7 Pertolongan Pertama Kucing Makan Kecoa

Walaupun kamu telah menjinakkan kucing di rumah sebagai hewan peliharaan namun tetap saja kucing masih memiliki insting liar. Karena itulah di saat kucing melihat adanya hewan kecil yang menarik perhatiannya di sekelilingnya maka kucing akan berusaha memburu hewan tersebut.


Pertolongan Pertama Kucing Makan Kecoa

 

Bicara soal kucing yang senang memburu hewan kecil yang di anggap mangsanya. Salah satu hewan kecil yang sering kali di jadikan buruan atau mainan bagi kucing adalah kecoa. Karena itulah tak jarang bagi kita pemilik kucing akan menemukan kucing tengah mengincar, memakan ataupun memainkan hewan yang satu ini.

Kecoa memang bukanlah hewan yang membahayakan kucing. Namun lain cerita jikalau kucing memakannya. Kucing yang memakannya bisa mengalami banyak gangguan kesehatan atau bahkan keracunan.

Ketika kucing terlanjur memakannya maka mau tak mau kita harus segera memberikan pertolongan pada kucing. Pertolongan pertama ini penting untuk kita lakukan demi mencegah kucing jatuh sakit dan juga untuk  menghilangkan resiko kematian akibat keracunan dan lainnya.


Sedikit Informasi Tentang Kecoa

Bagi beberapa dari kita, kecoa adalah hewan yang menakutkan. Bagaimana tidak, hewan yang satu ini bila ia muncul di hadapan kita, ia tak jarang akan mendekati kita kemudian berusaha menempel di tubuh kita.

Memang hewan ini tak berbahaya namun bila kecoa melakukan ini, kita sebagai makhluk teratas di rantai makanan tentunya akan merasa takut, jijik dan geli. Kebanyakan dari kita bahkan akan panik dan berteriak ketika kecoa melakukan hal ini.

Bicara soal kecoa, kecoa adalah termasuk ordo serangga atau dalam bahasa latinnya di sebut Blattodea dan berasal dari Insecta. Kecoa sendiri adalah jenis hewan yang bisa di temukan di mana-mana. Kamu dapat menemukannya di hampir seluruh permukaan bumi.

Hewan yang satu ini hanya tidak dapat dapat di temukan di daerah kutub saja. Selain itu kecoa memiliki hubungan dekat dengan belalang Sentadu. Di hadapan manusia, kecoa merupakan hewan yang di anggap hama pengganggu yang tinggal dalam bangunan.

Padahal sebenarnya hanya beberapa dari ribuan jenis kecoa saja yang termasuk dalam kategori hama pengganggu.


Bahaya Kucing Makan Kecoa

Walaupun kecoa terbilang hewan sepele di mata kita para manusia dan tak membahayakan tetapi tetap saja hewan ini menyimpan potensi yang bisa membahayakan kesehatan manusia. Hal ini juga berlaku pada hewan seperti kucing.

Kecoa berbahaya bagi kucing karena tulang kecoa itu sendiri dapat menyebabkan masalah bagi kucing yang menelannya. Tulang kecoa bisa di bilang lumayan keras dan tak mudah hancur begitu saja sesaat setelah benda ini tertelan oleh kucing.

Ini bisa menyebabkan tulang tersebut tersangkut di tenggorokan kucing dan membuat kucing, muntah-muntah, batuk ataupun menyebabkan peradangan. Selain bisa menyebabkan masalah di tenggorokan, ini juga bisa menimbulkan masalah pada tubuh kucing.

Bukan cuma itu saja di dalam kecoa juga terdapat 33 jenis bakteri patogen yang berbahaya. Bila kucing memakan kecoa ini bersamaan bakteri di dalamnya maka para bakteri berbahaya ini tentu saja akan menginfeksi tubuh bagian dalam kucing.

Kucing yang terinfeksi dapat ifeksi kandung kemih, mengalami mencret, masalah pencernaan dan beberapa penyakit lainnya. Oh ya, satu hal lagi mengenai bahaya kucing makan kecoa, kucing makan kecoa dapat menyebabkan keracunan.

Mungkin kamu keherananan kenapa kecoa bisa menyebabkan keracunan pada kucing padahal tubuh kecoa tidak menghasilkan racun. Apa yang kamu pikirkan itu adalah sesuatu yang benar dan tubuh kecoa tak menghasilkan racun sama sekali namun tubuh kecoa dapat memiliki racun.

Racun ini berasal dari luar yang kemudian masuk ke dalam tubuhnya. Biasanya racun ini berasal dari racun anti serangga ( insektisida ) yang biasa kita semprotkan atau kita tempatkan di sudut-sudut ruangan ataupun di dalam lemari untuk mengusir hewan yang satu ini.

Kucing yang memakan kecoa yang terkena racun dapat mengalami keracunan. Keracunan pada kucing di tandai dengan :

  • Mulut kucing akan mengeluarkan busa

  • Mulut akan terus-terusan mengeluarkan air liur

  • Kucing akan mengalami muntah-muntah 

  • Kucing akan mengalami masalah pernpasan seperti batuk dan kesulitan bernapas

  • Tubuh kucing akan tampak lemas

  • Kucing akan kesulitan berdiri

  • Kucing akan kesulitan berjalan atau kucing jalannya sempoyongan

  • Kucing mengalami kejang-kejang

  • Kucing akan mati


Beberapa kucing yang mengalami keracunan akibat memakan kecoa bisa mengalami keracunan ringan dan beberapa kucing lainnya dapat mengalami keracunan berat. Kucing yang mengalami keracunan berat tak jarang akan mengalami kematian.

Dari apa yang barusan Anggora jelaskan di atas, kini kamu tahu bahwa walaupun kecoa tergolong hewan kecil namun ia bisa membahayakan kesehatan kucing yang memakannya bahkan tak jarang menimbulkan kematian.

Karena itulah ketika kucing peliharaan kesayangan kita hendak memakan kecoa sebaiknya kita mencegah kucing untuk memakannya dan membuang jauh kecoa tersebut untuk menghindarkan hal yang tak di inginkan terjadi pada kucing kita.

 

7 Pertolongan Pertama Kucing Makan Kecoa

Ketika kucing memakan kecoa apa yang mesti kita lakukan sebagai tindakan pertolongan pertama agar kucing tak jatuh sakit ataupun mengalami kematian ? Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk si kucing. Beberapa hal tersebut antara lain :

  • Bila kucing masih belum memakan kecoa maka kamu dapat mengambil kecoa dari mulut atau genggaman kucing kemudian membuangnya ke tempat jauh dan tak terjangkau oleh kucing.

  • Kalau kucing tampak seolah tersedak atau batuk ketika memakan kecoa, maka cobalah periksa mulutnya. Besar kemungkinan ini terjadi karena ada bagian tubuh kecoa yang tersangkut di dalam mulut kucing.

  • Jikalau tak di temukan di dalam mulut kucing maka kemungkinan besar berada dalam tenggorokan kucing. Untuk mengatasi hal ini kamu perlu bantuan orang yang ahli seperti dokter hewan untuk mengatasi hal ini.

  • Sesaat setelah kucing makan kecoa, awasilah kucing kamu. Dalam beberapa hari awasi apakah ada perubahan pada kucing seperti mulut kucing mengeluarkan busa, kucing mengalami mencret, kesulitan buang air kecil dan sebagainya.

  • Ketika kucing tampak mengalami masalah pada kesehatannya, segera periksakan kucing ke dokter hewan

  • Untuk kucing yang mulutnya mengeluarkan busa, ini berarti kucing mengalami keracunan. Sebelum membawa kucing ke dokter hewan pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah memberi kucing obat Norit. Obat ini berfungsi untuk menyerap racun dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui feses. Obat ini aman di gunakan dan tak akan terserap oleh tubuh. Obat ini bisa kamu beli di apotek dengan mudah serta memiliki harga terjangkau.

  • Kamu bisa memberikan 1 tablet Norit untuk kucing dewasa dan setengah tablet Norit untuk anak kucing.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bahaya kucing yang memakan kecoa dan pertolongan pertama pada kucing yang terlanjur makan kecoa. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url