6 Alasan Kenapa Kucing Sakit Tiba-Tiba Menghilang

Setiap makhluk hidup pastinya akan mengalami yang namanya sakit dan kucing termasuk salah satunya. Sebaik apapun kita merawat kucing peliharaan kita pada akhirnya akan ada masa di mana kucing bisa jatuh sakit.

 

Kenapa Kucing Sakit Tiba-Tiba Menghilang


Sakitnya kucing bisa di sebabkan karena kucing memakan sesuatu hal yang buruk di luar rumah atau dalam rumah tanpa sepengetahuan kita seperti memakan makanan sisa, hewan kecil, tanaman dan sejenisnya. Selain itu hal ini juga bisa di sebabkan oleh infeksi parasit, bakteri dan virus.

Apapun jenis penyebabnya, ketika kucing sakit tentunya sebagai pemilik yang baik kita akan merawat serta mengobati kucing sampai ia benar-benar sembuh. Namun saat kita merawat kucing, ini tak akan berjalan selancar yang kita pikirkan.

Di tengah perawatan dan pengobatan, terkadang kucing sakit tiba-tiba akan menghilang. Kucing yang sakit saja sudah membuat kita khawatir di tambah lagi kucing menghilang secara tiba-tiba. Ini akan membuat kita tak hanya khawatir dan juga menjadi panik.

Setelah kucing menghilang beberapa dari kita ada yang langsung menemukan di mana kucing berada, menemukannya dalam kondisi sakit seperti sebelumnya atau dalam kondisi mati. Beberapa di antara kita mungkin tak bisa menemukan kucing sama sekali.

 

6 Alasan Kenapa Kucing Sakit Tiba-Tiba Menghilang

Ketika kita telah mengalami kondisi ini tentunya dalam hati kita mungkin akan timbul pertanyaan seperti kenapa kucing kesayangan kita tiba tiba menghilang padahal kita sedang berusaha merawatnya agar ia cepat sembuh.

Pertanyaan ini akan terus membekas dalam hati kita sampai kita menemukan jawabannya. Bagi kamu yang ingin tahu kenapa kucing yang sakit tiba-tiba menghilang, sebenarnya ada beberapa alasan yang memicu tindakan kucing ini.

Berdasarkan sepengetahuan Anggora, beberapa alasan yang menyebabkan kucing yang sedang sakit tiba-tiba hilang adalah sebagai berikut :

1. Kucing Ingin Menyendiri

Alasan pertama kucing sakit tiba tiba hilang adalah karena kucing ingin menyendiri. Ketika kucing sakit rata-rata kucing akan selalu berusaha menyendiri. Karena itulah jangan heran kalau kucing kamu tiba-tiba menghilang.

Banyak alasan yang membuat kucing sakit ingin menyendiri, beberapa alasan tersebut antara lain :

  • Kucing ingin merasa tenang

  • Kucing merasa dengan menyendiri bisa meredakan sedikit rasa sakitnya

  • Kucing tak ingin di ganggu, baik oleh manusia ataupun oleh kucing lainnya

  • Kucing merasa bahwa ia hanya bisa beristirahat bila ia sendirian

  • Dan beberapa alasan lainnya

 

Anggora bisa mengatakan beberapa hal di atas adalah alasan kucing menyendiri adalah karena berdasarkan pengalaman dan pengamatan Anggora sendiri atas kucing milik Anggora yang sakit dan suka hilang tiba-tiba, soalnya mustahil kucing bisa mengatakan alasannya sendiri pada manusia, hehe.

 

2. Kucing Mencari Tempat Tenang Dan Tersembunyi

Ketika kucing sakit tentunya kucing akan merasa bahwa tubuhnya sangatlah lemah maka kucing akan menghilang untuk mencari tempat tenang dan tersembunyi agar beristirahat sampai ia merasa bahwa tubuhnya benar-benar sembuh.

Dengan tubuhnya yang lemah itu, kucing sengaja melakukan hal ini, kucing melakukan hal ini sebagai tindakan untuk menjaga dirinya yang lemah dari serangan musuhnya yang berupa kucing lainnya atau dari serangan predator alaminya.

Mungkin bagi kita yang selalu merawat kucing di dalam rumah dan tak membiarkan kucing keluar rumah, kita akan keheranan akan hal ini. Dalam pikiran kita mungkin ini bukanlah alasan yang membuat kucing menghilang dan bersembunyi di tempat sepi, gelap dan tenang.

Hal wajar bagi kamu untuk merasa bahwa alasan ini tak tepat tapi ingatkah kamu bahwa kucing pada dasarnya adalah hewan yang memiliki naluri liar dan naluri liar ini sudah ada sejak lahir pada diri kucing.

Ini membuat kucing dapat melakukan beberapa hal yang tak di ajarkan oleh induknya seperti mengubur kotoran dalam pasir, melakukan perkawinan, melahirkan, merawat anak-anaknya, merangsang anaknya agar bisa buang air besar dengan menjilat perut dan pantatnya dan sejenisnya.

Meskipun kucing adalah kucing rumahan dan kita tahu bahwa dalam rumah adalah tempat yang aman maka kucing yang sakit dan lemah tetap akan melakukan hal ini demi melindungi dirinya, ini karena adanya dorongan naluri liar dari dalam dirinya.


3. Kucing Berusaha Menyembuhkan Dirinya Sendiri 

Beberapa kucing mungkin menghilang karena ia berusaha menyembuhkan dirinya sendiri. Ada kasus di mana salah satu kucing mix dome milik Anggora yang sakit bahkan berjalannya saja sempoyongan tiba-tiba menghilang.

Ternyata kucing ini hilang karena ia pergi ke luar rumah, kemudian setelah dua tiga hari kucing ini kembali ke rumah dalam keadaan yang sehat. Dari arah ia kembali kucing tampaknya kembali dari kebun sawit milik tetangga di depan rumah yang tak terurus.

Di sana banyak sekali jenis rumput-rumputan, sayuran dan serangga kecil. Mungkin ketika sakit, di dalam kebun sawit tersebut kucing memakan jenis rerumputan atau tanaman tertentu yang membuat ia kembali sehat.

Hal ini terjadi dua kali pada kucing yang satu ini dan juga terjadi pada beberapa kali pada kucing lainnya milik Anggora. Dari sinilah Anggora menyimpulkan bahwa kucing pergi menghilang saat sakit untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Namun meskipun tujuannya untuk menyembuhkan dirinya sendiri sebaiknya kamu jangan biarkan kucing kamu pergi ya. Karena kemungkinan besar kucing sembuh dengan sendirinya adalah kecil, dari beberapa kucing Anggora yang hilang hanya beberapa yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri.

Sisanya, kucing yang menghilang kemungkinan telah mati karena mereka tak kunjung kembali pulang ke rumah.


4. Kucing Ingin Menjauhi Manusia

Alasan selanjutnya adalah kucing ingin jauh dari manusia. Saat sakit kucing tak ingin di ganggu oleh manusia bahkan meskipun itu adalah pemiliknya sendiri. Tindakan seperti mengelus-elus tubuh atau kepala kucing dan beberapa tindakan lainnya adalah gangguan baginya.

Bahkan ketika kita mengobati kucing, kucing juga menganggap hal ini mengganggunya dan merasa ini hanya membuat tubuhnya merasa sakit. Padahal sebenarnya tindakan kita hanya untuk membantunya cepat sembuh tetapi kucing malah menganggap sebaliknya.

Di saat kucing sakit mendadak hilang maka bisa jadi alasannya adalah karena ia ingin berada jauh dari manusia ketika ia sedang sakit.


5. Kucing Merasa Bahwa Penyakitnya Sangat Parah

Ketika kucing merasa bahwa penyakitnya cukup parah, kebanyakan kucing akan menghilang dari sisi orang-orang yang berharga baginya seperti pemiliknya. Kucing melakukan hal ini karena ia merasa bahwa penyakitnya tak tersembuhkan dan ia akan segera mati.

Karena itulah kucing memutuskan pergi agar saat ia mati tak akan ada yang merasa sedih dan di repotkan olehnya.

 

6. Kucing Merasa Ia Akan Mati

Seperti yang baru saja Anggora katakan di atas bahwa kucing yang merasa bahwa dirinya akan mati akan menghilang secara tiba-tiba. Banyak alasan yang membuat kucing melakukan hal ini, beberapa alasannya seperti :

  • Kucing tak ingin pemiliknya bersedih

  • Kucing bisa membuat kesedihan pemiliknya berkurang

  • Kucing tak ingin merepotkan pemiliknya ketika ia mati

  • Kucing tak ingin kematiannya menyebabkan trauma bagi pemiliknya yang membuat sang pemilik tak mau memelihara kucing lagi setelah kepergiannya

  • Dengan cara ini bisa membuat pemiliknya cepat melupakan dirinya


Karena beberapa alasan di ataslah kucing yang merasa bahwa sebentar lagi ia akan mati akan memutuskan pergi menghilang secara mendadak.


Kini kamu sudah tahu apa saja alasan atau penyebab kucing kamu yang sakit tiba-tiba hilang. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url