6 Penyebab Kenapa Kucing Mengendus Baju Kita

Bagi kamu yang memelihara kucing pastinya tahu bahwa kucing memiliki perilaku yang sulit di tebak. Perilaku mereka begitu random sehingga sulit bagi kita untuk menebak beberapa perilaku mereka. Salah satu perilaku tersebut adalah kucing yang tiba-tiba mengendus baju kita.


Penyebab Kenapa Kucing Mengendus Baju Kita

 

Pada awalnya kita mengira bahwa kucing hendak bermanja pada kita dengan mendekati kita lalu berdiam di dalam pangkuan kita. Namun ternyata hal tersebut bukan seperti apa yang telah kita pikirkan. Si kucing malah mengendus baju kita.

Si kucing mengendus-endus baju kita terus menerus bahkan terkadang setelah mengendus baju kita, beberapa kucing malah akan menjilati baju kita. Melihat perilaku kucing yang aneh ini tentunya kita pasti bertanya-tanya dalam hati.

Seperti kenapa kucing mengendus baju kita dan apakah hal ini wajar di lakukan oleh kucing. Bagi kamu yang memiliki pertanyaan serupa maka untuk mengetahui jawabannya kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

6 Penyebab Kenapa Kucing Mengendus Baju Kita

Terkadang kucing akan senang mengendus pakaian kita. Kucing akan mengendus ke sana ke mari lalu setelahnya si kucing akan pergi menjauhi kita seolah tak terjadi apa-apa. Beberapa kucing bahkan menjilati baju kita beberapa saat lalu pergi.

Bagi kita mungkin apa yang kucing lakukan sekedar perilaku random tetapi sebenarnya ini lebih dari itu. Kucing melakukan hal ini karena penyebab tertentu. Setahu Anggora ada beberapa penyebab yang membuat kucing melakukan hal ini.

Nah apa saja penyebabnya ? Berikut beberapa di antaranya :

1. Baju Kamu Memiliki Aroma Kucing

Coba ingat apakah kamu sebelum sampai di rumah pernah memegang kucing di jalanan lalu tubuh kucing sempat mengenai baju kamu. Jika iya maka mungkin inilah penyebab mengapa kucing bertingkah aneh dan mengendus-endus baju kamu.

Ketika ada bau kucing lain di baju kamu maka otomatis kucing akan penasaran akan bau ini. Ini membuat kucing mengendus-endus baju kamu untuk memastikan bahwa bau ini berasal dari baju bukannya dari kucing lainnya.

Menurut Anggora ini lebih seperti tindakan jaga-jaga dan antisipasi atas bahaya. Kucing peliharaan kamu mungkin takut ada kucing lain yang hendak menyerangnya secara mendadak. Karena itulah ia ingin memastikan bahwa bau ini cuma berasal dari kamu. 

Ketika ia sudah yakin bahwa baunya dari kamu maka selanjutnya kucing bisa tenang dengan kondisinya saat ini.

 

2. Baju Kamu Ada Bau Makanannya

Sewaktu kita makan tak jarang beberapa dari kita mungkin akan secara tak sengaja menumpahkan makanannya. Lalu tumpahan makanan ini bisa saja mengenai baju kita serta meninggalkan sedikit aroma makanan padanya.

Beberapa dari kita mungkin lupa akan hal ini sesaat setelah kita sampai kerumah yang menyebabkan rasa heran karena kucing terus mengendus baju kita. Bila kita mengingatnya secara spontan ketika melihat perilaku kucing maka kita akan tahu bahwa ini hanyalah karena makanan yang tumpah tadi meninggalkan aromanya di baju kita.

 

3. Baju Kamu Memiliki Aroma Hewan Lain

Bukan cuma bau kucing liar atau kucing lain yang menempel di baju saja yang dapat membuat kucing tertarik dan waspada. Bau hewan lain pun dapat menjadi salah satu sebab kenapa kucing terus menerus mengendus baju kamu.

Coba ingat apakah kamu pernah memegang hewan lain dan baju kamu bersentuhan dengannya. Kalau kamu sebelumnya sempat memegang hewan lain maka bisa jadi inilah penyebab utama mengapa kucing mengendus baju kamu.

 

4. Kucing Menyukai Bau Di Baju Kamu

Serupa dengan manusia, kucing ternyata juga menyukai aroma-aroma tertentu. Ketika kucing mencium ada bau atau aroma yang dia sukai menempel pada baju kamu, tentu saja kucing akan mengendus-endus baju kamu secara terus menerus.

Setelah puas mencium bau tersebut, barulah si kucing akan pergi menjauh dari kamu. Biasanya ini terjadi ketika kamu memakai parfum yang memiliki aroma yang di sukai kucing. Contoh beberapa aroma yang di sukai kucing antara lain :

  • Lavender

  • Catnip

  • Zaitun

  • Bau thyme

  • Minyak goreng

  • Dan lainnya

 

5. Ada Bau Aneh Di Baju Kamu

Bukan cuma aroma atau bau aneh saja yang mungkin menarik perhatiannya. Bau yang aneh pun bisa menarik perhatian kucing. Ketika bau-bau ini menempel di baju kamu tentunya ini akan menarik perhatian kucing kamu karena ia merasa bau kamu sangat berbeda.

Karena itulah kucing yang merasa bahwa saat itu bau kamu cukup berbeda akan memastikannya dengan cara mengendus baju kamu. Ketika ia telah menemukan apa penyebabnya dan merasa bau ini cukup mengganggu maka ia akan pergi dari sisi kamu.

Namun sebaliknya jika ia merasa bau ini tak mengganggu dan membuat ia nyaman maka si sobat bulu kesayangan akan terus menempel di dekat kamu

 

6. Kucing Akan Mengencingi Kamu

Penyebab yang terakhir adalah si kucing mungkin akan mengencingi kamu. Ini biasa terjadi pada kucing jantan yang sedang birahi. Mereka sangat senang melakukan spraying ( menyemprotkan air kencing) sembarangan di mana saja.

Ketika kucing kamu yang mengendus baju kamu adalah kucing jantan yang sedang birahi maka sebaiknya kamu segera menjauhkan ia dari sisi kamu kalau kamu tak mau beberapa saat setelahnya kucing kesayangan kamu akan mengencingi kamu.

Biasanya perilaku buruk kucing ini akan hilang dengan sendirinya ketika ia telah melewati masa birahinya atau kamu bisa mengatasi hal ini dengan mensterilkan kucing dan untuk hal ini kamu membutuhkan dana lebih untuk melakukannya.

 

Apakah Hal Ini Normal Dilakukan Oleh Kucing ?

Pada dasarnya kucing adalah hewan liar. Karena itulah meskipun kucing telah menjadi hewan peliharaan di rumah dan tak peduli apapun jenis rasnya maka si kucing tetap saja akan memiliki naluri hewan liar. Ini membuat kucing akan melakukan hal yang biasa kucing liar lakukan.

Mengendus baju kita merupakan salah satu bagian dari naluri liar kucing itu sendiri. Ini bisa di bilang berguna untuk kucing sebagai tindakan penjagaan. Karena itula sewaktu kucing melakukan hal ini maka ini bisa di bilang hal normal dan wajar di lakukan oleh kucing.

 

Itulah dia beberapa penyebab kenapa kucing terus menerus mengendus baju kita. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url