7 Penyebab Kenapa Kucing Selalu Menggigit Kaki Kita

Bagi kamu yang punya peliharaan kucing di rumah pasti tahu bahwa hewan yang satu ini terkadang memiliki perilaku yang jahil. Mereka senang sekali menggoda kita yang mana terkadang membuat kita kesal maupun tertawa bahagia.


Kenapa Kucing Selalu Menggigit Kaki Kita

 

Bicara soal perilaku jahil kucing, salah satu perilaku jahil yang sering kucing lakukan adalah kucing senang menggigit kaki kita. Tanpa kita tahu kenapa, sering kali si sobat bulu kesayangan kita tiba-tiba saja menggigit kaki kita.

Setiap kali kucing melakukan hal ini kita tentunya akan terkejut atau mungkin kita keheranan dengan perilaku kucing. Bahkan tak jarang beberapa dari kita pemilik kucing khawatir akan hal ini, mereka takut bahwa ini dapat mempengaruhi kesehatan kucing.

Kenapa sih kucing selalu menggigit kita dan apakah hal ini berkaitan dengan masalah kesehatan kucing ? Cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

7 Penyebab Kenapa Kucing Selalu Menggigit Kaki Kita

Ketika kucing selalu menggigit kaki kamu maka kamu jangan bersedih dulu karena bisa jadi kucing kamu bukan membenci kamu atau kucing kamu bukannya sedang dalam keadaan sakit. Karena itulah jangan terlalu cepat membuat kesimpulan.

Saat kucing melakukan hal ini ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab mengapa kucing melakukannya. Beberapa besar penyebab utamanya kemungkinan adalah :

1. Kucing Cuma Sedang Bermain

Mungkin kucing kamu sedang bermain karena itulah ia menggigit kaki kamu. Biasanya saat kucing bermain dengan kaki kita, kucing akan berlari terlebih dahulu mengejar kaki kita kemudian si kucing barulah menggigit kaki kita.

Bisa juga ketika kita mendekatkan kaki kita ke kucing, kucing pada awalnya hanya menangkap kaki kita dengan tangannya lalu menariknya mendekati dirinya. Setelah kaki kita cukup dekat dengan mulut kucing maka si kucing akan menggigit kaki kita.

 

2. Kamu Menyentuh Kepala Kucing Dengan Kaki Kamu

Entah kenapa sering kali setiap kita menyentuh kepala kucing dengan menggunakan kaki kita maka si kucing akan terlihat marah dan tak jarang ia akan mencakar kaki kita ataupun menggigit kaki kita bahkan kucing akan langsung berlari menjauhi kita.

Kucing kelihatannya tak menyukai sikap kita ini seolah ia merasa bahwa tindakan ini tidak sopan untuk di lakukan. Mungkin ini cuma perasaan Anggora saja sih tapi beberapa dari pemilik kucing juga ada yang sependapat dengan hal ini.

Jadi, jika kamu baru saja di gigit kucing karena melakukan hal seperti menyentuh kepala kucing dengan kaki kamu maka bisa jadi ini adalah penyebab kenapa kucing selalu menggit kaki kamu.

 

3. Menyentuh Tubuh Kucing Dengan Menggunakan Kaki

Hal serupa juga berlaku dengan tubuh kucing. Jika kamu menyentuh kucing menggunakan kaki kamu maka beberapa kucing tak akan menyukai hal ini dan mereka akan cenderung mencakar kaki kamu, menggigit kaki kamu atau pergi kabur dari kamu.

Karena itulah jikalau kamu tak ingin kaki kamu selalu di gigit kucing sebaiknya kamu berhenti menyentuh tubuh kucing peliharaan kesayangan kamu dengan menggunakan kaki kamu dan sebaiknya menggunakan tangan kamu untuk menyentuhnya.

 

4. Kucing Merasa Geli

Rasa geli juga bisa menjadi faktor penyebab kucing menggigit kaki kita. Ini terjadi ketika kamu secara tak sengaja menyentuh perut kucing kamu dengan kaki kamu sehingga membuat kucing merasa sangat geli dan menggigit kamu secara reflek.

 

5. Kamu Datang Dari Tempat Lain

Ketika kamu datang dari tempat lain tak jarang tiba-tiba kucing datang mengejutkan kamu lalu kemudian ia menangkap kaki kamu lalu menggigitnya. Mungkin kamu bertanya mengapa kucing melakukan hal ini kepada kamu.

Jawabannya cukup sederhana yakni kucing mengira bahwa kamu mengajaknya bermain karena itulah si kucing berlari mengejutkan kamu lalu menangkap serta menggigit kaki kamu sesaat setelah kamu datang dari tempat lain.

 

6. Kucing Kamu Mungkin Sedang Stress

Stress juga bisa menjadi penyebab utama kucing selalu menggigit kaki kita. Berhati-hatilah dengan kucing kamu yang sedang stress, jangan sembarangan menjahilinya karena umumnya kucing akan sangat agresif ketika mengalami hal ini.

Kalau kucing cuma marah dengan cara mendesis padamu mungkin ini hal yang biasa dan tak berbahaya. Tapi bagaimana jika kucing menyerang dengan mencakar dan menggigit kaki kamu lalu meninggalkan luka yang dalam maka ini bisa berbahaya bagi kamu.

Untuk mengatasi kucing yang selalu menggigit kaki kita karena stress, kamu cukup mencoba menghilangkan stress kucing atau kamu bisa membawa kucing untuk berobat ke dokter hewan.

 

7. Kucing Kamu Memiliki Penyakit

Penyakit tertentu dapat mempengaruhi sikap kucing. Ini karena rasa sakit yang di alami oleh si kucing yang membuat si kucing akan marah lalu menggigit kita karena kita secara tak sengaja menyentuh tubuhnya dengan menggunakan tangan atau kaki kita.

 

Kesimpulan

Kucing yang menggigit kaki kita kebanyakan di sebabkan oleh hal yang tak berkaitan dengan kesehatan dan hal ini bisa terjadi karena hal yang sepele seperti kita tak sengaja menyentuh tubuh kucing dengan kaki kita dan karena kucing itu semdiri.

Tetapi tak jarang juga hal ini di sebabkan oleh hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan seperti kucing sedang stress ataupun kucing sedang menderita penyakit tertentu. Ini terjadi akibat pengaruh rasa sakit atau stress yang di derita oleh kucing.

Ketika kamu merasa bahwa kucing kamu menggigit kaki kamu karena ia punya masalah dengan kesehatannya maka langkah terbaik yang mesti kamu lakukan adalah membawa kucing berobat ke dokter hewan.

 

Itulah dia beberapa penyebab mengapa kucing selalu menggigit kaki kita dan hal yang berkaitan dengannya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url