6 Alasan Kenapa Kucing Selalu Menatap Kita

Bagi kamu yang memiliki kucing pastinya sudah terbiasa dengan perilaku yang unik. Perilaku tersebut dapat berupa kucing yang suka tidur di tempat yang tak lazim, senang menggosokkan pantatnya ke lantai, berlarian sendirian, marah- marah tak jelas dan lainnya. 


Alasan Kenapa Kucing Selalu Menatap Kita

 

Meskipun kita sudah terbiasa dengan perilaku kucing yang unik ini namun ada satu perilaku kucing yang membuat kita terkadang keheranan. Perilaku tersebut tiada lain adalah kucing yang selalu menatap ke arah kita di saat kita berada di dekatnya.

Memang sih ini tak terjadi sering kali namun tetap saja ini membuat kita keheranan dan bertanya dalam hati " Kenapa si kucing terus menatap kita saat ia melihat kita" ? Nah untuk menjawab pertanyaan ini dan menghilangkan rasa penasaran maka kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

6 Alasan Kenapa Kucing Selalu Menatap Kita

Kucing terkadang akan menatap kita sesaat setelah ia melihat kita berada di dekatnya namun ini tak sering di lakukan oleh kucing. Kucing melakukan hal ini biasanya bila ada alasan tertentu. Lalu apa saja alasan yang membuat kucing menatap ke arah kita?

Berikut ini beberapa alasan kucing selalu menatap kita berdasarkan pengalaman Anggora :

1. Kucing Mengira Mengajak Bermain

Ketika kucing masih belum beranjak dewasa atau masih anak-anak maka kucing akan cenderung senang menghabiskan sebagian waktunya untuk bermain. Kucing akan senang bermain ke sana kemari dan hobi mengejar benda-benda atau hewan kecil yang bergerak di sekelilingnya.

Karena kucing sedang bermain maka tak mengherankan bila kucing selalu menatap kita bilamana ada gerakan tubuh kita yang menarik perhatiannya. Misalnya bila mana rambut kita bergerak-gerak karena tertiup angin ataupun karena kita menggerakkan kepala kita maka kucing akan tertarikdengan rambut kita.

Selanjutnya kita pastinya tahu bahwa kucing akan terus menatap rambut tersebut. Kita yang mungkin belum paham akan hal ini mungkin mengira bahwa kucing sedang menatap kita padahal sebenarnya kucing hanya tertarik melihat pergerakan rambut di kepala kita dan ingin bermain dengan rambut kita.

 

2. Kamu Mengeluarkan Suara Aneh

Kamu mungkin mengeluarkan suara aneh itulah mengapa kucing menjadi selalu melihat ke arah kamu. Ini hal yang biasa terjadi pada kucing, ketika mereka mendengar suara yang tak biasa bagi mereka maka mereka akan terus menatap ke arah sumber suara.

Mereka akan terus menatap sampai mereka benar-benar yakin bahwa sumber suara tersebut bukanlah sesuatu yang bisa membahayakan diri mereka. Jika sumber suara bukanlah ancaman maka kucing akan mengabaikannya.

Tetapi bila ternyata sumber suara adalah ancaman dan bahkan bisa melukai mereka maka kucing akan memutuskan untuk berlari menjauh kemudian kucing akan bersembunyi di tempat-tempat yang mereka rasa aman.

 

3. Kamu Memakai Sesuatu Yang Aneh

Selain karena suara yang aneh, memakai suatu yang aneh juga dapat membuat kucing terus menatap kamu. Contohnya ketika kamu memakai helm di rumah dan mendekati kucing maka kucing akan menatap kamu terus menerus seolah mereka takut.

Lalu sesaat setelah kamu mendekati mereka, kucing malah lari ketakutan. Jadi, ketika kucing menatap kamu terus-menerus maka bisa jadi ini di karenakan kamu memakai sesuatu yang dianggap aneh dan menakutkan bagi para kucing.

 

4. Kamu Melakukan Gerakan Yang Membuatnya Takut

Umumnya kucing takut akan suatu gerakan tertentu contohnya gerakan memukul kasur dengan memakai sapu lidi, melompat-lompat lalu menghentakkan tanah, gerakan seolah akan memukul kucing dan beberapa gerakan lainnya.

Beberapa gerakan yang barusan Anggora sebutkan di atas dapat membuat kucing merasa waspada dan membuatnya akan terus melihat ke arah kamu. Bahkan jika kamu melakukan gerakan ini di dekat kucing, kucing bisa langsung lari dari kamu.

 

5. Kucing Kamu Sedang Lapar

Alasan kucing menatap kamu mungkin cuma karena kucing sedang lapar. Kebanyakan kucing mungkin ketika sedang lapar mereka akan mendekati kamu sambil menggosok-gosokkan badannya sambil mengeluarkan suara meongannya.

Tapi beberapa kucing ada juga yang cuma mengeong sebentar sambil menggosok tubuhnya ke arah kamu lalu setelahnya kucing duduk di samping atau di depan kamu sambil memandangi kamu terus-menerus. Kucing akan terus melakukan hal ini sampai ia di beri makan.

 

6. Kamu Baru Saja Datang Dari Luar Rumah

Coba perhatikan saat kamu baru kembali kerja dan kamu melihat kucing kesayangan berada di depan pintu rumah. Kamu akan melihat bahwa kucing seolah tak mengenali kamu dan kucing akan terus menatap kamu dengan sangat amat waspada.

Kemudian saat kamu mendekatinya si sobat bulu, bukannya menyambut kamu tetapi ia malah lari masuk ke dalam rumah. Ini adalah hal yang biasa di lakukan kucing ketika kita sang pemilik mendekati kucing tanpa memanggil namanya.

Bukannya kucing membenci kita hanya saja kucing memiliki tingkat waspada yang cukup tinggi terhadap manusia. Kucing akan memutuskan menjauh jika tak ada satu hal yang membuat ia yakin bahwa manusia yang mendekatinya adalah orang yang ia kenal.

Oh iya meskipun kebanyakan kucing memiliki tingkat waspada yang tinggi terhadap manusia namun ada beberapa kucing juga yang tak memiliki hal ini dan terkesan acuh tak acuh meskipun ada manusia yang tak ia kenal berada di dekatnya.

 

Itulah dia beberapa alasan yang membuat kucing selalu menatap ke arah kita terus-menerus. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url