjadi penyebab utama mengapa kucing melakukan hal ini.

Lalu apa saja penyebab ? Kalau setahu Anggora sih beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut ini :

1. Faktor Kucing Yang Berusia Muda

Mungkin kucing kamu masih berusia muda karena itulah jiwa kekanak-kanakannya masih ada. Ini membuat kucing tak suka di pegang. Nah setiap kali kita memegang kucing maka ia secara otomatis akan mendorong atau menggigit tangan kita untuk melepaskan diri.

Kenapa kucing tak suka kita pegang ? Ini dikarenakan jiwa kanak-kanaknya ini, kucing senang berkeliaran bermain kesana kemari. Ketika kita memegang serta menahan kucing maka kucing akan salah paham dan mengira bahwa kita ingin menghalanginya bermain kemudian menggigit kita.

Sewaktu kita memegang kucing, kucing pun dapat mengira kita sedang mengajaknya bermain lalu ia akan menggigit tangan kita kemudian berlari menjauh. Di samping itu saat kucing masih berusia muda, mereka akan sangat hobi mengejar, menangkap serta menggigit benda bergerak di sekitar mereka.

Karena hobinya ini banyak kaki atau tangan pemilik kucing yang menjadi targetnya. Jadi, kalau kucing kamu suka menggigit kamu maka bisa jadi ini di sebabkan karena faktor usia kucing kamu yang masih muda.

 

2. Kucing Merasa Geli

Apakah kucing kamu menggigit kamu ketika kamu menyentuh bagian perutnya? Bila iya, mungkin inilah penyebabnya. Ketika kamu memegang perut kucing, kucing akan merasa sangat geli. Ini karena di bagian perut kucing terdapat folikel-folikel yang sensitif terhadap sentuhan.

Sentuhan selembut apapun yang kamu berikan kepada kucing maka kucing akan tetap bisa rasakan dan saat kamu menyentuhnya maka kucing akan merasa geli. Untuk menghentikan tindakan kamu maka kucing akan menendang ataupun menggigit tangan kamu.

 

3. Kucing Tak Menyukai Tindakan Kamu

Penyebab yang ketiga adalah kucing tak menyukai tindakan kamu karena itulah kucing mencoba menghentikan kamu melakukan hal tersebut dengan cara menggigit kamu. Biasanya ini di lakukan oleh kucing ketika ia merasa benar-benar terganggu dengan tindakan kamu.

Beberapa contoh tindakan mengganggu yang tak di sukai kucing dan membuat ia akan menggigit kita adalah kita sering memukul-mukul kepalanya, mengelus-elus perutnya, memelintir bola-bola kecil miliknya dan lainnya.


4. Kamu Memegang Bagian Yang Tak Boleh Di Pegang

Bisa jadi kucing yang menggigit kamu adalah di karenakan kamu memegang bagian terlarang untuk di pegang pada tubuhnya. Ketika seseorang memegang bagian terlarang ini biasanya kucing akan merasa tak nyaman serta merasa sangat terganggu.

Itulah sebabnya ketika kita memegang bagian ini tak jarang kucing marah, mencakar kita ataupun menggigit kita. Umumnya beberapa bagian yang terlarang untuk di pegang pada tubuh kucing adalah ekor, daun telinga, bagian bawah perut dan kaki kucing.


5. Penyakit

Penyakit juga dapat menjadi penyebab mengapa kucing suka menggigit kita setiap kali kita berinteraksi dengan mereka. Contohnya adalah ketika kucing memiliki masalah pada perutnya lalu kita secara tak sengaja menyentuh bagian ini maka kucing akan marah pada kita.

Tak sampai di situ saja kucing pun akan mencakar ataupun menggigit  tangan kita. Bagi mereka yang tak sadar dengan kondisi kucingnya maka mereka hanya mengira bahwa kucing hanya sedang tak ingin di ganggu saja padahal kenyataannya kucing sedang menderita penyakit tertentu.


6. Hamil

Kehamilan juga salah satu faktor yang membuat kucing selalu menggigit kita jika kita berinterkasi dengannya. Ini karena sewaktu kucing hamil kucing cenderung lebih mudah emosi dan merasa terganggu dengan orang atau hewan lain yang berada di sekitarnya.

Bisa di bilang perilaku kucing yang sedang hamil ini hampir mirip dengan perilaku ibu-ibu hamil yang mudah emosi dan suka marah karena pengaruh dari kehamilannya. Karena itulah ketika kucing kamu sedang hamil sebaiknya jangan terlalu mengganggunya jikalau kamu tak ingin ia marah lalu menggigit kamu.

 

7. Stress

Selain kehamilan, stress juga dapat membuat si sobat bulu kesayangan menjadi lebih pemarah, aggresif serta memiliki beberapa perubahan perilaku lainnya. Banyak faktor yang bisa menyebabkan stress pada kucing kesayangan.

Penyebabnya bisa jadi karena kandang kucing terlalu sempit, mabuk perjalanan, kondisi lingkungan baru, kucing birahi namun tak bisa kawin, baru saja melahirkan, akibat penyakit tertentu yang di derita oleh kucing dan lainnya.

Ketika kamu merasa bahwa kucing kamu sedang mengalami stress, Anggora sarankan untuk segera mengatasinya untuk menghindari hal-hal yang tak di inginkan terjadi pada kucing kamu ataupun pada diri kamu.

Untuk mengatasinya kamu dapat melihatnya di situs ini. Cukup ketikkan di kolom pencarian Cara Menghilangkan Stres Pada Kucing atau kamu dapat membawa kucing kamu ke dokter hewan untuk mengatasi stressnya.


Itulah dia beberapa penyebab kenapa kucing selalu menggigit kita ketika kita menyentuhnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url