5 Tips Agar Kucing Tidak Tidur Di Litter Box

Bagi sebagian orang mungkin kucing adalah hewan yang pemalas, ini karena di mata mereka kucing adalah hewan yang hobi sekali tidur. Apa yang mereka pikirkan adalah hal yang wajar mengingat kucing menghabiskan separuh hidupnya untuk tidur.

 

Tips Agar Kucing Tidak Tidur Di Litter Box


Meskipun kucing banyak tidur namun ketika ia terbangun kucing adalah hewan yang terbilang cukup aktif. Apalagi jikalau kucing masih anak-anak maka di saat mereka terbangun kucing bisa berlarian kesana kemari dan hanya akan berhenti pada saat ia kelelahan.

Bicara soal kucing yang senang tidur, saat akan tidur kucing umumnya sangat pemilih untuk tempat di mana mereka akan tidur. Mereka biasanya akan memilih tempat-tempat yang sesUai dengan kriteria mereka sendiri.

Seperti di atas perangkat elektornik yang menyala dan hangat, di atas sofa, di atas tumpukan pakaian, di atas tempat tidur, di atas karpet, di atas meja dan tak jarang juga kucing akan tidur di tempat-tempat tertentu yang tak layak sebagai tempat untuk tidur.

Salah satu tempat yang tak layak bagi kucing untuk tidur namun terkadang kucing sering kali tidur di sana adalah litter box.  Ketika kucing tidur di liiter box tentunya kita sebagai pemilik akan berusaha mencegah kucing agar tak tidur kembali di litter box.

Sering kali usaha kita sia-sia dan kucing tetap saja memilih untuk tidur di litter box. Bagi kamu yang kesusahan mencegah kucing agar tak tidur di litter box dan hampir putus asa maka kamu jangan berkecil hati dulu.

Karena dalam tulisan kali ini Anggora akan membagikan cara atau tips agar kucing tidak tidur di litter box. Baca tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir supaya kamu benar-benar paham.

 

5 Tips Agar Kucing Tidak Tidur Di Litter Box

Kamu yang sedang membaca tulisan ini mungkin sedang menghadapi masalah kucing peliharaan selalu tidur di dalam litter box. Kucing sebenarnya kita perbolehkan tidur di mana saja yang ia mau selama kucing tak tidur di litter box.

Karena bila kucing tidur di litter box kita khawatir bahwa tubuh kucing akan kotor. Kalau kotornya cuma karena pasir maka ini bisa dengan mudah kita bersihkan tetapi kalau kotornya di sebabkan oleh pup kucing maka mau tak mau kita mesti memandikan kucing untuk membersihkannya.

Kucing perlu di mandikan untuk membersihkan tubuhnya sekaligus menghilangkan bau busuk dari tubuhnya. Hal ini tentunya akan merepotkan bagi kita apalagi jikalau kucing yang badannya kotor baru saja kita mandikan maka kita terpaksa harus memandikannya lagi.

Di samping itu bila kucing tidur di litter box, kucing bisa berpotensi terkena penyakit tertentu. Nah untuk menghindarkan hal ini tentunya kita perlu memikirkan cara mencegah atau menghentikan kucing melakukan hal ini lagi.

Untuk membuat kucing tak lagi tidur di litter box maka kamu dapat mengikuti cara atau beberapa tips di bawah ini :

1. Mengusir Kucing

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar kucing tak tidur dalam litter box adalah mengusir kucing. Mengusir di sini hanya mengusirnya setiap kali ia akan tidur di litter box, bukan mengusirnya sampai keluar rumah, hehehe.

Sebelum kamu memutuskan untuk mengusirnya menjauh dari litter box, sebaiknya perhatikan dahulu apakah kucing akan pergi tidur atau ingin buang air besar. Ketika kamu melihat kucing bukan buang air besar melainkan akan tidur, usirlah dia menjauh dari litter box.

Kamu dapat mengusir kucing dengan menggunakan suara kamu dan menakut-nakutinya, memercikkan tubuhnya dengan sedikit air, mengusirnya dengan sapu lidi ( jangan sampai mengenai tubuh kucing ) atau menggunakan cara lainnya yang tak menyakitinya.

Lakukan hal ini terus-menerus setiap harinya pada saat kamu melihat kucing kamu akan tidur di dalam litter box. Seiring berjalannya waktu kucing akan sadar akan kesalahannya namun biasanya ini memerlukan waktu yang cukup lama mungkin sekitar di atas satu mingguan.

Ketika kucing sadar biasanya kucing tak akan lagi tidur di dalam litter box dan akan memilih tidur di tempat lainnya. Perlu di perhatikan bahwa penggunaan cara ini hanya berlaku untuk kucing yang sehat, untuk kucing sakit cara ini tak boleh di lakukan.


2. Pindahkan Litter Box

Mungkin kucing merasa nyaman di dalam litter box karena kondisi ruangan tempat box ini berada terbilang cukup nyaman. Karena itulah cobalah untuk memindahkan litter box ke ruangan lainnya yang tak nyaman untuk kucing.

Contohnya kamu dapat memindahkan litter box ke ruangan yang mendapat cukup sinar matahari sehingga ruangan tersebut terasa cukup panas atau kamu juga dapat memindahkan litter box ke ruangan yang cukup berisik.

Memindahkan litter box ke ruangan yang tak nyaman bagi kucing untuk tidur dapat membuat kucing berpikir ulang tidur di litter box sehingga kucing akan memutuskan untuk tak lagi tidur di sana dan mencari tempat lain yang lebih nyaman baginya untuk tidur.


3. Mengganggu Kucing Saat Ia Tidur

Cara ketiga ini merupakan salah satu cara yang Anggora sukai yakni dengan menjahili atau mengganggu kucing saat ia tidur di dalam box pasir. Jahili atau ganggulah kucing terus-terusan sampai ia terbangun dari tidurnya.

Lalu saat ia terbangun maka berhentilah sebentar lalu lihat apa yang akan kucing lakukan. Bila si kucing pergi dari sana maka kamu bisa berhenti mengganggunya Namun bila si kucing melanjutkan tidurnya kembali maka ganggulah ia lagi sampai ia keluar dari litter box dengan sendirinya.

Dengan melakukan hal ini maka secara insting kucing akan merasa bahwa litter box bukanlah tempat yang aman untuk tidur karena di sana ia tak bisa tidur karena di ganggu oleh pemiliknya. Kucing pun akan kapok tidur di sana dan akan tidur di tempat yang lebih aman baginya.


4. Membiarkan Kucing Tidur Di Dalam Litter Box

Kamu sudah mencoba ketiga cara di atas namun tetap saja gagal membuat kucing supaya tak suka tidur di dalam box pasir maka kamu lebih baik menyerah saja dan membiarkan kucing kesayangan kamu tidur di dalamnya.

Namun sebelum membiarkan kucing tidur di dalamnya sebaiknya bersihkan dulu litter boxnya dari pasir dan kotoran. Setelah di bersihkan kamu bisa membiarkan kucing masuk di dalamnya untuk tidur. Untuk menggunakan cara ini kamu perlu menyiapkan 2 litter box.

Satu box tetap akan kita gunakan untuk tempat kucing buang air ataupun membuang kotorannya sementara yang satu lagi kita pakai untuk tempat tidur kucing.


5. Mengobati Kucing

Tahu tidak bila kucing sering tidur di dalam litter box adalah pertanda bahwa kucing sedang sakit. Ini di tandai dengan kucing tampak lemas, kesulitan berjalan, mata sayu, kucing pendiam dan kucing lebih banyak tidur.

Kucing yang tidur di dekat atau di dalam box pasir yang penuh kotoran, kencing dan sangat bau serta kucing memiliki beberapa pertanda di atas maka bisa di pastikan kucing peliharaan kesayangan kamu sedang sakit.

Kucing tidur di dekat atau di dalam box pasir kenyataannya bukanlah karena kucing ingin tidur di sana. Kucing terpaksa tidur di sana karena ia tak sanggup lagi berjalan akibat tubuhnya lemah, sakit ataupun di karenakan ia merasa sangat kelelahan setelah berjalan sampai ke litter box.

Untuk mengatasi hal ini kucing hanya perlu di obati saja sampai sembuh. Setelah kucing sembuh kucing tak akan lagi tertidur di dalam litter box, kucing akan berperilaku normal dan tidur di tempat yang semestinya.


Apakah Cara Ini Dapat Berhasil ?

Cara di atas cukup efektif untuk membuat kucing berhenti dari kebiasaan buruknya yang tidur di dalam litter box. Namun tak ada cara yang instan agar kucing bisa langsung berhenti dari sikap anehnya ini.

Kamu butuh menerapkan beberapa cara di atas secara sabar dan di lakukan secara rutin setiap harinya selama selang waktu tertentu untuk berhasil. Anggora sendiri butuh waktu satu mingguan atau lebih untuk membuat kucing tak lagi tidur di box pasir.


Mungkin itu saja beberapa tips atau cara supaya kucing tak tiduran di dalam litter box. Semoga artikel ini bisa membantu mengatasi masalah kucing kamu dan bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url