8 Penyebab Kenapa Kucing Menggigit Wajah Kita

Kebanyakan pecinta kucing senang berinteraksi dengan kucing peliharaan mereka. Interaksi dengan kucing tersebut dapat berupa mengajak bicara, bermain bersama, tidur bersama, menjahili kucing, menggendong kucing dan mencium kucing peliharaan.

 

Kenapa Kucing Menggigit Wajah Kita


Mereka melakukan hal ini karena memang ini sangat menyenangkan. Namun terkadang ketika kita mengharapkan interaksi ini berjalan sesuai apa yang kita inginkan, itu malah terjadi bertentangan dengan apa yang sebenarnya kita harapkan.

Contohnya ketika kita mencium wajah kucing kesayangan kita, kita berharap bahwa kucing tak melakukan suatu hal dan pasrah kita menciuminya tetapi yang terjadi malah kucing menggigiti wajah kita. Memang sih beberapa kucing gigitannya tak sakit.

Tapi beberapa kucing lainnya malah gigitannya sangat menyakitkan. Kalau gigitannya tak sakit mungkin tak masalah bagi kita malahan kita hanya akan tertawa ketika kucing melakukan hal ini pada kita. Tapi kalau gigitannya sakit tentunya kita akan kesakitan dan merasa kesal dengan kucing kita.

Melihat kucing yang suka menggigit wajah kita tentunya kita akan bertanya-tanya mengenai hal ini. Kita mungkin berpikir kenapa kucing menggigit wajah kita? Nah bagi kamu yang penasaran akan hal ini kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

8 Penyebab Kenapa Kucing Menggigit Wajah Kita

Kucing tak sekedar menggigit wajah seseorang, ketika kucing melakukan ini pastinya ini di sebabkan suatu hal karena tak mungkin kucing melakukannya tanpa adanya penyebab tertentu. Apa saja penyebabnya dapat kamu lihat di bawah ini :

1. Kucing Masih Muda

Sewaktu kucing masih mudah alias anak-anak maka kucing akan sangat sulit diam. Sewaktu kita memegang mereka dan mencoba mencium mereka maka si anak kucing akan berontak dengan cara mencakar atau menggigit tangan kita.

Karena gigitannya tak terasa pastinya kita akan mengabaikan hal ini dan terus berusaha menciumnya karena wajahnya yang imut. Sewaktu kucing dekat ke wajah kita maka si anak kucing akan mencakar ataupun menggigit wajah kita.

Biasanya anak kucing akan sangat senang menggigit ataupun mencakar wajah pada bagian hidung. Kebanyakan anak kucing usia muda akan melakukan hal ini, jadi jangan heran ketika kucing kamu menggigit wajah kamu ketika kamu hendak menciumnya.

 

2. Kucing Mengira Kamu Mengajaknya Bermain

Kamu yang berusaha mencium kucing hanya karena kamu merasa gemas tetapi kucing malah menganggap bahwa kamu sedang mengajaknya bermain. Karena itulah di saat wajah kamu dekat dengannya maka si kucing akan mengigit wajah kamu.

Bagaimana kita tahu bahwa kucing kita mengira kita hendak bermain dengannya? Kamu dapat mengetahuinya sesaat setelah ia menggigit wajah kamu. Biasanya setelah ia menggigit wajah, ia akan memalingkan wajahnya dua atau tiga kali dan merendahkan wajahnya.

Sikap ini seolah ia sedang menunggu reaksi kamu dan bersiap ketika kamu membalasnya gerakannya.

 

3. Kucing Tak Menyukainya

Kucing tak suka dengan tindakan kamu saat ini yakni kamu memeganginya dan mendekatkan wajah kamu ke arahnya. Karena kucing tak suka akan hal ini maka ia akan mencakar atau menggigit wajah kamu sebagai cara untuk mengekspresikan ketidaksukaannya ini.

Ketidaksukaan kucing ini biasanya bisa kita lihat secara kasat mata. Ini di tandai dengan kucing yang akan mengeong marah-marah ketika kita memegang tubuhnya. Bila kucing kamu seperti ini sebaiknya jangan dekatkan wajah kamu ke arahnya.

Bila kamu mendekatkan wajah kamu padanya, jangan salahkan ia jikalau ia mencakar atau menggigit wajah kamu. Oh iya beberapa kucing tidak akan menunjukkan ketidasukaan secara langsung namun mereka akan mencakar atau menggigit wajah secara tiba-tiba jika mereka tidak menyukai tindakan kamu.

 

4. Kucing Membenci Orang Tersebut

Kucing akan sulit sekali di pegang bila mana kucing membenci orang yang memegangnya. Itulah mengapa ketika orang tersebut hendak memegang kucing pastinya kucing tersebut akan berontak agar ia segera di lepaskan oleh orang tersebut.

Tak jarang kucing yang berontak tersebut akan mencakar atau menggigit tangan maupun wajah orang yang tak ia sukai ini.

 

5.Kucing Takut Pada Orang Tersebut

Kucing sangat mengenal seseorang ketika orang tersebut sering menyakitinya atau sering melakukan hal yang membuat ia takut padanya. Kucing yang ketakutan ini biasanya akan langsung lari menjauh ketika melihat orang yang ia takuti tersebut.

Lalu apa jadinya ketika orang tersebut berhasil menangkap kucing? Tentu saja kucing akan berontak serta berusaha melepaskan diri dari genggaman orang tersebut. Sewaktu kucing melakukan hal ini tak jarang kucing akan menggigit lalu melukai wajah kita.

 

6. Kucing Sedang Tak Ingin Di Ganggu

Kalau kucing kamu menggigit wajah kamu mungkin ini karena kucing sedang tak ingin kamu ganggu. Contohnya ketika kamu mendekatkan wajah kamu ke arahnya lalu tiba-tiba ia menggigit atau mencakar wajah kamu.

Ketika kucing melakukan ini pada kamu maka sebaiknya kamu berhenti menjahilinya jika kamu tak ingin menanggung resikonya

 

7. Kucing Sedang Stress

Kucing yang sedang stress bisa jadi salah satu sebab utama mengapa kucing menggigit wajah kamu. Sebab sewaktu kucing stress kucing cenderung menjadi lebih pemarah dan lebih agresif. Banyak hal yang menjadi penyebab utama mengapa kucing stress. Penyebabnya bisa karena :

  • Motion sickness

  • Pindah pemilik

  • Pindah rumah

  • Kucing tak bisa menyalurkan birahinya

  • Penyakit kulit

  • Kucing baru saja melahirkan

  • Penyakit lainnya

  • Dan lainnya

 

8. Kucing Sedang Hamil

Kucing yang sedang hamil cenderung lebih pemarah di bandingkan dengan kucing yang tak hamil. Ini hal wajar mengingat ketika kucing hamil ia akan merasakan perasaan mual karena pergerakan calon bayi di dalam perutnya.

Ketika kucing sedang hamil sebaiknya jangan terlalu menjahilinya karena bila ia marah ia akan mencakar atau menggigit tangan maupun wajah kamu meskipun kamu adalah pemilik yang ia sayangi.

 

Apa Yang Mesti Di Lakukan Di Saat Kucing Menggigit Wajah Kita ?

Jika wajah kita terluka lalu mengeluarkan darah sebaiknya kita bersihkan terlebih dahulu darah dari wajah kita kemudian gunakan air hangat untuk membersihkan luka. Kemudian berikan obat luka pada wajah.

Pantau kondisi wajah kamu, bila mana wajah lama kelamaan tak membengkak dan luka semakin sembuh maka kamu tak perlu khawatir akan hal ini. Sebaliknya bila wajah membengkak parah maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter terdekat atas masalah ini.

Umumnya sewaktu kucing menggigit wajah kita, kebanyakan gigitan ini hanya menyebabkan luka kecil pada wajah dan tak akan membuat wajah mengalami pembengkakan serta masalah serius lainnya sebab kucing tak begitu kuat menggigit wajah.

Meskipun begitu ketika kita mengalami luka serius akibat gigitan, sangat di sarankan bagi kita untuk berobat ke dokter terdekat.


Itulah dia pembahasan mengenai 8 penyebab mengapa kucing menggigit wajah kita. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url