6 Alasan Kucing Menyentuh Wajah Kita

Banyak dari kita pecinta kucing yang bisa di bilang sangat senang mendekatkan wajah kita ke kucing. Entah itu kita lakukan karena hanya sekedar untuk menatap wajah imutnya, menjahilinya, mencium ataupun untuk melihat bagian kotor di wajahnya lalu membersihkannya dan lainnya.

 

Alasan Kucing Menyentuh Wajah Kita


Sewaktu kita mendekatkan wajah kita ke kucing sering kali kucing menyentuh wajah kita. Bukan cuma di saat kita sedang sengaja mendekatkan wajah kita. Di saat kita tengah berbaring santai, beberapa kucing akan mendekat ke wajah kita lalu menyentuh-nyentuhnya.

Umumnya kebanyakan kucing peliharaan senang melakukan hal ini, terutama bagi kucing yang sudah lama di pelihara atau di pelihara semenjak kecil. Lalu kenapa sih kucing melakukan hal ini, apakah ada tujuan tertentu dari tingkahnya ini?

Bagi kamu yang penasaran ingin tahu kenapa kucing suka menyentuh wajah kita, sobat Anggora wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. Baca sampai akhir ya sobat.

 

6 Alasan Kucing Menyentuh Wajah Kita

Meskipun kucing bisa di bilang tak secerdas hewan seperti monyet dan beo dan tak mampu berpikir selayaknya cara berpikir manusia namun kucing melakukan hal ini dengan alasan atau penyebab tertentu. Apa saja penyebabnya? Berikut beberapa penyebabnya :

1. Kucing Tak Ingin Wajah Kamu Menyentuh Wajahnya

Coba dekatkan wajah kamu ke wajahnya dan lihat apakah kucing menyentuh wajah kamu serta terlihat seperti seolah mendorong wajah kamu dengan tangannya. Bila kamu melihat kucing melakukan ini maka itu berarti kucing tak mau wajah kamu menyentuh wajahnya.

Ada beberapa alasan setahu Anggora mengapa kucing tak suka wajah kamu menyentuh wajahnya, di bawah ini beberapa alasannya :

  • Kucing tak suka kamu menciumnya karena kamu akan menciumnya berkali-kali atau mencium wajahnya dengan waktu yang lama

  • Kucing tak suka bau wajah kamu

  • Kucing merasa tak nyaman dengan sentuhan di wajahnya

  • Kucing merasa geli dengan wajah kamu yang berbulu

  • Ada yang bilang kucing merasa malu padahal sebenarnya kucing tak suka di tatap manusia apalagi dari jarak yang dekat. Bila kucing di tatap dari jarak dekat maka kucing akan memalingkan wajahnya, akan pergi atau mencakar dan menggigit wajah kamu agar kamu menjauh darinya

  • Dan lainnya

 

2. Kucing Penasaran Dengan Wajah Kita

Beberapa kucing melakukan hal ini karena merasa penasaran dengan wajah kita. Mereka mungkin penasaran karena wajah kita terlihat berbeda di mata mereka karena tak serupa dengan wajah mereka atau mungkin wajah kita di mata mereka tampak aneh.

Karena itulah ketika kita mendekatkan wajah kita ke mereka, mereka akan menyentuh-nyentuh wajah mereka dengan tangan mungil mereka. Bahkan tak jarang juga mereka memukul-mukul atau mencakar wajah kita karena mereka penasaran dengannya.

 

3. Kucing Mengira Kamu Mengajaknya Bermain

Kalau penyebab yang satu ini biasanya hanya terjadi pada kucing yang masih muda atau kucing yang masih anak-anak ( kitten). Soalnya kalau kucing sudah dewasa, mereka akan kehilangan minat bermain. Kucing dewasa malah terlihat malas dan abai bila di ajak bermain.

Di saat wajah kamu berada di dekat anak kucing dan wajah kamu bergerak-gerak maka kucing akan menganggap kamu sedang mengajak ia bermain. Ini membuat kucing menyentuh beberapa bagian wajah tertentu yang menarik baginya.

Umumnya beberapa dari bagian wajah kita yang kucing suka untuk permainkan adalah kelopak mata, daun telinga, mulut dan yang paling utama adalah bagian hidung. Di antara ke empat bagian ini yang paling kucing sukai untuk di sentuh serta di gigit adalah bagian hidung.

 

4. Kucing Meminta Makan

Alasan ke empat mengapa kucing menyentuh wajah kita hanyalah karena kucing ingin meminta makan pada kita. Sering kali hal ini di lakukan kucing pada saat tengah malam, pada saat dini hari atau sesaat sebelum kita terbangun. Intinya ini di lakukan kucing ketika kita sedang berbaring.

Bagi pecinta kucing hal ini memang tak mengganggu meskipun sedikit mengesalkan karena kucing mengganggu tidur kita. Namun ada sisi baik akan hal ini yakni kita bisa terbangun di tengah malam untuk memantau situasi keamanan rumah kita untuk sesaat, membuat kita terbangun lebih awal dan tak terlambat pergi bekerja.

Untuk umat muslim sendiri, kucing yang membangunkan tengah malam bisa membantu kita untuk terbangun dan beribadah di tengah malam. Oh iya ini juga sering di lakukan kucing pada saat kita ketiduran dan lupa memberikan ia makan.

 

5. Ada Sesuatu Di Wajah Kamu

Bila kucing menentuh wajah kamu dan ia seolah sedang menarik sesuatu atau menangkap-nangkap sesuatu maka ini berarti ada sesuatu yang menempel di wajah kamu yang menarik perhatian kucing. Mungkin ada hewan kecil di wajah kamu.

Bisa juga ada benda lainnya yang menempel di wajah kamu yang membuat kucing tertarik untuk mendapatkannya. Inilah alasan mengapa kucing menyentuh wajah kamu secara tiba-tiba. Anggora sendiri pernah mengalami hal ini.

Kucing pernah menyentuh wajah Anggora karena ia melihat sesuatu di sana. Anggora tak tahu apa pastinya itu, mungkin itu sejenis hewan, kotoran ataupun rambut yang menempel di wajah yang membuat kucing menyentuh dan memukul mukul wajah Anggora.

 

6. Kucing Ingin Kamu Sayang Atau Kamu Manjakan

Sentuhan kucing pada wajah juga bisa berarti kucing ingin kamu sayangi atau manjakan. Ketika kucing ingin di sayang atau di manja biasanya kucing akan menyentuh wajah kita lalu kemudian si kucing akan melakukan gerakan menarik wajah kita.

Nah pada saat wajah kita telah mendekat maka si kucing kesayangan akan mendekatkan kepalanya kemudian menggosok-gosokkan wajahnya ke wajah kita. Bila kucing kamu melakukan gerakan serupa dengan gerakan di atas maka ini berarti kucing kamu ingin di sayang.

 

Kucing Menyentuh Wajah Berbahayakah ?

Bila kucing hanya menyentuh wajah kamu dengan tangannya dan tak melukai wajah kamu maka kamu tak perlu khawatir akan hal ini, ini tak berbahaya buat kamu. Hanya saja sesaat kucing selesai menyentuh wajah sebaiknya cuci wajah dengan sabun.

Jaga-jaga agar bakteri jahat atau kuman yang ada di tapak tangan kucing tak berpindah pada kita. Bagi Anggora sendiri ini sangat di sarankan untuk di lakukan terutama bagi mereka yang membiarkan kucing mereka bebas berkeliaran di luar rumah.

 

Itu saja beberapa penyebab kenapa kucing menyentuh wajah atau muka kita dan pembahasan yang berkaitan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url