Bolehkah Kucing Mandi Pakai Sabun Manusia ? Ternyata Ini Jawabannya !

Memandikan kucing adalah salah satu perawatan yang wajib kita lakukan untuk kucing. Ini perlu kita lakukan demi menghindarkan ia dari berbagai masalah kulit serta kerontokan bulu dan menjaga kesehatan tubuh kucing.

 

Bolehkah Kucing Mandi Pakai Sabun Manusia


Hal ini umumnya di sarankan di lakukan 2 hingga 3 kali dalam sebulan. Umumnya kita memandikan kucing dengan shampoo kucing. Namun bagi mereka yang baru saja memelihara kucing mungkin akan ada hal unik yang muncul dalam pikiran mereka.

Hal unik tersebut seperti mereka ingin memandikan kucing dengan shampo manusia ataupu sabun manusia. Apa yang mereka pikirkan itu merupakan hal yang wajar karena ketidaktahuan mereka mengenai hal ini.

Anggora sendiri pun dahulu saat masih pemula dalam bidang merawat kucing pernah memikirkan hal serupa. Namun karena tak ingin melakukan kesalahan yang bisa membuat kesehatan kucing terganggu, Anggora pun memutuskan untuk mencari informasi terlebih dahulu akan hal ini.

Nah bagi kamu yang ingin tahu apakah kucing boleh mandi pake sabun manusia, kamu dapat mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

Sedikit Pembahasan Mengenai Sabun

Pada era saat ini sabun umum di gunakan kita umat manusia untuk membersihkan diri dari kotoran serta bakteri. Umumnya benda ini selalu ada di tiap-tiap rumah. Banyak dari kita yang mungkin menggunakan sabun yang berbentuk padat maupun cairan.

Kita memang mengenal sabun namun apakah kita tahu sabun sebenarnya terbuat dari apa ? Pada era saat ini sabun lebih banyak menggunakan deterjen sintetik. Sabun sendiri terbuat dari campuran minyak atau lemak yang bisa berasal dari tumbuh-tumbuhan ( contoh minyak zaitun ) atau dari hewan ( contoh lemak kambing ) .

Minyak atau lemak ini di proses dengan cara tertentu yang di namakan saponifikasi. Lemak akan terhidrolisis oleh basa dan terciptalah gliserol serta sabun mentah. Dalam pembuatan yang kuno, mereka menggunakan alkali yang adalah kalium yang mana zat ini bisa di dapatkan dari arang kayu dan sejenisnya.

 

Bolehkah Kucing Mandi Pakai Sabun Manusia ?

Berdasarkan beberapa situs hewan yang berasal dari luar negeri mengatakan bahwa sabun manusia aman dan tak akan membahayakan kucing namun mereka berkata bahwa sabun ini tak cocok di gunakan oleh kucing.

Bila kucing di mandikan menggunakan sabun ini maka kucing bisa mengalami iritasi kulit dan berbagai masalah kesehatan kulit lainnya. Ini terjadi karena sabun manusia memiliki kadar ph yang tinggi yang mana tak cocok untuk kulit kucing.

Selain karena itu ada alasan lain mengapa sabun manusia tak boleh di gunakan untuk kucing. Ini berkaitan dengan kandungan zat yang ada di dalamnya. Sepengetahuan Anggora sabun manusia itu harum dan sangat berbusa.

Ini menandakan bahwa sabun ini memiliki kandungan parfume, rinse atau deterjen dan beberapa zat kimia lainnya. Semakin harum sabunya dan semakin berbusa maka itu berarti kandungan deterjen, parfume atau zat kimia lainnya semakin tinggi.

Bayangkan bila kucing secara tak sengaja menelan sabun ini ketika ia sedang di mandikan, tentunya bisa membuat kucing mengalami muntah-muntah dan keracunan. Karena itulah sangat di tidak di sarankan memandikan kucing dengan sabun manusia.

Kalau kamu memang tak punya sabun atau shampo khusus kucing di rumah maka ketika kamu hendak memandikan sobat bnlu kesayangan kamu, sebaiknya kamu urungkan niat tersebut dan memandikan kucing di lain kesempatan di saat kamu sudah membeli sabun atau shanpoo khusus kucing.


Efek Samping Penggunaan Sabun Manusia Pada Kucing

Mungkin sebagian dari kita telah memandikan kucing dengan sabun manusia dan mengatakan bahwa tak ada satupun efek samping yang terjadi pada kucing. Kucing bahkan baik-baik saja serta tak mengalami masalah kesehatan tertentu.

Pada awalnya dengan penggunaan satu atau dua kali saja mungkin tak akan menyebabkan masalah kesehatan tertentu pada kucing namun bila kamu terus-terusan menggunakan sabun ini pada kucing maka kamu akan merasakan sendiri perubahan yang terjadi pada kulit dan bulu kucing kamu.

Perubahan tersebut dapat berupa seperti kulit kucing menjadi memerah dan juga kucing merasakan garal-gatal. Masalah ini terjadi karena kandungan Ph yang cukup tinggi pada sabun mandi yang mana tak cocok dengan kulit kucing.

Selain itu kucing juga bisa mengalami kerontokan bulu karena ketidakcocokannya dengan kandungan zat yang berada di dalam sabun. Selain karena zat dalam sabun, kerontokan ini juga di picu karena kucing yang terlalu sering menjilati tubuhnya karena gatal.

Apapun masalah kulit dan bulu yang terjadi pada kucing itu adalah karena penggunaan sabun manusia yang tak semestinya di gunakan pada kucing. Jika kamu ingin menghindari efek samping ini terjadi pada kucing kamu, satu-satunya cara yang dapat kamu lakukan adalah tak memakai sabun manusia untuk kucing.


Lalu Apakah Benar Tidak Ada Sama Sekali Sabun Manusia Yang Boleh Untuk Mandi Kucing ?

Sepertinya tak ada. Sampai saat ini Anggora belum menemukan satu pun sabun yang boleh di pakai oleh kucing mandi dan tergolong aman di gunakan berkali-kali ( boleh di gunakan berkali-kali tetapi tidak di pakai untuk jangka panjang ).

Kalau selain sabun mandi adakah ? Kalau selain sabun mandi, ada sih yaitu shampoo bayi manusia. Shampo ini tergolong aman untuk di pakai buat mandi kucing. Alasannya karena :

  • Kandungan zat kimia yang sedikit

  • Kadar ph yang rendah

  • Cocok untuk kulit kucing

  • Rendah detergen

  • Rendah zat parfum

  • Dan beberapa alasan lainnya

 

Meskipun shampoo ini tergolong aman namun tak begitu di sarankan untuk pemakaian jangka panjang serta manfaat yang di berikan oleh shampoo ini terbilang kurang. Manfaatnya kurang karena memang produk ini bukanlah produk untuk kucing melainkan manusia, tentu saja manfaatnya cenderung di tujukan untuk manusia.

Kalau untuk membersihkan tubuh kucing dari kotoran dan penggunaannya hanya sesekali saja, maka shampo ini bisa kamu gunakan untuk mandi kucing. Menggunakan shampoo ini jauh lebih baik dan tak berbahaya di bandingkan bila kita menggunakan sabun manusia.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing mandi pakai sabun manusia dan beberapa hal yang berkaitan denganya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url