6 Penyebab Tatapan Mata Kucing Kosong Saat Sakit

Kucing pun sama dengan makhluk hidup lainnya, mereka bisa merasakan sakit. Pada saat kucing sedang sakit adalah kewajiban bagi kita untuk merawat kucing sampai ia sembuh. Agar kita tahu apakah kucing sedang sakit, biasanya kita akaan melihat beberapa ciri tertentu yang tampak pada kucing yang sedang sakit.

 

Penyebab Tatapan Mata Kucing Kosong Saat Sakit


Ciri tersebut antara lain dapat berupa kucing tak mau makan, kucing hanya mau minum saja, tubuh kucing tampak lemah, kucing lebih sering tidur, kucing kesulitan berjalan, tubuh kucing panas, tubuh kucing tak terawat dan kucing memiliki tatapan kosong.

Semua ciri di atas umumnya terdapat pada kucing yang sakit namun berdasarkan pengalaman Anggora sendiri salah satu ciri yang tampak jelas pada kucing sakit adalah tatapan mereka yang terlihat sangat kosong.

Tatapan ini mirip dengan tatapan kosong yang ada pada manusia. Melihat tatapan kucing ini mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya apa yang menyebabkan mata kucing menjadi seperti ini dan bagaimana cara mengatasi hal ini ?

Nah bagi kamu yang punya pertanyaan serupa dengan apa yang Anggora sebutkan di atas maka kamu wajib membaca tulisan Anggora berikut ini untuk menghilangkan rasa keingintahuan kamu.


6 Penyebab Tatapan Mata Kucing Kosong Saat Sakit

Sama dengan manusia, ketika kucing sakit maka tatapan mereka akan terlihat kosong. Umumnya tatapan mata ini biasa di miliki oleh kucing dengan kasus sakit yang menengah ataupun cukup parah. Untuk kucing dengan kasus sakit menengah maka mata kucing akan tampak kosong dan sayu.

Sementara untuk mata kucing dengan kasus cukup parah maka mata kucing tak cuma terlihat kosong, sayu tapi beberapa di antaranya akan memiliki mata yang tampak melotot. Tatapan kosong pada mata kucing tak hanya terjadi begitu saja namun ada hal yang menjadi sebab hal ini.

Apa saja penyebab mata kucing yang kosong, berikut beberapa di antaranya :

1. Kucing Merasa Tubuhnya Tak Nyaman

Penyebab pertama yang membuat tatapan mata kucing kosong ketika ia sakit adalah karena kucing merasa tak nyaman dengan tubuhnya. Apalagi jika penyakit kucing erat kaitannya dengan masalah pencernaan maka hal ini umum terjadi pada kucing.

Contohnya bila kucing mengalami masalah pencernaan seperti sakit perut tentu saja kucing akan merasakan perasaan tak nyaman seperti perut terasa mual serta ingin muntah, perut terasa sakit seperti di tusuk-tusuk dan semacamnya.

Tatapan kosong ini menandakan bahwa kucing sedang merasa tak nyaman dengan kondisinya saat ini.


2. Akibat Dari Tubuh Yang Tak Bertenaga

Tubuh yang tak bertenaga juga merupakan salah satu penyebab tatapan mata kucing kosong. Umumnya tubuh kucing yang tak bertenaga di sebabkan oleh kucing yang kehilangan nafsu makannya dan tak mau makan sama sekali.

Hal ini membuat si kucing tak memiliki sumber energi di dalam tubuhnya yang mana membuat tubuh lambat laun menjadi lemah tak bertenaga. Ketika kucing merasa lapar tetapi karena ia merasa tak nafsu makan akibat penyakitnya maka inilah yang terjadi.

Mata kucing akan tampak kosong karena kucing merasa bahwa ia sangat lapar dan tubuhnya sangat tak bertenaga. Lalu apakah hal ini bisa begitu saja di atasi dengan hanya memberi makan si kucing ? Tidak

Berdasarkan apa yang Anggora ketahui, memberi makan kucing tak akan menghilangkan tatapan kosong ini.  Untuk menghilangkannya tak cukup dengan memberi makan kucing tapi harus bersamaan dengan menyembuhkan penyakit kucing.

 

3. Rasa Sakit Yang Di Di Alami Kucing

Rasa sakit adalah salah satu dari banyak hal yang menyebabkan mata kucing menjadi sangat kosong. Ini terjadi karena kucing merasa bahwa tubuhnya sangat sakit. Tatapan kosong ini adalah sebuah pertanda atas seberapa sakit kucing.

Bila kucing matanya tak begitu kosong maka bisa kita perkirakan bahwa kondisi sakit yang ia derita saat ini masih tergolong ringan. Namun bila mata kucing cukup kosong, agak melotot dan kucing jarang memejamkan matanya maka kamu bisa tahu bahwa penyakit kucing kamu sudah memasuki kondisi yang cukup parah.


4. Kehilangan Semangat Hidup

Penyebab selanjutnya adalah kucing kehilangan semangat hidupnya. Hal ini hanya berlaku pada kucing dengan kondisi tubuh yang cukup kurus, tak terawat serta tak mau makan dan juga kesulitan berjalan.

Ketika ini terjadi pada kucing maka bisa di pastikan selanjutnya kucing akan mengalami masa sekarat. Mengapa Anggora bisa berkata bahwa mata kucing kosong berarti kucing kehilangan semangat hidupnya ini karena alasan tertentu.

Yakni ketika kucing kehilangan semangat hidupnya maka apapun yang kita lakukan akan ia tolak seperti kucing sangat berontak ketika di beri makan, di beri minum ataupun obat padahal kondisi kucing saat ini sedang sangat lemah.

 

5. Kucing Sedang Sekarat

Berbeda dengan tatapan yang kosong dari kucing yang sedang sakit, tatapan kucing yang sedang sekarat biasanya akan tampak seperti mata kosong yang terbuka setengah dan terlihat sangat sayu. Bila kamu melihat kucing secara langsung maka akan timbul sesuatu dalam hati kamu.

Seperti kamu merasa bahwa kucing kamu sedang sekarat dan kucing sebentar lagi akan kehilangan nyawanya.


6. Kucing Akan Mati

Kucing yang akan mati sering kali akan melebarkan matanya sehingga hanya sedikit dari bagian bola mata saja yang tertutupi oleh kelopak matanya. Ini akan tampak seperti kucing kamu sedang melotot melihat sesuatu.

Hanya saja yang membedakan adalah tatapan kucing ini terlihat agak aneh seolah ada sesuatu yang sedang ia lihat dan tatapan matanya terlihat sangat kosong serta tak terasa ada lagi kehidupan di dalam matanya.

Kalau ini terjadi pada kucing kamu sebaiknya kamu harus menguatkan hati kamu dan berusaha memberikan perawatan terbaik baginya agar kamu tak menyesal bila nantinya kucing ini meninggalkan kamu selama-lamanya.


Lalu bagaimanakah Cara Agar Tatapan Mata Pada Kucing Tak Kosong ?

Untuk mengatasi hal ini tak ada cara selain dengan cara mengobati penyakit yang saat ini sedang di derita kucing. Jangan mengobati kucing dengan cara lain selain mengobati penyakit yang saat ia derita.

Contohnya kamu memberi kucing obat tetes mata padahal kucing sedang tak sakit mata namun menderita penyakit lainnya. Tentu saja hal ini tak akan membuat mata kucing akan seperti semula bahkan ini akan memperparah kondisi kucing bila kamu sembarang mengobati kucing tanpa tahu apa penyakitnya.

Untuk  mengobati kucing sebaiknya kamu meminta bantuan dokter hewan agar pengobatan berjalan dengan lancar dan aman. Dengan mengobati penyakit kucing lalu kucing telah sembuh dari penyakitnya maka tatapan kucing akan kembali seperti semula dan tampak lebih hidup


Itulah dia pembahasan mengenai tatapan mata kucing kosong saat sakit dan bagaimana cara untuk mengatasi hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url