3 Shampo Manusia Yang Cocok Untuk Kucing Anggora Kamu

Kucing Anggora merupakan salah satu jenis kucing peliharaan yang memiliki bulu yang lebat. Ini membuat kucing harus di rawat dengan baik untuk menghindarkan masalah kerontokan bulu dan demi menjaga bulu kucing tetap sehat dan indah.


Shampo Manusia Yang Cocok Untuk Kucing Anggora Kamu

 

Salah satu jenis perawatan yang mesti di perhatikan bagi kucing adalah mandi kucing. Memandikan kucing tak boleh di lakukan asal-asalan. Memandikan kucing mesti di lakukan dengan cara yang tepat dan menggunakan shampoo yang tepat.

Bila asal menggunakan shampoo di khawatirkan bukan hanya merusak kulit dan bulu kucing juga dapat membahayakan kesehatannya. Seperti kucing Anggora akan mengalami keracunan yang di sebabkan menelan shampoo secara tidak sengaja ketika ia di mandikan.

Kucing yang mengalami hal ini beresiko mengalami muntah-muntah, mulut berbusa, sempoyongan, kejang-kejang atau yang terparah adalah kematian. Agar kita bisa menghindari hal ini maka kita perlu tahu apa saja jenis shampoo yang cocok untuk kucing Anggora peliharaan kita.

Nah untuk kamu yang ingin tahu apa saja shampo yang cocok untuk kucing kamu maka kamu wajib membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Shampo Apakah Yang Cocok Untuk Kucing Anggora

Bicara soal memandikan kucing pastinya saat kita hendak memandikan kucing kita butuh yang namanya shampoo. Namun shampoo yang kita pakai pada kucing Anggora kita tak boleh sembarangan shampo. Kita mesti memakai sampo yang tepat. 

Lalu sampo apakah yang cocok untuk kucing Anggora? Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri shampoo yang paling amat cocok untuk jenis kucing ras yang satu ini adalah shampoo kucing. Hal itu jelas karena memang produk yang satu ini di buat khusus untuk kucing. 

Apalagi kalau produknya merupakan shampo khusus kucing ras tertentu seperti kucing Anggora maka ini akan lebih bagus lagi dan sangat cocok untuk jenis kucing kita. Ada beberapa shampoo lainnya yang yang bukan untuk kucing yang pernah di gunakan untuk kucing Anggora saya. 

Ini memang aman dan bisa membersihkan bulu kucing Anggora dari kotoran. Namun manfaat yang di berikan shampoo ini untuk kucing terbilang kurang atau bahkan tak ada sama sekali. Bulu kucing dan tubuhnya memang bersih tapi tak bisa menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing.

Kenapa?  Ini di karenakan di dalam shampo tersebut tak mengandung zat kimia tertentu seperti yang di miliki shampo khusus kucing yang mana shampo ini sendiri memiliki zat khusus yang bisa membunuh tungau, kutu, bakteri pada tubuh kucing dan mampu menjaga kulit dan bulu tetap sehat. 

Meskipun ada, kemungkinan besar ini tak efektif membunuh mikroorganisme yang mengganggu kesehatan kulit dan bulu kucing. Sebab mikroorganisme pengganggu yang ada pada kucing mungkin berbeda dengan yang ada pada makhluk lainnya seperti manusia, anjing dan lainnya. 

Jadi bila Anggora di tanya shampoo apa yang cocok untuk kucing maka Anggora akan dengan jelas menjawab shampoo khusus kucing dan sangat merekomendasikan shampoo ini buat sobat bulu kesayangan kamu.

 

Lalu Adakah Shampo Manusia Yang Cocok Untuk Kucing Anggora ? 

Mungkin beberapa di antara kamu ada yang penasaran apakah ada shampoo manusia yang cocok di pakai untuk kucing atau mungkin kamu sedang ingin memandikan kucing namun kebetulan tak punya shampo khusus kucing di rumah sehingga mencari alternatif shampoo lainnya.

Apapun alasannya, di sini Anggora akan kasih tahu shampo manusia apa saja yang cocok untuk kucing Anggora kamu. Berikut ini beberapa di antaranya ? 

1. Shampo Bayi

Shampo manusia pertama yang cocok untuk kucing adalah shampo bayi. Mungkin sebagian dari kita mengira bahwa sampo bayi tak cocok untuk kucing Anggora namun kenyataannya tidak demikian. Shampo ini cocok untuk kucing Anggora. 

Penyebabnya adalah karena sampo bayi tak memiliki banyak kandungan kimia, tak mengandung parfum, ph yang cukup rendah  cocok untuk kulit kucing, rendah deterjen. Di dalamnya juga tak terkandung zat kimia yang berbahaya. 

Ini membuat shampo ini tak hanya aman di gunakan pada kulit dan bulu kucing tapi juga aman bila tak sengaja tertelan kucing. Kucing yang menelannya tak akan menderita keracunan.

Karena itulah bila kamu memandikan kucing Anggora kamu dengan shampoo ini, kamu tak perlu khawatir kalau kucing tak sengaja menelan ataupun menjilati tubuhnya di saat tubuhnya sedang berbusa karena shampo.

Beberapa merk sampo bayi yang dapat di gunakan untuk kucing antara lain cusson baby, zwitsal, Jonson dan sejenisnya.

 

2. Shampo Herbal

Shampo yang kedua adalah shampo herbal. Seperti yang kita tahu bahwa sampo herbal kebanyakan terbuat dari bahan alami dan cenderung memiliki sedikit kandungan kimia. Shampoo ini sangat cocok di gunakan pada orang yang kulitnya sangat sensitif terhadap zat kimia. 

Ini membuat shampo yang satu ini cenderung aman untuk di gunakan pada kucing. Jika kamu terpaksa harus memandikan kucing peliharaan kamu dengan shampo manusia maka sebaiknya kamu memakai shampoo jenis ini.

Oh iya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan shampoo ini. Beberapa hal tersebut antara lain :

  • Periksa apakah sampoo sangat berbusa

  • Periksa apakah sampoo harum sekali

 

Bila sampo sangat berbusa ataupun sangat harum maka sebaiknya jangan memakai shampoo ini pada kucing. Beberapa jenis shampo herbal manusia ini mungkin memiliki kandungan zat parfum dan deterjen yang banyak.

Meskipun shampo ini terbuat dari bahan alami tetapi jika kedua zat tersebut terkandung di dalamnya, shampoo ini tergolong lumayan bahaya bagi kucing karena bisa menyebabkan iritasi kulit serta keracunan. 

 

3. Shampo Dengan Minyak Kelapa

Sampoo berikutnya yang cocok untuk kucing Anggora kamu adalah sampoo yang mengandung minyak kelapa. Meskipun shampoo ini adalah shampo yang tergolong ke dalam jenis shampo herbal namun tak semua shampo herbal ada minyak kelapanya.

Shampo jenis ini sangat cocok kamu gunakan untuk kucing kamu yang terinfeksi tungau. Ini karena di dalam shampo jenis ini terkandung banyak vitamin E yang mana baik untuk mengurangi infeksi jamur pada kulit kucing. Saat kamu menggunakan shampo ini pastikan membersihkan tubuh kucing secara total dari sampo yang menempel.

 

Apakah Shampo Yang Baru Saja Di sebutkan Di Atas Aman Di Gunakan Sesering Mungkin Untuk Kucing ? 

Sesering mungkin? Kalau sesering mungkin sih tak aman di gunakan untuk kucing. Bukannya karena shampoo berbahaya tapi ini lebih ke karena kucing memang tak bisa di mandikan setiap hari. Apapun jenis shampoo nya bahkan walaupun sampo kamu adalah shampoo khusus kucing tetap saja tak boleh di lakukan. 

Kucing hanya boleh di mandikan maksimal 3 kali dalam sebulan. Bila terlalu sering memandikan kucing, maka kucing bisa mengalami penyakit kulit seperti iritasi dan menyebabkan bulu rontok. Bahkan hal ini dapat membuat kucing yang keseringan mandi mengalami stress. 

Kalau hanya memandikan kucing 3 kali dalam sebulan menggunakan shampo ini maka shampo ini aman di gunakan. Bahkan Kucing Anggora milik saya juga pernah memakai shampoo ini beberapa kali dalam sebulan dan alhasil kucing tetap sehat sampai saat ini

 

Itulah dia beberapa jenis shampo yang cocok di gunakan untuk kucing Anggora saat kita memandikannya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url