8 Hal Yang Menjadi Penyebab Kenapa Kucing Melotot

Kucing memiliki mata yang terbilang yang unik. Yang mana pupil pada mata kucing bisa membesar dan mengecil seusai intensitas cahaya di tempat di mana ia berada. Bila kucing berada di tempat yang intensitas cahayanya kurang maka pupil matanya akan membesar.

 

Penyebab Kenapa Kucing Melotot


Dan saat ia berada di tempat yang intensitas cahayanya cukup maka pupil mata kucing akan mengecil. Ketika ini terjadi pada mata kucing sebenarnya tak akan berpengaruh pada penglihatan kucing. Kucing akan melihat normal seperti biasanya.

Namun pada dua kondisi ini kita tak jarang menemukan bahwa kucing sesekali akan melotot melihat sesuatu ataupun melotot melihat ke arah kita. Melihat hal ini tak jarang kita akan bertanya-tanya dalam hati mengapa mata kucing melotot begini.

Bagi sobat yang Anggora yang penasaran akan hal ini, sobat dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

 

8 Hal Yang Menjadi Penyebab Kenapa Kucing Melotot

Kita tahu bahwa kucing bisa melotot melihat suatu hal namun apa yang membuat kucing melotot tentulah menjadi misteri bagi kita. Ini membuat kita penasaran dan tak jarang kita akan mengikuti arah mata kucing untuk mengetahui apa yang sedang ia pelototi.

Tetapi kita sering kali tak menemukan apapun di sana. Lantas apa sih yang sering membuat kucing melotot. Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri ada beberapa hal yang menjadi penyebab utama mengapa kucing menatap tajam atau matanya melotot.

Beberapa penyebab tersebut antara lain :

1. Kucing Melihat Sesuatu Yang Menarik Perhatiannya

Di saat kita melihat sesuatu yang menarik bagi kita tentunya kita tak akan melepaskan pandangan pada apa yang kita lihat itu, bahkan tak jarang kita akan melihat secara tajam ke arahnya. Nah hal serupa juga berlaku pada kucing.

Pada saat kucing melihat sesuatu yang menarik perhatiannya kucing tak akan langsung pergi berlari menuju ke arah benda yang menarik perhatiannya namun kucing awalnya hanya mempelototi benda tersebut untuk beberapa saat.

Setelah beberapa saat kucing barulah akan berlari dan menghampiri sesuatu hal yang menarik perhatiannya. Kucing yang memelototi sesuatu yang menarik perhatiannya adalah hal yang umum di lakukan oleh rata-rata kucing.

 

2 Kucing Melihat Hewan Yang Bisa Di Ajak Bermain

Coba lihat ke arah yang di pelototi kucing. Bila kucing melotot ke arah hewan lain atau kucing lainnya maka ini berarti kucing merasa bahwa kucing lain tersebut adalah kawan yang bisa di ajak bermain. Kucing akan memelototi kucing lainnya sebelum menyerangnya.

Menyerang di sini bukanlah gerakan yang bertujuan melukai hanya gerakan yang biasa di lakukan kucing saat bermain. Gerakan tersebut yakni gerakan menangkap yang di lakukan setelah kucing berlari dengan cepat ke arah targetnya.

Hal ini sering kali di lakukan oleh kucing yang masih muda atau anak kucing. Mereka akan mengawasi targetnya dengan tajam kemudian akan bermain dengan cara saling bergantian menyerang dan mengejar antara satu sama lain.

 

3. Kucing Melihat Hewan Yang Bisa Di Buru

Mata kucing akan melotot tajam seolah sedang melihat makanan enak sewaktu melihat hewan yang bisa di buru kucing atau menemukan hewan yang bisa di jadikan mainan yang menyenangkan. Sebelum memutuskan menangkap buruannya kucing akan mengawasinya terlebih dahulu.

Lalu ia akan melakukan gerakan ancang-ancang kemudian berlari secepat mungkin untuk menangkap hewan yang menjadi buruannya. Gerakan ini mirip dengan gerakan singa dan harimau yang sedang berburu mangsa mereka.

Bila hewan buruannya tak terbang umumnya kucing akan bisa menangkapnya dalam sekali atau dua kali percobaan. Kalau hewannya terbang kucing akan butuh beberapa kali usaha untuk menangkapnya bahkan sering kali kucing tak berhasil menangkapnya sama sekali.

 

4. Kucing Melihat Sesuatu Yang Menakutkan Baginya

Sama seperti makhluk hidup lainnya, kucing pun memiliki ketakutan pada hal lainnya seperti ketakutan pada makhluk hidup lainnya, ketakutan terhadap sesuatu hal yang ia tak ketahui ataupun ketakutan atas suatu hal yang memberinya rasa bahaya.

Sewaktu kucing melihat sesuatu yang menakutkan baginya maka biasanya kucing akan memelototi target yang ia takuti. Ia akan terus memelototinya sampai hal yang menakutkan ini menghilang dari pandanganya. Bagaimana kalau sesuatu ini malah mendekat?

Bila ia mendekat maka kucing yang tadinya memelototi sesuatu yang mengerikan baginya ini akan lari menjauh kemudian bersembunyi di tempat yang ia rasa aman untuk sementara waktu sampai situasinya aman.

 

5. Kucing Melihat Musuhnya

Kucing kamu melotot mungkin karena ia melihat musuhnya. Biasanya ada dua hal yang mungkin terjadi ketika kucing melotot melihat musuhnya, yakni :

  • Kucing sangat takut terhadap kucing lain yang menjadi musuhnya ini. Ini di tandai dengan kucing yang memelototi musuhnya lalu saat musuhnya mendekat si kucing malah lari ketakutan

  • Kucing sangat ingin menghajar musuhnya ini. Ini di tandai dengan kucing yang tak gentar melihat musuhnya. Bahkan sewaktu musuhnya mengeong marah menggertaknya, si kucing malah membalasnya dengan meongannya juga dan berjalan perlahan mendekati musuhnya.

 

Bila kamu melihat kucing kamu memelototi kucing lainnya, mungkin ini di karenakan ia berjumpa musuhnya.

 

6. Kucing Melihat Predator Alaminya

Sudah hal yang alami ketika suatu makhluk hidup melihat predatornya maka mereka akan merasakan ketakutan. Nah hal ini juga terjadi pada hewan berbulu yang satu ini. Ketika kucing melihat predator alaminya maka di kucing akan merasa waspada dan terus mengawasi keberadaan yang dianggap mengerikan ini.

Ia akan mengawasinya secara berhati-hati dan ketika ia merasa dirinya sangat terancam maka si kucing akan langsung mengambil langkah seribu untuk berlari atau bersembunyi demi menyelamatkan nyawanya.

 

7. Kucing Melihat Betina Yang Menjadi Incarannya

Kucing kamu mungkin sedang melihat kucing betina yang menjadi incarannya karena itulah kucing matanya melotot. Biasanya ini sering terjadi ketika kucing memasuki masa birahi atau yang biasa kita sebut dengan musim kawin.

Ketika kucing jantan birahi, kucing jantan bukan cuma sekedar mempelototi kucing betina yang menjadi incarannya bahkan sang pejantan akan terus mengejar dan merayu si betina yang menjadi idamannya kemana pun ia pergi.

Itulah mengapa ketika kucing jantan birahi, tak jarang kebanyakan dari mereka pergi ke luar rumah dan baru kembali dalam 1 hari atau dalam beberapa hari. Bahkan banyak di antara mereka yang tak kunjung pulang kembali ke rumah pemiliknya.

 

8. Kucing Sakit

Penyebab yang terakhir adalah mungkin karena kucing kamu sakit. Pada saat kondisi kucing sangat parah biasanya mata kucing akan melotot dan terkadang mereka akan mengerang kesakitan serta mengalami kejang-kejang.

Kucing sakit yang melotot menandakan bahwa kondisi kucing sangat parah atau kucing dengan mengalami masa sekarat. Memang hal ini bisa di sembuhkan dengan pengobatan yang tepat, hanya saja kebanyakan dari kucing yang mengalami hal ini mengalami yang namanya kematian meskipun sudah berusaha di obati sebaik mungkin.


Itulah dia 7 penyebab yang membuat kenapa kucing melotot. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sobat Anggora.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url